Komposer Indonesia yang Terus Eksis di Dunia Musik

Jun 06, 2018 by Gabriella Sakareza

Dibalik banyaknya lagu hits Indonesia, sudah pasti dibaliknya juga ada komposer yang berhasil menciptakan musik yang begitu hebat. Setiap penyanyi pasti tidak lepas dari seorang produser demi bisa menghasilkan karya yang tak ternilai. Maka peran komposer sudah pasti tidak bisa dilupakan.

Siapa sajakah komposer handal Indonesia yang memang sudah ternama dan terjamin, dengan memiliki segudang lagu hits ciptaannya? Simak sampai akhir ya!

Komposer Indonesia yang Terus Eksis di Dunia Musik

1. Addie MS

komposer indonesia addie ms img
source: kapanlagi.com

Addie Muljadi Sumaatmadja adalah nama lengkapnya. Ayah dari Kevin Aprilio ini telah beberapa kali membawa nama Indonesia di kancah internasional. Lelaki yang selalu gemar membawakan genre klasik ini mendirikan Twilite Orchestra sampai sekarang masih eksis mengisi pagelaran di dalam maupun luar negeri.

Karyanya yang paling hits adalah remake dari lagu wajib Indonesia seperti Rayuan Pulau Kelapa, Tanah Airku, Bangun Pemudi Pemuda, Indonesia Pusaka, dan masih banyak lagi.

2. Erwin Gutawa

komposer indonesia erwin gutawa img
source: tempo.co

Mantan artis tahun 70 sampai 80an ini telah mengambil jalannya sebagai conductor di tanah air. Saat pertama kali ia bergabung dengan Karimata sebuah band fusion jazz. Di tahun 1993, Erwin mendirikan Erwin Gutawa Orchestra yang menggabungkan antara musik oechestra dan musik rock sehingga menuai sukses di dalam dan luar negeri.

Ia pernah menciptakan lagu hits seperti “Andaikan Kau Datang” dari Ruth Sahanaya, bahkan pernah menciptakan album persembahan untuk grup musikal legendaris Koes Plus.

3. Yovie Widianto

komposer indonesia yovie widianto img
source: kapanlagi.com

Yovie Widianto dikenal sebagai musisi dan komposer serba bisa yang kerap menciptakan lagu untuk banyak artis penyanyi. Awal terkenalnya adalah semenjak nama grup band Kahitna naik daun. Selain bersama Kahitna, nama Yovie juga terdapat dalam jajaran personil grup band bentukannya, Yovie and the Nuno.

Yovie telah sukses mengorbitkan banyak penyanyi lewat lagu-lagu ciptaannya, seperti “Kekasih Sejati” dari Monita Tahalea, dan sebagian besar lagu dari Kahitna dan Yovie & The Nuno seperti “Cinta Sendiri”, “Aku, Dirimu, Dirinya”, dan “Janji Suci”, “Menjaga Hati”, dan masih banyak lagi.

4. Melly Goeslaw

source: bisniswisata.co.id

Salah satu komposer wanita yang masih terus eksis hingga saat ini. Melly mengawali karier bermusik secara professional sejak tahun 1988 saat dia membuat album solo debutnya yang bertitel Pilihanku Deritaku. Album debutnya gagal, Melly datang lagi ke pentas musik tanah air bersama dengan grup band Potret yang dibentuknya bersama dengan Anto Hoed (yang akhirnya menjadi suami Melly) dan Ari Ayunir yang memegang posisi drummer.

Karya hitsnya sebagai komposer sudah tidak perlu ditanyakan. Berbagai lagu hits seperti “Menghitung Hari” dari Krisdayanti, “Ayat Ayat Cinta” dari Rossa, “Ada Apa Dengan Cinta” lagunya dengan Eric, hingga lagu “Jika” lagunya dengan Ari Lasso termasuk lagu yang tidak lekang oleh waktu.

Baca juga

4 Artis Indonesia yang Nggak Kalah Cantik dan Bertalenta Kayak Raisa

Related Articles