Menegangkan! Ini 6 Novel Misteri Remaja yang Bakal Bikin Kamu Nostalgia Sherlock Holmes!

Apr 09, 2018 by Larissa

Kamu pecinta Sherlock Holmes atau Agatha Cristie? Pastinya kamu pecinta kisah-kisah misteri! Memang sulit sekarang untuk menemukan kisah misteri yang ceritanya unik dan klasik macam dua judul di atas. Namun, bukan berarti enggak ada karya luar biasa lainnya di luar sana, terutama untuk kamu pecinta genre YA alias Young Adult. Ini dia 6 kisah misteri remaja yang enggak boleh kamu lewatkan!

 

Novel Misteri Remaja #1. A Study in Charlotte

Goodreads

Untuk kamu pecinta Sherlock Holmes, kamu pastinya familiar dengan judul buku ini, bukan? Yup! Judul ini memang diambil dari salah satu kisah petualangan asli Sherlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle yang berjudul A Study in Scarlet. Novel karangan Brittany Cavallaro ini dibuat seakan-akan menjadi kelanjutan kisah Sherlock Holmes. A Study in Charlotte mengisahkan petualangan cucu buyut Sherlock Holmes dan John Watson, yaitu Charlotte Holmes dan Jamie Watson. Seperti kakek buyut mereka, Charlotte dan Jamie berusaha memecahkan kasus pembunuhan di asrama sekolah tempat mereka tinggal. Psstt… nantikan cinta yang bersemi di antara Charlotte dan Jamie juga, ya!

 

Novel Misteri Remaja #2. Pretty Little Liars

Goodreads

Mungkin beberapa dari kamu sudah familiar dengan kisah misteri ini karena novel ini sudah dijadikan seri drama Hollywood dengan judul serupa. Enggak heran, soalnya novel yang satu ini merupakan novel misteri remaja paling terkenal. Novel ini menceritakan 4 orang remaja SMA, Aria, Spencer, Emily, Hannah, yang baru saja kehilangan teman sahabat mereka, Alison, yang menghilang 3 tahun yang lalu secara tiba-tiba. Siapa sangka, 3 tahun setelah menghilangnya Alison, keempat cewek remaja itu mulai mendapat pesan-pesan misterius dari pengirim bernama A. Melalui pesannya, A membuat keempat gadis itu panik. Siapakah A dan akankah Alison ditemukan? (Baca juga: Pecinta Dongeng? Ini 5 Novel Remaja yang Terinspirasi dari Dongeng Masa Kecilmu!)

 

Novel Misteri Remaja #3. We Were Liars

Goodreads

Novel misteri ini dijamin bikin jantungmu berdebar sepanjang ceritanya. Menerima penghargaan sebagai novel YA terbaik Goodreads tahun 2014, novel ini mendapat banyak pujian karena kisahnya yang beda dari yang lain. Novel ini mengisahkan tentang seorang remaja perempuan bernama Candance yang mengahabiskan liburan musim panasnya saat dia berumur 15 tahun di sebuah pulau milik keluarganya. Musim panas tahun itu sungguh sempurna karena dia bertemu cowok idamannya, Gat. Namun, suatu hari Candance ditemukan pingsan dan terluka di pantai. Tak seorang pun tahu, bahkan Candance pun, apa yang terjadi pada Candance. Candance pun bertekad untuk mencari tahu apa yang terjadi padanya dan mengungkap rahasia keluarganya.

 

Novel Misteri Remaja #4. One of Us Is Lying

novel misteri remaja One of Us Is Lying img
Goodreads

Apa yang terjadi jika 5 orang murid masuk ke kelas untuk melaksanakan detensi, namun yang keluar hidup-hidup dari kelas itu hanya 4 orang? Tentu 4 murid itu menjadi tersangka utama karena polisi menemukan fakta bahwa murid itu tidak tewas karena kecelakaan. Yang menjadi pertanyaan adalah siapa di antara mereka yang membunuh sang murid malang, Simon. Terlebih lagi, diketahui bahwa Simon berencana untuk membeberkan rahasia keempat murid itu keesokan harinya. Benarkah mereka pembunuh Simon atau sebenarnya ada tersangka lainnya yang bersembunyi?

 

Novel Misteri Remaja #5. Little Monsters

novel misteri remaja Little Monsters img
Goodreads

Hidup Kacey menjadi berubah 180 derajat setelah ayahnya menikah lagi untuk kedua kalinya. Dia sekarang tinggal di kota baru yang nyaman, memiliki ibu dan saudara tiri yang baik, menjadi murid di sekolah elit, serta mendapat teman baru yang asyik, Jade dan Bailey. Semua berjalan lancar sampai Kacey menyadari Jade dan Bailey mulai menjauhinya. Kacey berencana untuk bertanya pada Bailey dan Jade tentang berubahnya sikap mereka setelah suatu pesta yang diadakan murid di sekolahnya. Namun, rencana itu tidak bisa dilaksanakan olehnya karena Bailey tidak pulang dari pesta itu karena ditemukan tewas. Tiba-tiba saja, seluruh sekolah dan kota itu menaruh perhatian mereka pada Kacey. (Baca juga: Novel Sedih Berikut Ini Bisa Bikin Kamu Menangis Terharu!)

 

Novel Misteri Remaja #6. Stalking Jack the Ripper

novel misteri remaja Stalking Jack the Ripper img
Goodreads

Novel misteri remaja ini sedikit berbeda dengan novel-novel lainnya karena memiliki setting historikal Inggris. Audrey adalah seorang putri dari seorang bangsawan Inggris. Di balik hidupnya yang terkesan mewah dan elegan, dia sebenarnya memiliki rahasia. Audrey memiliki ketertarikan terhadap misteri. Diam-diam, setiap malam Audrey masuk ke dalam laboratorium forensik milik pamannya dan menyelediki kasus pembunuhan berantai yang dilakukan pembunuh berantai handal, Jack the Ripper. Bersama rekannya, Audrey berusaha untuk memecahkan misteri yang menggemparkan seluruh Inggris itu.

Related Articles