Memilih Warna Rambut Yang Cocok Supaya Tampilanmu Lebih Fierce

Apr 05, 2018 by carmelw

Para wanita seringkali melakukan banyak hal untuk mempercantik dirinya, termasuk mengecat rambut aslinya dengan warna yang berbeda. Memilih warna rambut yang tepat memang akan membawa perubahan pada penampilan seseorang. Itulah mengapa menentukan dan memilih warna rambut tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelumnya, seperti memastikan warna rambut yang dipilih apakah sesuai atau tidak dengan warna kulit. Buat kamu yang ingin mengecat rambutmu, sebaiknya simak dahulu tiga tips memilih warna rambut yang akan Miignon bagikan berikut ini sebelum memutuskan untuk memilih warna untuk rambutmu.

memilih warna rambut merah img
Sumber: pixabay.com

Ketahui  undertone kulitmu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk memilih cat rambut adalah pastikan kamu mengetahui warna dasar kulitmu (undertone). Berbeda dengan skintone yang bisa berubah, misalnya saat terpapar sinar matahari, undertone kulit seseorang cenderung tetap atau permanen.

Undertone kulit manusia sebenarnya dibedakan dalam tiga kategori yaitu warm, netral, dan cool. Orang-orang yang termasuk netral undertone sangat beruntung, sebab masih bisa memilih warna apapun baik untuk riasan maupun untuk warna rambut yang sesuai dengan warna kulitnya. Namun, bagi mereka yang memiliki undertone warm atau cool sebaiknya harus benar-benar memperhatikan kekhasan dari warna kulit mereka agar tidak salah memilih warna rambut.

Secara umum, warna kulit yang termasuk dalam warm undertone dibagi dalam dua kategori yang mengarah pada warna hangat seperti musim gugur (autumn) dan musim panas (summer). Sedangkan, cool undertone juga dibagi dalam dua kategori lain yaitu musim dingin (winter) dan musim semi (spring)

Undertone winter biasanya memiliki ciri kulit yang terang dan tampak merah muda. Biasanya, orang yang termasuk dalam kategori ini kemungkinan terlahir dengan rambut yang cenderung berwarna gelap atau hitam, sehingga warna rambut yang sesuai untuk mereka adalah violet red atau pun dark brown.

Undertone spring biasanya ditandai dengan orang yang memiliki kulit cerah. Bagi mereka yang masuk kategori ini, jangan takut bereksperimen dengan menggunakan warna rambut yang cenderung terang seperti platinum blonde atau ashy brown.

Baca Juga: Pengen Punya Warna Rambut Platinum Blonde? Ini Dia Cara dan Tips Perawatannya

Mereka yang termasuk dalam kategori undertone autumn umumnya memiliki warna rambut alami coklat gelap dengan warna kulit tampak pucat tetapi bercahaya. Mereka ini akan cocok dengan warna rambut caramel, chocolate brown, atau pun beige blonde untuk melengkapi penampilannya.

Terakhir adalah summer. Dengan kulit yang cenderung mengarah pada warna kuning, warna rambut yang tepat bagi mereka adalah caramel brown, golden blonde, honey platinum, dan warna-warna cerah lainnya.

Cari tahu tentang cara perawatan sebelum dan sesudah pengecatan

Memiliki rambut yang diwarnai tentu saja membutuhkan perawatan ekstra. Pastikan untuk mencari tahu bagaimana cara perawatan sebelum dan sesudah melalui tahap pewarnaan. Belilah produk shampo, kondisioner, dan masker rambut yang sesuai dengan jenis dan warna rambut untuk mempertahankan keindahan warna rambut.

Beberapa merek shampoo telah memiliki perawatan yang lebih spesifik untuk warna rambut tertentu seperti ungu, pirang, merah, dan lainnya. Selain itu produk-produk tersebut dapat digunakan untuk merawat rambut agar tidak kering dan pecah-pecah setelah melalui proses kimiawi dari pewarnaan rambut tersebut.

Pilih warna rambut sesuai dengan usia

Memilih warna rambut sebetulnya tidak ada pakemnya. Sesuaikan dengan kepribadianmu dan membuatmu tampil lebih percaya diri.

Namun, ada baiknya jika berusia kurang dari 30 tahun pilihlah warna yang akan menampilkan kesan menarik, berani, dan aktif seperti warna intense violet brown. Lalu, untuk mereka yang berusia antara 30- 40 tahun, warna cooper mahogany brown sangat cocok untuk menampilkan kesan elegan sekaligus menutupi uban yang mulai bermunculan.

Sedangkan bagi mereka di atas usia 40 tahun, disarankan untuk memilih warna purple brown untuk membuat penampilan lebih segar dan dinamis serta dapat menutupi warna uban dengan sempurna.

Itulah beberapa tips memilih warna rambut yang harus kamu ketahui sebelum memulai teknik pewarnaan. Namun, yang terpenting dari semuanya adalah jadilah diri sendiri dan pilihlah sendiri warna-warna yang dapat membuatmu lebih percaya diri.

Baca Juga: Pengen Warnain Rambut? Coba Deh Cari Inspirasi dari 6 Selebgram Ini!

 

Related Articles