Makeover Ruang Tidur Kesayanganmu Yang Gampang Untuk Ditiru

Jun 03, 2017 by Alifah Puarada

Makeover Kamar Yuk!

Kamar tidur adalah satu-satunya tempat di mana kita bebas menjadi diri kita sendiri.  Ini semua karena kamar bisa dibilang merupakan cermin dari pemiliknya. Selera, sifat, ataupun hobi seseorang bisa kita lihat dari kamarnya. Orang yang praktis, nggak mau ribet akan menyukai kamar bergaya minimalis dengan cat monokrom. Lain lagi dengan orang  feminin mungkin akan mendekor kamar tidurnya dengan gaya shabby chic. Nah, ketika kamu boson dengan interior kamar yang sama, boleh banget makeover kamar kita sesuai selera. Nah, soal itu kamu jangan bingung  bagaimana caranya. Yuk kita lihat dulu berbagai ide-ide makeover kamar tidur di bawah ini.

 Makeover Pertama : Gaya Bohemian

Bohemian identik dengan festival musik Coachella, atau sebaliknya. Pokoknya kalau lihat gaya para peserta festival musik Coachella, ya semacam itulah gaya bohemian : artsy, nyentrik, agak vintage, agak rustic, ada sentuhan etnik. Menerapkan  dalam interior kamar tidur, gaya bohemian bisa diterjemahkan menjadi motif geometris berwarna vibrant, ranjang berkanopi, tekstur rajut dan kepang, serta elemen-elemen artsy.

Jika ingin mengubah tampilan kamar tidur menjadi bergaya bohemian, bisa mengikuti beberapa langkah ini. Pertama, ganti bedcover, sarung bantal, dan karpet menjadi ada sentuhan motif geometris. Akan tetapi jangan semua diubah.  Pilihlah satu atau dua benda yang bermotif dan biarkan yang lain tetap polos. Kedua, pasang kelambu pada ranjang. Kalau kesulitan, tempatkan tirai pada sudut lain di kamar. Ketiga, tempatkan pajangan-pajangan unik seperti mason jar, dream catcher, dan sebangsanya agar kesan bohemian makin terlihat.

 Makeover Kedua : Gaya Industrial

desain kamar tidur gaya industrial img

Sesuai dengan namanya, gaya industrial merujuk pada tampilan kaku, permukaan kasar, serta minim dekorasi. Jika diterapkan pada kamar tidur, gaya industrial tentu diinfuse oleh gaya personal. Gaya industrial pada kamar tidur dapat diterjemahkan menjadi elemen-elemen stainless, ubin beton, dinding bata tanpa finishing, warna gelap, elemen metal kaku, ranjang rendah, lampu sederhana, serta pipa-pipa sebagai furnitur atau hiasan. Kesan kamarnya cowok banget. Tapi cewek juga boleh kok.

Kalau ingin makeover kamar tidur menjadi bergaya industrial, kita nggak perlu mengubah seluruh kamar tidur kita. Pertama, kita perlu menyingkirkan semua warna vibrant dan dekorasi yang terlalu girly seperti boneka atau vas-vas bunga. Boneka-boneka itu nanti bisa diletakkan di dalam lemari kaca saja. Kedua, boleh juga mengganti warna cat dinding dengan warna gelap cool tone, abu-abu misalnya. Ketiga, ganti sebagian perabot, pilih yang desainnya sederhana. Misalnya, bedcover, bantal, dan gordin ganti warna monokrom. Ganti juga lampu tidur berbentuk unik menjadi lampu tidur yang desainnya sangat sederhana tanpa dekorasi. Keempat, tambahkan beberapa elemen seperti kursi kaku atau cermin tanpa hiasan.

 Makeover Ketiga : Gaya Vintage

Klasik, unik, timeless. Tiga kata inilah yang menggambarkan gaya vintage. Bagusnya gaya ini adalah nggak mengenal tren. Kapanpun waktunya, apapun trennya, gaya vintage tetap bagus diaplikasikan. Pada kamar tidur, gaya vintage dapat dihadirkan melalui pemilihan ranjang besi disertai bedcover motif floral lembut. Selain itu pemilihan furnitur lain : lemari antik, meja rias klasik, atau wallpaper motif paisley.

 Makeover Keempat :  Gaya Rustic

makeover gaya rustic pic

Inspirasi terakhir ada gaya rustic yang diterapkan melalui furnitur bergaya raw, permukaan kasar, serta dominasi warna abu-abu. Elemen dekorasinya bisa dihadirkan dalam gantungan aksesori  yang terbuat dari ranting pohon, atau permukaan lemari yang nggak divernish.

 

Related Articles