Lebih Kuat dan Terawat dengan Perawatan Kolagen Untuk Rambut, Tertarik?

Jul 12, 2018 by carmelw

Selama ini kita mengenal kolagen sebagai protein yang dapat ditemukan di tulang, kulit, dan otot, yang berfungsi untuk memperkuat dan mempertahankan keelastisitasan organ-organ tubuh tersebut. Secara alami, sebenarnya manusia dapat memproduksi sendiri kolagen dalam tubuhnya, termasuk juga yang terdapat pada rambut. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, kekuatan produksi kolagen akan melemah sehingga diperlukan produk tambahan untuk menghambat kerusakan yang terjadi akibat kekurangan kolagen.

Manfaat kolagen untuk rambut

Pada rambut, kerusakan yang terjadi seringkali disebabkan karena polusi dan berbagai paparan proses kimiawi dan panas dari peralatan rambut yang digunakan secara terus menerus. Karenanya, belakangan ini banyak salon-salon kecantikan yang menawarkan perawatan rambut dengan menggunakan produk berkolagen, karena diyakini memiliki berbagai manfaat berikut ini:

  • Kolagen dapat memperkuat rambut dan menghindarkannya dari kerusakan parah terutama rambut yang mudah patah.
  • Perawatan dengan menggunakan kolagen dapat mengurangi ujung rambut yang bercabang.
  • Perawatan rambut kolagen membuat rambut jauh lebih mudah diatur serta dapat mengurangi kerontokan pada rambut.
  • Perawatan rambut kolagen dipercaya mampu membantu melindungi rambut dari paparan panas, baik dari sinar matahari ataupun penggunaan hair styling.
  • Kolagen bermanfaat untuk menutrisi rambut dan kulit kepala serta dapat membantu mencegah timbulnya ketombe dan rambut kering.

Jadi, pada intinya perawatan rambut dengan menggunakan kolagen memiliki manfaat utama yaitu meremajakan rambut dan membuatnya kembali sehat seperti sedia kala. Lebih lanjut lagi, penggunaan kolagen sebagai produk perawatan rambahan rambut juga dapat dipakai untuk memperhalus rambut ikal dan keriting sehingga lebih mudah diatur.

Sayangnya, perawatan rambut dengan kolagen ini hanya memiliki efek sementara, untuk memaksimalkan kesehatan rambut dibutuhkan bantuan produk perawatan rambut lain yang dapat memperkuat rambut hingga lapisan yang terdalam.

Baca Juga: Manfaat Kolagen Yang Menakjubkan Untuk Tubuh

DIY perawatan kolagen untuk rambut

kolagen untuk rambut
Sumber: shutterstock.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan kolagen untuk rambut ini. Bahkan, ada sebuah klinik kecantikan yang membandrol harga yang fantastis hingga mencapai $200 untuk melakukan satu sesi perawatan rambut dengan kolagen.

So, daripada mengeluarkan biaya yang mahal,  yuk buat sendiri kolagen untuk perawatan rambutmu. Berikut caranya:

Bahan:

  • 2 sendok makan minyak kelapa
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 1 sendok makan peptida kolagen atau kolagen terhidrolisis

Cara:

  1. Campurkan ketiga bahan yang sudah disiapkan sebelumnya dalam sebuah mangkuk, aduk hingga rata.
  2. Untuk hasil terbaik, cucilah rambut hingga bersih dan keringkan terlebih dahulu.
  3. Aplikasikan campuran masker tersebut pada rambut dan kulit kepala dengan cara dipijat dengan lembut dari pangkal hingga ke ujung rambut.
  4. Diamkan selama 20 menit sampai meresap, lalu cuci rambut lagi hingga bersih.
  5. Lakukan secara rutin sekali dalam sebulan untuk memberi tampilan rambut kuat, cantik serta indah bercahaya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perawatan kolagen untuk rambut memiliki banyak manfaat untuk membantu rambut terlihat lebih baik dari sebelumnya. Namun, bagi orang yang memiliki alergi terhadap salah satu bahan tertentu dalam produk perawatan kolagen serta bagi mereka yang berkulit sensitif, wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kecantikan agar tidak terjadi efek samping yang timbul setelah perawatan.

Baca Juga: Makanan Mengandung Kolagen Ini Bikin Kulitmu Sehat Sampai Tua

Related Articles