Lika-Liku dan Masalah Perempuan Modern dalam Because This Is My First Life

Jun 13, 2018 by Miignon Announcement

Drama korea memang  paling asyik untuk dinikmati. Apalagi dengan plot ceritanya yang  selalu berubah. Hmm.. gak pernah  sepertinya kita lihat ada satu drama korea yang mempunyai plot yang sama. Oke… mungkin temanya sama, yaitu reinkarnasi dan percintaan zaman kerajaan, seperti yang bisa kita tonton  serial  drama  Goblin (2016),  Moonlovers : Scarlet Heart (2016), dan Legend of The Blue Sea (2016-2017).  Tapi  bisa juga lho temanya berbeda satu sama lain, seperti pada tahun 2017 misalnya, tema percintaan dan dewa-dewa dibahas pada drama Bride of Water God dan Hwayugi atau A Korean Odyssey.  Mungkin kamu berpikir, ada gak sih yang realistis bercerita mengenai kehidupan kita sehari-hari? Hmm.. lalu mulailah pencarian Miignon, sampai akhirnya ditemukan drama korea berjudul Because This Is My First Life yang juga tayang pada tahun 2017 ini.

 Bercerita tentang apa sih drama Because This Is My First Life ini?

Pada dasarnya Because This Is My First life bercerita mengenai kehidupan para perempuan modern di Korea Selatan.  Nah, buat kamu-kamu yang belum banyak tahu,  kehidupan perempuan di Korea Selatan masih  dibayang-bayangi oleh  sistem patrilineal.  Oleh karena itu, tidak heran bahwa memiliki anak perempuan dianggap tidak membanggakan dibandingkan dengan memiliki anak laki-laki.

Mungkin kamu juga pernah mendengar bahwa para perempuan yang telah menikah di  Korea Selatan juga diharuskan patuh pada keluarga semuanya. Ini semua karena pernikahan di Korea Selatan itu mengikat perempuan pada keluarga suaminya. Dan selanjutnya kamu tahu juga bahwa memiliki anak, terutama berjenis kelamin laki-laki sangat penting Korea. Intinya, anak laki-laki penting untuk mewarisi semuanya, termasuk misalnya harta ayahnya, rumah, dan perusahaan keluarganya.

Nah, inilah sentral cerita drama This Is My First Life,  yang menceritakan kehidupan si tokoh  utama Yoon Ji-Ho, yang diperankan  oleh  aktris Korea Selatan Jung So-Min.

Sekarang, bayangkan keadaan kamu, menjadi perempuan yang harus bekerja keras untuk membayar sewa apartemen yang ditinggali oleh keluarga kamu, bahkan tidak bisa pulang selama 3 bulan demi memenuhi nafkah dengan bekerja sebagai asisten sutradara.  Dan ketika kamu pulang, kamu sadar bahwa adik laki-lakimu yang pengangguran ternyata sudah menikah karena menghamili pacarnya.  Lebih parah lagi kamu dipaksa keluar dari rumah yang kamu tempati karena itu adalah hak adikmu. Duh.. malangnya nasibmu

Lalu Apakah  Saja sih Masalah dan Lika-Liku Perempuan  dalam Because This Is My First Life?

 Masalah Hubungan Keluarga dan Kewajiban di dalam  Pernikahan

Drama ini sangat jelas mengkritik kebudayaan Korea yang melihat perempuan sebagai second class citizen atau warga masyarakat kelas dua.  Ada banyak hal,  satu di dalam pekerjaan, satu lagi di dalam pernikahan.  Contohnya seperti yang dihadapi oleh  tokoh  utama Yoon Ji-Ho.  Di dalam pekerjaan, ia seringkali tidak dianggap oleh atasannya  dan hampir mendapat pelecehan seksual oleh rekan kerja yang sangat ia percayai.  Selanjutnya ketika ia  menikah, meskipun hanya sebatas perjanjian kontrak dengan suaminya,  ia masih saja harus tunduk pada peraturan-peraturan yang ada pada keluarga suaminya. Misalnya harus selalu berkunjung ke rumah ibu mertuanya sampai dengan diharuskan  selalu liburan bersama dengan suaminya. Singkat kata, tidak ada privasi ataupun me time untuk perempuan ketika menikah karena segala hal harus berpusat pada suaminya

Yoon Ji-Ho, si perempuan yang terbelenggu keadaan. sumber : youtube

Perempuan  Yang Bertahan di Korporasi Besar dan Memiliki Jabatan Harus Menjadi Keras dan Menghilangkan Sisi Femininnya

Jangan menganggap  bahwa perempuan  Korea yang memiliki  karir yang baik dan  jabatan tinggi akan sangat mulus kehidupannya.  Nyatanya, Woo Su-Ji, sahabat dari Yoon Ji-Ho ini harus berjuang melawan pelecehan seksual yang seringkali didapatnya dari rekan-rekan  kerja prianya.   Dianggap sebagai perempuan nakal karena belum menikah juga pada usia 30 tahun  sudah sering ia dapat.  Padahal nyatanya ia adalah perempuan biasa yang sebenarnya lembut, namun karena keadaan ini ia menjadi pribadi yang sangat keras. Singkatnya, ia terpaksa menjadikan dirinya sebagai sosok pria demi bertahan di dalam kehidupan pekerjaannya yang keras.

Because This Is My First Life korea img
Woo Su-Ji, perempuan yang harus bertahan di dalam dunia laki-laki sumber : youtube

 

Tantangan Yang Dihadapi  Ketika Pacaran Sudah Lebih Dari 5 Tahun :  Ingin Menikah Namun Pacar Belum Siap 

Pastinya kamu-kamu cewek yang pacaran lebih dari 5 tahun pengen dong segera menikah dan punya anak? Inilah yang dihadapi oleh Yang Ho-Rang, sahabat Yoon Ji-Ho dan Woo So-Ji, yang sebenarnya ingin berhenti bekerja untuk menjadi seorang istri dan ibu. Namun apa daya,  sang pacar, Sim Won-seok, yang telah menjadi pacarnya selama 7 tahun,  belum siap untuk menikahinya.  Si pacar melihat bahwa hidupnya masih berantakan. ditambah  pekerjaan yang dijalaninya ebagai pengusaha belum banyak menunjukkan hasil dan  keuntungan. Oleh karena itu, ia sering menunda-nunda untuk melamar pacarnya ini. Sampai akhirnya ini berakibat pada semakin renggangnya hubungan mereka. Namun apakah Yang Ho-Rang tetap memilih untuk bersamanya? Untuk lihat  akhirnya, kamu harus banget nonton dan ikutin dramanya.

Because This Is My First Life drakor img
Yang Ho-Rang, perempuan yang ingin menikah namun kekasihnya Sim Won-seok belum siap. Sumber : youtube

Nah,  berikut diatas adalah tiga masalah perempuan yang bisa Miignon temukan pada drama Because This Is My First Life? Kalau kamu yang sudah menonton drama ini, dapatkah kamu menemukan masalah-masalah lainnya.  Share yuk di bawah ini!

Baca juga :

Ini Dia 5 Film dan Drama Gongyoo yang Wajib Tonton!

Drama Korea Pretty Noona Who Buys Me Food, Romantis Banget!

Related Articles