Masuk Angin, Benarkah Suatu Penyakit Atau Hanya Mitos?

Mar 08, 2018 by Karina Mustika

Siapa yang tidak kenal dengan istilah “masuk angin” di Indonesia? Penyakit yang dikenal masyarakat tidak berbahaya namun sangat mengganggu. Dan ya, semua orang mengakui bahwa penyakit itu ada, karena memang banyak yang pernah menderita atau mungkin kamu sendiri.

Mungkin kamu akan menyadari sesuatu saat bertemu dengan warga negara asing terutama yang diluar Asia. Tanyakan kepadanya apa istilah masuk angin di negara mereka. Dijamin dia akan tertawa dan berkata bahwa dia baru mendengar istilah penyekit tersebut.

Sekarang bagaimana? Karena jika dipikir-pikir, memang tidak masuk diakal sih. Hembusan angin yang kencang akan masuk kedalam tubuhmu dan mengganggu sistem yang ada. Gejala seperti perut kembung, demam, dan bahkan pusing memang terasa saat kamu mengalami “masuk angin”. Masih penasaran tentang faktanya? Apakah memang suatu penyakit atau hanya mitos belaka?

Masuk Angin, Penyakit Atau Mitos Belaka?

gejala masuk angin img
Image: freepik.com

Penjelasan masuk angin secara medis

Dalam dunia kedokteran, tidak dikenal adanya istilah penyakit ini. Karena memang hingga saat ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah mengenai masuknya angin dibagian tubuh sehingga menyebabkan banyak gelaja. Sehingga bisa dibilang hingga saat ini masih dianggap mitos dalam dunia medis. Namun dari sekian banyak gejala yang ada, masuk angin memiliki gejala yang mirip dengan influenza. Meskipun terkadang seseorang yang mengalaminya tidak benar-benar mendapati semua gejala yang sama.

Penyebab masuk angin

Dari sekian banyak gejala yang ada, masuk angin memiliki gejala yang mirip dengan influenza. Sehingga penyebab utamanya banyak dikatakan karena suhu yang rendah atau dingin. Seperti terlalu lama di ruangan AC, kehujanan, atau cuaca yang dingin. Penyebab lain seperti terlalu capek yang menyebabkan imun tubuh menurun juga dapat menjadi alasannya. Namun masyarakat kita tidak menyadari itu dan berkata setiap kali tubuhnya terasa kurang sehat adalah karena kemasukan angin. Ironis memang, hembusan angin yang disalahkan pada kondisi tersebut.

Cara mengatasi masuk angin

Saking mudahnya penyakit ini menjangkiti masyarakat, para produsen obat juga semakin berlomba-lomba untuk menawarkan produk mereka. Obat-obatan tersebut dikatakan ampuh dalam menyembuhkan konsumen. Padahal sebenarnya, obat dengan bahan herbal atau jamu-jamuan yang mengandung jahe memang akan membuat tubuh terasa hangat dari dalam. Sehingga orang akan meresa lebih enakan setelah memimumnya.

Sedangkan cara yang banyak digunakan orang karena relatif mudah adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih dan minyak gosok lainnya. Tidak jarang pula dengan yang suka dengan kerokan. Ini nih cara yang sebenarnya salah kaprah dan sudah menjadi budaya dalam masyarakat.

FYI nih girls, kerokan malah dapat membuat iritasi pada kulit, sehingga dalam dunia kedokteran cara ini sangat tidak dianjurkan. Dari pada melakukan itu sebaiknya kamu meminum obat anti demam saat demam, makan teratur dan minum vitamin saat perut kembung, dan terakhir istirahat yang cukup jika sering pusing.

Jika gelaja masuk anginmu tidak terasa membaik dan malah makin parah, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter. Dikhawatirkan penyakit yang kamu derita bukan sekedar kemasukan angin. Namun gejala penyakit lainnya seperti demam berdarah atau DBD. Have a healthy life girls!

 

8 Cara Sederhana Untuk Memiliki Jantung Sehat

Penyakit yang Rentan Mengintaimu di Usia 20an

Jangan Disepelekan, Bukan Maag Biasa, Ini Tandanya Jika Asam Lambung Bermasalah

Related Articles