Mengenal Teknik Diffusing Untuk Menambah Volume Rambut Keritingmu

Jul 03, 2018 by carmelw

Punya rambut keriting keriting nggak harus ribet. Meski memang butuh penanganan khusus agar keindahan bentuk alaminya terjaga. Karenanya, para pemilik rambut keriting wajib punya beberapa peralatan dasar khusus rambut keriting yang akan mempermudah penataan dan perawatannya, seperti sisir bergigi jarang, detangling brush, dan juga hair diffuser.

Sudah pernah tahu tentang hair diffuser? Hair diffuser merupakan peralatan tambahan yang digunakan untuk mengeringkan rambut, khususnya rambut keriting yang sulit diatur. Pengering rambut keriting yang biasanya dipasangkan pada ujung hair dryer ini akan meminimalisir kekusutan pada rambut, sekaligus melindungi rambut agar tidak terpapar langsung oleh panas dari alat pengering dengan bentuknya yang bulat. Selain itu, hair diffuser juga berfungsi untuk menata rambut keriting agar tampak rapi secara alami.

Namun, menggunakan hair diffuser ternyata tidak bisa sembarangan, karena, teknik diffuse jika tidak dilakukan secara tepat justru akan membuat rambut kusut, berantakan, dan terlihat menyedihkan. So, bagi kamu yang tertarik menggunakan hair diffuser untuk menata rambut keritingmu, berikut ini tipsnya. Simak baik-baik, ya.

diffusing
Sumber: shutterstock.com

Pilih hair diffuser yang tepat

Pemilihan hair diffuser yang tepat adalah kunci untuk menciptakan tatanan rambut keriting yang indah secara alami tanpa menciptakan frizz atau mengganggu pola rambut asli. Penggunaan hair diffuser dengan bulatan besar lebih cocok digunakan untuk rambut tebal dan panjang karena akan mempermudah penataan rambut dan mempersingkat waktu pengeringan.

Mulai diffusing saat rambut setengah kering

Setelah keramas, keringkan rambut dengan menggunakan handuk yang lembut. Peras kelebihan air pada rambut dengan tangan dan hindari penggunaan handuk untuk memeras rambut agar rambut tidak mudah raput dan terlihat frizzy. Setelah itu, oleskan serum anti frizz atau produk pelindung panas mulai dari akar hingga ke ujung rambut yang sekaligus berfungsi membantu diffuser mempermudah proses pengeringan rambut. Selanjutnya mulai diffusing saat rambut sudah setengah kering untuk mempersingkat waktu pengeringan demi menghindari risiko rambut rusak karena paparan panas hair dryer.

Baca Juga: Cara Mudah Mengeriting Rambut Tanpa Curling Iron. Coba, Yuk!

Sampingkan rambut ke salah satu sisi kepala saat melakukan diffusing

Pertama-tama sampingkan rambut ke salah satu sisi kepala dan gunakan kecepatan rendah atau sedang saat melakukan diffusing, sebab suhu yang terlalu panas akan membuat sistem kerja diffuser menjadi kurang efektif terutama juga untuk menghindari tampilan rambut yang mengeriting atau frizzy. Gunakan ujung diffuser untuk mengangkat rambut kemudian tahanlah pada posisi yang sama selama 10 detik sambil perlahan ditarik dengan lembut ke arah ujung sekaligus untuk mengeringkan bagian bawahnya. Lakukan di sisi tersebut selama 2-3 menit kemudian lakukan hal yang sama pada sisi rambut yang lainnya.

Lanjutkan diffusing dengan cara membalikkan kepala

Setelah proses diffusing pada kedua sisi rambut, balikkan kepala untuk menghindari rambut lepek di bagian atas dan membuat akar rambut lebih bervolume. Lakukan selama 10 detik pada bagian yang sama lalu selesaikan semua bagian dalam 2 hingga 3 menit. Jika membalikkan kepala terasa kurang nyaman dan membuat kepala pusing, pilihlah posisi yang nyaman tetapi tetap menghindari kepala tegak karena gaya gravitasi membuat akar rambut lepek saat rambut kering. Selain kedua cara di atas, hal yang bisa dilakukan untuk mengangkat akar rambut adalah dengan menggunakan jepit berbentuk cakar dan keringkan rambut seperti biasa sehingga tidak harus membalikkan kepala.

Acak rambut agar lebih bervolume

Setelah semua langkah sudah dilakukan, terakhir lakukan pengacakan rambut saat kepala masih terbalik ke arah bawah untuk mendapatkan volume pada rambut. Lakukan hal ini seolah-olah sedang memakai shampoo pada rambut. Lakukan hingga rambut tampak mengembang dan tidak lepek, serta untuk hasil terbaik gunakan produk tata rambut seperti hair spray atau hair gel khusus rambut keriting untuk menciptakan bentuk gelombang yang indah.  

Baca Juga: 8 Cara Membuat Rambut Lebih Bervolume

Itulah beberapa teknik dasar diffuse untuk styling rambut keriting agar dapat tertata indah secara alami. Selamat mencoba.

 

Related Articles