Makanan dan Minuman Paling Gampang Dikonsumsi Saat Kram Karena Menstruasi

Mar 09, 2017 by haify

Menstruasi atau haid selalu menjadi tamu bulanan para perempuan yang berada dalam usia produktif. Terkadang, siklus yang datang selama 4-7 hari ini terasa begitu menyebalkan. Suasana hati yang nggak menentu, emosi yang campur aduk, lemas, hingga merasakan sakit akan dilalui oleh perempuan. Di antara hal tersebut, kram pada bagian perut selalu menjadi persoalan yang mengganggu. Pasalnya, gara-gara kram ini, kamu nggak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Yang bisa kamu lakukan hanyalah bergelung di kasur layaknya kucing tidur. Bahkan, saking sakitnya, kamu harus minum obat agar nyeri haid yang terasa bisa berkurang.

Nah, jika mengonsumsi obat-obat kimia pereda nyeri haid secara terus menerus tentu nggak bagus untuk kesehatanmu. Oleh karena itu, kamu bisa menggantinya dengan minuman dan makanan yang alami ini. Nggak cuma itu, makanan dan minuman yang akan membantumu meringankan rasa sakit ini juga terbilang gampang kamu temukan dan dikonsumsi selama tamu bulananmu ini datang.

Makanan dan Minuman Saat Kram Karena Menstruasi

1. Air putih merupakan minuman yang paling gampang kamu konsumsi untuk mengurangi nyeri haid

Minuman yang paling mudah kamu konsumsi adalah air putih. Jika biasanya air putih disarankan untuk dikonsumsi 1-1,5 liter per hari, mungkin selama menstruasi kamu bisa meningkatkannya menjadi 2 liter. Tapi tidak dalam sekali minum ya. Memenuhi kebutuhan tubuh akan zat cair ini bisa membuatmu terhindar dari dehidrasi. Dengan begini, tubuhmu tentu juga terhindari dari rasa lemas. Dan yang penting lagi, air putih bisa membantu peredaran darah lebih lancar sehingga kram yang kamu rasakan selama haid juga jauh berkurang.

2. Teh herbal juga bisa jadi pilihan untuk meringankan rasa kram di perut

Teh yang terbuat dari bahan alami seperti teh hijau, teh peppermint atau chamomile, juga bisa meringankan rasa sakit selama periode menstruasi kamu lho. Kandungan yang ada dalam teh hijau akan meredakan kram yang kamu rasakan, sedangkan teh peppermint akan meredakan sakit perut.

3. Untuk makanan, kamu bisa mengonsumsi cokelat dengan varian dark chocolate

Makanan ini mungkin akan dengan senang hati kamu konsumsi. Rasanya yang manis ternyata memiliki kandungan yang bagus untuk menghadapi menstruasimu. Varian dark chocolate khususnya, mengandung antioksidan yang tinggi yang akan membuat ototmu semakin rileks. Sehingga kram atau nyeri yang kamu rasakan otomatis akan berkurang. Selain itu, kandungan serotoninnya akan memperbaiki mood alias membuat suasana hatimu terasa jauh lebih baik.

4. Buah pisang yang mengandung magnesium akan membantu mengendurkan ototmu yang kaku

Jenis buah-buahan yang bisa kamu konsumsi saat haid adalah pisang. Dengan memakan buah ini, maka otot yang kaku akan mengendur. Hal ini tentu berpengaruh pada kram perutmu. Makanya, atlit yang mengalami kram otot saat berolahraga, disarankan memakan buah ini agar sakit yang dirasakan bisa berkurang. Begitupun dengan kram yang kamu rasakan saat haid.

5. Sedangkan untuk sayuran, kamu bisa mengonsumsi bayam dan kangkung

Sayuran hijau sangat dianjurkan untuk kamu konsumsi. Selain karena efeknya yang baik untuk tubuh, sayuran juga mampu mengurangi rasa sakit atau nyeri karena menstruasi. Terutama bayam dan kangkung yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, akan meringankan nyeri yang kamu rasakan.

 

Jadi, selagi bisa menghindari konsumsi obat-obatan yang malah menyebabkan kamu ketergantungan, apa salahnya kamu mengonsumsi makanan dan minuman tadi. Selain bisa meringankan sakit yang kamu rasakan, makanan dan minuman tersebut juga terbilang gampang untuk kamu dapatkan dan dikonsumsi.

Related Articles