Mau Belajar Makeup, Harus Punya Apa Saja ?

Apr 04, 2017 by Alifah Puarada

Melihat para beauty vlogger di Youtube, kamu pasti pernah sesekali merasa gatal ingin mencoba salah satu tutorial makeupnya. Tapi ada begitu banyak tutorial makeup di jagat Youtube sana. Kamu yang masih pemula dan baru mau belajar merasa bingung mau mulai dari mana.

Apalagi para youtuber itu menggunakan berbagai peralatan makeup yang sangat lengkap. Kamu tentu ingin memiliki semuanya supaya bisa belajar makeup dari tutorial mereka.

Sebenarnya nggak perlu kamu punya semua perlengkapan makeup itu sekaligus. Miliki perlengkapan makeup yang dasar dulu baru kemudian melengkapinya pelan-pelan. Kalau masih bingung apa saja yang harus kamu punya untuk belajar makeup, kamu bisa pertimbangkan rekomendasi di bawah ini.

Perlengkapan Belajar Makeup

Complexion

complexion - belajar makeup pic
Sumber gambar : Pixabay

Pertama, tentu saja kamu harus punya produk makeup untuk wajah. Makeup yang bagus berawal dari complexion tanpa cela. Maksudnya tanpa cela di sini bukan berarti wajah kamu harus mulus tanpa kekurangan sama sekali. Yang namanya jerawat dan kerutan itu alami, kamu nggak harus menutupi semua itu.

Complexion yang bagus adalah yang baurannya sempurna, menyatu dengan kulit, kelihatan berdimensi, namun tanpa garis kontur yang terlihat jelas. Produk  yang harus kamu punya untuk complexion antara lain primer, foundation, concealer, powder, contour,dan blusher.

Primer dipakai sebelum foundation, tujuannya supaya wajah kamu yang menjadi kanvas lebih kondusif. Primer banyak macamnya, ada yang fungsinya untuk menghidrasi, ada yang untuk meminimalkan tampilan pori-pori, ada juga yang fungsinya mengoreksi tone kulit.

Foundation tentu saja untuk meratakan warna permukaan kulit. Teksturnya ada yang krim tebal hampir padat, ada yang creamy kental, dan ada juga yang encer. Pilih sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk selalu memakai foundation yang warnanya sama dengan warna kulit atau satu tingkat lebih gelap.

Concealer berfungsi untuk menyamarkan noda di kulit wajah, pilih yang warnanya setingkat lebih gelap dari warna foundation. Concealer yang berwarna lebih terang berguna untuk memberikan kesan under eye lebih cerah serta mengoreksi bentuk alis. Benar sekali, kamu setidaknya harus punya 2 warna concealer.

Powder atau bedak digunakan untuk mengunci riasan wajah kamu. Jenis-jenis powder banyak sekali, kamu bisa pilih yang jenisnya setting powder ketika pertama kali belajar makeup.

Produk contouring berfungsi untuk menonjolkan karakter wajah. Jenisnya ada dua macam : cream dan powder. Untuk pemula, yang jenisnya powder lebih direkomendasikan karena relatif lebih mudah digunakan. Pilih yang pigmentasinya kurang supaya kamu lebih mudah mengontrol intensitas warnanya. Prinsip ini juga berlaku untuk produk blusher.

Makeup Mata

Sumber gambar : Pinterest

Apalah artinya riasan wajah flawless tapi mata polos. Kamu juga pasti gatel ‘kan, mau belajar mengaplikasikan eyeshadow aneka rupa ? Untuk merias area mata, kamu memerlukan produk alis, eye primer, eyeliner, dan tentu saja eyeshadow.

Produk eyebrow banyak sekali, ada powder, pomade, pensil, cream, dan lain-lain. Yang paling mudah adalah bentuk pensil. Pilih yang teksturnya keras dan less-pigmented.

Palet eyeshadow bernuansa netral adalah salah satu yang harus kamu punya. Nggak perlu yang mahal kalau baru belajar, kamu bisa pilih palet perona mata merek lokal yang kualitasnya bagus dan harganya terjangkau. Cari yang ada warna hitam, putih, dan nuansa cokelat.

Eye primer berfungsi sebagai lem eyeshadow supaya eyeshadow lebih tahan lama dan warnanya lebih vibrant. Eyeliner penting untuk membingkai mata, meng-enhance bentuk mata.

Makeup Bibir

Sumber gambar : Pinterest

Produk rias bibir juga banyak sekali jenisnya. Kalau kamu masih newbie, yang perlu kamu punya hanya lipstik berwarna merah, nude, pink, serta lip liner berwarna senada.

Alat Makeup

alat makeup img
Sumber gambar : Pixabay

Tentu saja semua produk makeup tadi menjadi sia-sia tanpa aplikator yang tepat. Kuas dan spons adalah aplikator paling krusial yang harus kamu punya. Kuas sendiri nggak terhitung jenisnya. Tentu nggak semuanya harus dibeli sekaligus. Kamu bisa menyicil membeli beberapa yang paling dasar.

Makeup brush paling dasar antara lain kuas foundation, kuas bedak, kuas kontur, kuas eyeshadow, kuas blending, dan kuas alis. Penjelasan mengenai jenis-jenis kuas ini pernah dibahas di artikel terpisah.

Bulu mata palsu (beserta lemnya) juga salah satu perlengkapan makeup yang sangat penting. Bulu mata palsu yang tepat akan membuat  mata kamu terlihat lebih bernyawa. Supaya bulu mata palsu terlihat natural, kamu perlu sebuah alat bernama eyelash curler. Cara kerjanya dengan menjepit bulu mata asli bersama bulu mata palsu.

Di antara perlengkapan makeup ini, kamu sudah punya yang mana saja ? Kalau sudah punya semua, selamat belajar makeup.

Related Articles