Mata Bengkak Usai Menangis? Segarkan Kembali Dengan 8 Tips Ini

Apr 25, 2018 by carmelw

Menangis adalah salah satu cara yang biasanya dilakukan untuk meluapkan emosi dan segala rasa yang terpendam di dalam dada. Sayangnya, sepintar apapun kamu menyembunyikan masalah yang menyebabkan air matamu mengalir, mata bengkak akibat menangis tetap akan dapat membuat orang lain penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi. Belum lagi kalau harus ketemuan dengan klien, atau harus presentasi di kelas. Wah, bisa jadi bencana deh karena wajah sembab bisa jadi sumber gosip hihihi!

Nah, sebelum semua orang mulai bertanya-tanya tentang apa yang kamu alami, berikut ini ada beberapa cara cepat untuk mengatasi mata bengkak akibat menangis yang bisa kamu praktekkan di saat kepepet.

 

Tips menyegarkan mata usai menangis versi Miignon

Rilekskan wajah dan bernafaslah secara teratur

Rilekskan wajahmu dan biarkan air mata mengalir apa adanya. Menahan nafas dan menggerak-gerakkan wajah untuk menahan air mata yang akan keluar justru akan membuat mata semakin merah dan bertambah bengkak. Ambil nafas dalam-dalam dan bernafaslah secara teratur.

Percikkan air dingin pada wajah

Percikkan air dingin pada wajah dan fokuskan pada area mata yang bengkak dan kemerahan. Bersihkan semua riasan dengan menggunakan kertas tissue agar tidak terlihat berantakan.

Baca Juga: Meski Sering Dikira Lemah, Menangis Ternyata Banyak Manfaatnya Lho

Bersihkan hidung yang tersumbat dan kemerahan

Bersihkan hidung dengan tissue yang lembut, sebab hidung yang tersumbat dan tampak merah merupakan pertanda orang yang habis menangis. Usahakan tidak menggunakan handuk, karena teksturnya yang kasar dapat membuat wajah semakin tampak kemerahan.

Kompres wajah dengan handuk atau sendok dingin

Basahi handuk dengan air es, atau kalau mau masukkan beberapa buah sendok ke dalam freezer selama sepuluh hingga dua puluh menit. Selanjutnya tekan handuk atau sendok di area yang bengkak terutama di bawah mata mulai dari saluran air mata menuju sudut terluar mata. Bersamaan dengan itu, kamu bisa memijat lembut batang hidung selama beberapa menit sambil menutup mata untuk mengurangi pembengkakan di sekitar hidung.

Gunakan obat tetes mata

Obat tetes mata juga dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan dan bengkak di mata akibat menangis. Teteskan satu hingga dua tetes di setiap mata.

Baca Juga: Sakitnya Mata Bintitan: Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya

Samarkan dengan concealer

Samarkan warna kemerahan di sekitar area mata dengan concealer warna kuning dan hijau. Oleskan di bawah mata dan di sekitar hiduung, lalu balurkan secara merata. Terakhir tutupi dengan bedak tabur untuk membuat concealer bertahan lebih lama.

Selalu sedia tisu untuk menyeka air mata

Ambil nafas panjang dan periksa diri di depan cermin. Terkadang, air mata yang sudah terlanjur mengalir sangat sulit dihentikan. Selalu sedia tissue untuk berjaga-jaga saat air mata mengalir kembali.

Kompres mata dengan irisan mentimun atau kantong teh hijau

Kompres mata bengkak dengan irisan mentimun atau kantong teh hijau dingin jika kamu memiliki waktu yang agak panjang. Teh hijau memang memiliki manfaat  untuk menyempitkan pembuluh darah sehingga dapat menghilangkan bengkak. Caranya, celupkan dua kantong teh hijau ke dalam air es selama sepuluh menit kemudian tekan ke area sekitar kantong mata, lalu pijat ringan selama lima menit. Ulangi prosedur ini selama beberapa kali hingga bengkak mengempis.

Sedangkan mentimun berkhasiat untuk mengencangkan pembuluh darah dan membuat mata tampak lebih rileks. Potong dua iris mentimun segar (dingin lebih baik) tempelkan di atas mata selama 10 -20 menit.  Pastikan kamu melakukan pengompresan dengan posisi kepala bersantar di bantal selain agar lebih rileks juga bermanfaat untuk mencegah air mata menggenang kembali.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi mata bengkak akibat menangis. Yang perlu kamu tahu, tidur sambil menangis justru dapat membuat mata bengkak semakin bertambah parah. Jangan sampai terjadi ya.

 

Related Articles