Liburan Zonk? Ini yang Harus Kamu Lakukan Kalau Destinasi Kamu Zonk Alias Fail!

Mar 31, 2018 by Larissa

Sebel enggak sih kalau kamu sudah sangat excited untuk mengunjungi suatu tempat, namun ternyata tempat atau kota yang kamu kunjungi itu tidak sesuai ekspektasi? Mengesalkan banget pastinya! Karena kamu sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga saat merencanakan trip ini. Lalu apa yang harus kamu lakukan kalau ternyata liburan kamu adalah liburan zonk? Eits, jangan bete dulu, girls. Ini yang bisa kamu lakukan kalau ternyata liburan kamu adalah liburan zonk atau fail!

3 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Liburan kamu adalah Liburan Zonk

1. Persiapan mental

liburan zonk mental gambar
Shutterstock

Saat menyiapkan perjalanan, pastinya kamu berharap yang terbaik. Tapi, kamu juga harus mempersiapkan mental sekaligus badanmu untuk worst case scenario. Meski kamu berharap setengah mati kemalangan tidak akan terjadi, it does happen. Dan mungkin kamu enggak bisa mencegahnya. Jadi, jika kamu tiba di kota tujuan traveling-mu dan mendapati beberapa hal, atau bahkan segala hal, tidak seperti yang kamu bayangkan. Jangan berkecil hati dulu. Kamu harus siap jiwa dan raga untuk memperbaiki situasi. (Baca juga: Jangan Jadi Turis Norak! Ini Hal-Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan Saat Traveling)

 

2. Apa faktor yang membuat gagal?

liburan zonk gagal gbr
Shutterstock

Saat kamu merasa traveling kamu kali ini gatot, alias gagal total, coba evaluasi apa sih yang sebenarnya yang bikin kamu sengsara dan bete berat di traveling kali ini. Apakah penginapanmu tidak nyaman? Penduduk di tempat itu tidak ramah? Tempat destinasi turis tidak sesuai apa yang dibayangkan atau diharapkan? Nah, setelah kamu tahu apa yang sebenarnya membuat acara jalan-jalanmu zonk, baru kamu akan bisa mencari solusi yang sesuai, dan tentunya semoga bisa membuat traveling lebih baik.

 

3. Buatlah alternatif

liburan zonk alternatife image
Shutterstock

Jika menurutmu kamu sudah tidak tahan dengan situasi yang menimpamu, jangan segan-segan untuk membuat alternatif lain yang bisa membuatmu lebih menikmati liburanmu. Kalau penginapanmu kotor, berisik, atau tidak nyaman, jangan ragu untuk menegur pihak penginapan dan minta perbaikan. Biar bagaimanapun, kamu sudah membayar dan kamu berhak mendapat pelayanan sepadan. Jika pihak penginapan tetap tidak bisa membantumu, jangan sungkan untuk berganti tempat penginapan. Jangan biarkan tempat kamu tinggal membuat liburanmu berantakan. (Baca juga: Pengen Foto Traveling Kamu Terlihat Cantik? Ikuti 5 Tips Ini!)

 

Nah kalau kamu mendapati penduduk setempat atau budaya tempat tersebut secara keseluruhan tidak sesuai denganmu, mungkin kamu tidak punya banyak alternatif. Sangat mustahil jika kamu mencoba untuk mengubah budaya dan cara penduduk setempat memperlakukanmu. Kamulah yang seharusnya mencoba beradaptasi dan menerima budaya mereka, bukan sebaliknya. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah mencoba memaklumi dan mencoba menahan emosimu. Jika kamu tidak bisa tahan, pilihan untuk stay di hotelmu bisa menjadi pilihan yang mengasyikkan juga, kok.

 

Sering kali, foto yang beredar di internet akan keindahan atau kerennya suatu tempat tidak sesuai dengan aslinya. Yang bisa kamu lakukan adalah memastikan kalau kamu melakukan research yang menyeluruh agar kamu tidak kecewa. Pastikan apakah destinasi turis itu dibuka saat kamu datang, apakah ada renovasi yang sedang berlangsung, apakah ada acara yang berlangsung, dan kapan waktu tempat itu dibuka dan jam tutupnya. Ingat, traveling is all about research! Jadi, jika kamu datang ke tempat itu dan mendapati dirimu tidak puas, jangan sampai itu karena dirimu sendiri.

 

Terkadang hal-hal yang tidak terduga akan terjadi saat kamu traveling, pastikan saja kalau kamu sudah siap sedia akan segala hal, ya!

Related Articles