Kuas Makeup Untuk Pemula, Apa Saja ?

by :

Sudah sejak dulu perempuan dan makeup tidak bisa dipisahkan. Meskipun pada dasarnya semua perempuan itu cantik, tetap saja makeup yang makin hari makin beraneka ragamnya terlalu menggoda untuk diabaikan. Toh, jika memakai makeup dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat kita merasa lebih cantik, kenapa tidak ?

Setiap kali memakai makeup, ada berapa banyak produk yang kamu gunakan ? Mulai dari primer, foundation, concealer, bedak tabur, bedak padat, blush on, bronzer, eyeshadow, eyeliner, brow pomade, hingga lipstik. Banyak juga ya ? Bagi yang sudah biasa dandan, pasti bukan masalah lagi bagaimana teknik mengaplikasikan produk, membaurkan perona mata, meratakan foundation, dan sebagainya. Lalu, bagaimana bagi pemula yang baru belajar make up ? Sudah mengumpulkan macam-macam produk make up tapi belum tahu harus mulai dari mana.

First thing first, untuk kamu yang pemula, selain melengkapi produk make up, kamu juga harus punya beberapa tools. Percayalah, semahal apapun produk make up yang kamu pakai tidak akan maksimal hasilnya tanpa aplikator yang tepat. Ibaratnya, produk make up bagus dan tools yang tepat adalah jodoh yang hebat. Ditambah great woman behind the tools, maka menjadi jodoh yang sempurna.

Nah, di bawah ini ada rekomendasi beberapa tools dan kuas makeup yang harus kamu punya untuk belajar dandan. Sampai kamu sudah level advance pun, kuas makeup di bawah ini akan selalu kamu gunakan.

Jenis Kuas Makeup Untuk Pemula

Sponge Blender

 

sponge blender pic
Sumber Gambar : Instagram Beautyblender

 

Bentuknya bisa macam-macam ; bundar pipih, kotak, wedge, seperti telur (biasanya disebut beauty blender), seperti buah pear, hingga menyerupai bentuk diamond. Pokoknya yang bahannya seperti spons, ada yang bisa mengembang ada juga yang tidak.

Seperti namanya, sponge blender berfungsi untuk membaurkan produk complexion. Membuat foundation menjadi seamless, concealer rata, bahkan bisa juga digunakan untuk mengaplikasikan setting powder. Pilih yang berkualitas dan bouncy supaya awet dan nyaman digunakan. Namun tetap ingat untuk rutin mencuci dan mengganti sponge setelah 3 bulan.

Powder Brush

kuas makeup - powder brush pic
Sumber Gambar : Instagram Reinedoll Brush

Tools kedua yang harus dipunya adalah powder brush, atau kuas bedak. Fungsinya jelas untuk mengaplikasikan bedak, baik bedak tabur atau bedak padat, supaya hasilnya ringan dan rata. Kenapa tidak pakai puff atau spons bawaan bedak ? Jawabannya : memakai puff akan menghasilkan coverage tinggi namun tebal dan agak cakey untuk special occassion, bukan untuk penggunaan sehari-hari. Sementara spons bawaan bedak, biasanya tidak nyaman digunakan dan bahannya kurang kompatibel sebagai aplikator bedak.

Angled Brush

Sumber Gambar : Elf Cosmetics

Kuas make up berikutnya yang direkomendasikan adalah angled brush, kadang disebut juga contour brush. Bentuknya seperti powder brush tapi lebih kecil dan permukaannya miring. Fungsinya untuk mengaplikasikan contour powder atau blush on. Pilih yang bristle-nya halus dan fluffy supaya hasilnya natural.

Eyeshadow Brush

eyeshadow brush img
Sumber Gambar : Real Techniques

Kalau mau bermain-main dengan eyeshadow, kuas ini penting. Memakai dual ended sponge aplicator seperti yang biasanya tersedia di dalam kemasan memang bisa, tapi tidak ergonomis dan tidak bisa dipakai berulang. Aplikator spons akan menyerap banyak pigmen sehingga setelah dipakai untuk satu warna eyeshadow tidak bisa digunakan untuk mengaplikasikan warna eyeshadow lain.

Pilih kuas eyeshadow yang bagus sebagai investasi. Untuk bisa mengangkat pigmen dengan baik, perlu eyeshadow brush yang bulunya pipih, bisa bulu hewan atau bulu sintetis, jangan lupa pilih yang ukurannya sesuai dengan ukuran eyelid kamu.

Blending Brush

Sumber Gambar : Kay Collection

Apalah gunanya eyeshadow berwarna warni tanpa blending brush. Sesuai dengan namanya, blending brush berfungsi untuk membaurkan warna eyeshadow. Baik itu membaurkan dua warna supaya tidak ada harsh line, atau membaurkan warna transisi di tepi luar eyeshadow. Pilih yang bentuknya meruncing supaya hasil bauran tidak berantakan.

Eyebrow Brush

eyebrow brush - kuas makeup dasar img
Sumber Gambar : Kay Collection

Yang terakhir ada kuas makeup jenis eyebrow brush. Bentuknya miring dengan bulu tipis pipih dan sifatnya dense. Bisa untuk mengaplikasikan eyebrow pomade atau eyebrow powder. Kalau terbiasa memakai produk alis berupa pensil, eyebrow brush dapat digunakan untuk mengaplikasikan concealer di sekitar frame alis supaya lebih rapi. Pilih yang tipis, kaku, dan bulunya sintetis.

Selain enam tools di atas, masih banyak aplikator-aplikator lain dalam urusan tata rias. Namun yang lain bisa dibeli bertahap setelah menguasai teknik-teknik make up yang basic. Dan perlu diingat juga, kunci dari riasan sempurna bukan terletak pada mahalnya perlengkapan make up, melainkan terletak pada siapa yang mengaplikasikan make up. Jadi, latihan itu penting.