Keuntungan Kalau Kamu Senang Menyendiri

Apr 11, 2017 by Silvia Ayu

Menjadi penyendiri itu ternyata mengasyikkan, lho!

Dari sana, kamu akan mendapat banyak positive insight dan semakin menyayangi diri sendiri. Kamu juga jadi banyak menyadari bahwa hidup ini terlalu singkat untuk dirutuki dan terus menerus menerima keluhanmu. Bayangkan jika dalam sehari saja kamu tak pernah melakukan introspeksi diri, akan jadi apa kamu di kemudian hari? Menjadi penyendiri inilah yang mungkin bisa menjadi solusi agar kamu lebih menghargai kehidupan yang fana ini.

Sayangnya, pendapat orang mengenai si penyendiri ini masih banyak yang negatif. Mereka menganggap bahwa menyendiri itu banyak ruginya dan cenderung menutup diri dari lingkungan. Stigma misterius juga tak jarang menjadi sebutan yang selalu dielu-elukan kepada mereka yang bisa disebut sebagai introvert ini.

Apalagi di zaman modern ini, orang-orang dengan karakter penyendiri ini semakin banyak dijauhi karena dianggap aneh. Di lingkungan kerja atau kuliah pun seperti ada sekat tersendiri bagi mereka yang gemar menyendiri. Rasanya kurang adil memang, tapi inilah fakta yang ada.

Tapi, tahukah kamu kalau menjadi penyendiri itu banyak keuntungannya? Tak melulu soal bagaimana mereka menutup diri dari lingkungan, tapi juga kehebatan mereka dalam mengontrol emosi dan attitude-nya. Simak beberapa penjelasannya berikut ini…

Keuntungan Senang Menyendiri

Ide-ide cemerlang biasanya muncul dari mereka yang merenung dan menyendiri untuk beberapa waktu

Jika diperhatikan, orang-orang hebat dan yang menghasilkan mahakarya pasti memulai semuanya dari aktivitas menyendiri. Karena pada kenyataannya, mencari inspirasi itu tak semudah kelihatannya, dan butuh banyak ketenangan untuk menghasilkan sebuah karya hebat.

Mereka juga pasti memiliki tempat tersendiri untuk memikirkan sebuah ide yang nantinya menjadi karya ini. Ekslusif dan spesial, adalah dua hal yang sangat lekat dengan kepribadian mereka si penyendiri. Untuk itu, jangan dulu melabeli para penyendiri ini sebagai orang kaku dan tak bisa diajak kompromi, ya!

Jarang sekali mencampuri urusan orang lain karena dia sadar hidup bukan untuk hal-hal nirfaedah macam ini

Saat memiliki waktu senggang, orang yang gemar menyendiri lebih suka melakukan hal-hal yang berbeda dengan orang kebanyakan. Membaca, menulis atau membuat prakarya adalah aktivitas yang mereka biasa lakukan demi mendapat ketenangan tersendiri. Karena itulah, tak pernh ada sedikitpun waktu mereka untuk mengurusi urusan orang lain atau bergosip ria seperti kebanyakan orang.

Dalam menjalani hidup, si penyendiri ini sangat santai namun pasti

Karena sadar bahwa hidup ini cuma sekali, mereka si penyendiri ingin memanfaatkannya sebaik mungkin. Tanpa uring-uringan atau ‘berisik’, mereka sudah sangat paham bahwa hidup ini harus dijalani dengan santai namun pasti. Sama halnya ketika mencari pasangan atau menyusun masa depan, mereka juga menanamkan ‘santai tapi pasti’ ini di dalamnya.

Biarpun orang lain menganggap hidup terlalu selo itu kurang baik, berbeda dengan pendapat orang yang senang menyendiri. Bagi mereka, tak masalah menyikapi hidup dengan santai asal ada rencana dan pemikiran matang di sana. Tak perlulah menggembar-gemborkan segala sesuatunya kalau itu masih sebatas wacana, tapi NOL di dalamnya.

Hidup bersama seorang penyendiri itu terkesan membosankan, tapi juga akan banyak membawa kebahagiaan

Seperti yang dibahas pada poin pertama, banyak ide-ide serta pemikiran cemerlang dari seorang yang senang menyendiri. Di balik diamnya, mereka ini sebenarnya sangat brilian dan pandai menyusun rencana sebaik mungkin. Jangan khawatir pula hidupmu akan hambar karena jika pintar menyikapinya, si penyendiri ini bisa jadi teman ngobrol yang sangat menyenangkan.

Related Articles