Membantu Orang Lain Dapat Membuatmu Sukses, Loh! Begini Caranya!

May 17, 2018 by Larissa

Ketika bicara tentang kesuksesan diri sendiri, kamu mungkin berpikir kamu harus melakukan segala hal yang bisa membawa dirimu sendiri menuju kesuksesan. Sedikit sekali orang yang berpikir salah satu caranya untuk menjadi orang sukses adalah dengan membantu orang lain. Mereka pikir membantu orang lain hanya akan membawa orang yang kita bantu itu menuju keberhasilan. Padahal hal itu bisa dibilang sebagai simbiosis mutualisme. Jadi, mulai sekarang, yuk menjadi orang yang lebih aware dengan orang sekelilingmu, dengan cara ini!

Berikut ini beberapa cara membantu orang lain yang dapat membuat kamu sukses

1. Berbagi ilmu dan pengalaman

Shutterstock

Hal ini sebenarnya sudah diajarkan semenjak kita duduk di bangku sekolah. Guru kita selalu mengingatkan kalau teman kita kesusahan akan suatu topik pelajaran, kita harus sebisa mungkin memberi bantuan dengan cara mengajarkan mereka. Hal ini tentu juga sebaiknya diterapkan saat kamu bekerja. Jika rekan kerjamu memiliki kesulitan, misalnya dia tidak tahu cara melakukan sesuatu, kamu bisa memberitahunya jika kamu tahu tentang hal itu dan sudah pernah melakukannya sebelumnya.

 

2. Berbagi kesempatan

Kesempatan memang tidak selalu ada dan tidak datang pada semua orang. Karena itulah, hal itu disebut dengan kesempatan karena terkadang kesempatan tidak akan datang dua kali dan tidak pada sembarang orang. Namun, jika kamu mendapat suatu kesempatan yang diberikan oleh atasanmu, misalnya, tidak ada salahnya loh, bagimu untuk membagi kesempatan ini. Caranya bisa bermacam-macam. Kamu bisa meminta atasanmu untuk memberimu tim, atau kamu sendirilah yang meminta bantuan pada rekan kerjamu.

 

3. Memberi kritik membangun

membantu orang lain img
Shutterstock

Jika kamu melihat rekan kerjamu melakukan kesalahan, alangkah baiknya jika kamu memberikan saran yang membangun padanya. Tidak setiap orang senang diberi kritik, karena itu, pastikan sebelum kamu mulai bicara pada rekanmu kamu memiliki hal yang baik dan berbobot untuk disampaikan. Pastikan kalau apa yang akan kamu sampaikan bisa membantunya sekaligus tidak menyinggung perasaannya.

 

4. Berbagi network

Network adalah salah satu hal paling penting dalam dunia kerja. Sering kali kenalan-kenalanmu itulah yang menyelamatkanmu dalam menyelesaikan pekerjaan. Sayangnya, luasnya network setiap orang berbeda-beda. Karena itu, tidak ada salahnya bagimu untuk berbagi kenalanmu pada rekan kerjamu. Misalnya, temanmu sedang membutuhkan seseorang dari lapangan kerja tertentu dan kebetulan kamu punya kenalan, jangan ragu untuk memberikan rekan kerjamu bantuan. (Baca juga: 5 Kebaikan Kecil yang Bisa Kamu Lakukan di Kantor)

 

5. Memberi semangat mental

membantu orang lain dengan sharing img
Shuttertock

Sering kali kita tidak tahu harus memberikan bantuan apa pada rekan kerja kita karena memang hal yang dia butuhkan berada di luar jangkauan kita. Jika hal ini terjadi, tidak ada salahnya untuk memberikan semangat untuknya. Terkadang kita lupa kalau mental support sama pentingnya dengan bantuan-bantuan konkret lainnya. Kamu pasti terkejut apa yang bisa dilakukan seseorang jika diberikan dukungan oleh orang lain, karena dia merasa ada orang di sampingnya.

Related Articles