Kenapa Korea Selatan Menjadi Destinasi Wisata Impian Banyak Orang ?

Mar 27, 2017 by Alifah Puarada

Siapa yang ingin jalan-jalan ke Korea ? Tentu saja yang dimaksud adalah Korea Selatan, negeri ginseng, negeri asal drama Goblin, Descendants of The Sun, dan sederet drama keren lain.

Negara Korea Selatan semakin ke sini semakin populer saja menjadi destinasi wisata impian banyak orang. Foto-foto liburan di negara asal Lee Min Ho itu menjadi daya tarik tersendiri. Rasanya bangga mengunggah foto berlatar Korea Selatan di media sosial.

Sebenarnya, apa sih yang membuat Korea Selatan begitu menarik hati para wisatawan manca negara ? Bagi warga negara tropis seperti Indonesia, Korea Selatan adalah salah satu negara terdekat untuk melihat dan memegang salju secara langsung. Bunga Sakura juga menjadi atraksi wisata yang sangat menarik. Akan tetapi selain salju dan bunga Sakura tentu ada banyak hal yang membuat Korea Selatan begitu istimewa.

Nah, di bawah ini sudah dirangkum beberapa hal yang menjadikan negara Korea Selatan destinasi wisata impian banyak orang, terutama orang Indonesia.

Mengapa Korea Selatan Menjadi Destinasi Wisata Impian?

K-Drama Effect

Tidak bisa dipungkiri, drama Korea adalah salah satu faktor yang membuat sektor pariwisata Korea Selatan melambung. Di setiap drama, pasti ada saja spot cantik yang menjadi setting sebuah adegan penting sehingga membuat penggemarnya ingin ke lokasi langsung.

Sebut saja Pulau Nami di Winter Sonata, Pulau Jeju di Playfull Kiss, Dongdaemun Market di Fashion King, jalanan serta halte-halte bus di jalanan Seoul pun kelihatan fotogenik di berbagai drama.

K-Beauty Wave

destinasi wisata untuk wanita fashion pic
Sumber Gambar : visitkorea.org.kr

Tentu saja Korea Selatan juga terkenal dengan wanita-wanita berparas cantik dengan kulit glowing tanpa noda. Tidak udah ditanya ada berapa tren kecantikan populer di dunia yang berasal dari Korea Selatan. Teknik Jamsu, 10-step skincare, 7 skin method, lip patch, baby punch, ombre lips, cushion, hingga alphabeth cream yang mendunia berasal dari negeri Jun Ji Hyun.

Korea Selatan juga terkenal sebagai pusat klinik operasi plastik. Hal itu disebabkan para wanita Korea gemar melakukan prosedur operasi kecantikan bahkan sejak usia belia. Bukan hal aneh melihat perempuan-perempuan berbalut perban jalan-jalan di Seoul.

Jangan lupakan juga berbagai brand kecantikan Korea Selatan yang dikenal di seluruh dunia. Sudah menjadi semacam keharusan kan, membeli sheet mask sebagai oleh-oleh khas Korea Selatan ?

K-Fashion

Dongdaemun market yang buka hingga tengah malam mengukuhkan Korea Selatan sebagai salah satu negara kiblat fashion dunia. Harga brang fashion yang terjangkau menjadi alasan kenapa pusat belanja fashion ini begitu digemari turis.

Meski tidak banyak brand fashion asal Korea yang menginvasi pasar global, gaya ke-Korea-korea-an sudah menjadi semacam pakem yang punya ciri khas. Cute, girly, dan ceria menjadi garis besar fashion Korea.

K-Pop Effect

K-Pop Effect Pic
Sumber Gambar : visitkorea.org.kr

Korea Selatan bisa dibilang sumbernya boy/girlband. Tidak terhitung berapa grup idol yang eksis di negeri ini. Dan grup idol Korea Selatan dikenal memiliki penggemar-penggemar fanatik yang gemar menonton idolanya dari konser satu ke konser lainnya. Tentu saja penggemar-penggemar ini bukan hanya warga lokal Korea sendiri, melainkan warga negara lain juga. Tidak heran banyak wisatawan asing berkunjung ke Korea demi menonton konser idola.

Kuliner Unik

Sumber Gambar : visitkorea.org.kr

Berkat K-drama juga kuliner-kuliner asal Korea semakin populer. Kimchi, tteobokki, bibimbap, samgyetang, merupakan sebagaian kuliner unik yang hanya ditemukan di Korea. Di mana lagi menemukan sup ayam yang dimasak bersama nasi ketan ? Atau sawi putih yang dilumuri pasta cabai lalu difermentasi ? Jadi, wisata kuliner dan menjelajah street food merupakan agenda wajib dalam pariwisata Korea Selatan.

Peninggalan Sejarah

sejarah korea pic
Sumber Gambar : visitkorea.org.kr

Industri hiburan Korea Selatan banyak memproduksi sageuk atau drama sejarah. Istana-istana kerajaan dan hanbok aneka rupa menjadi properti krusial yang menunjukkan peninggalan sejarah Korea. Entah bagaimana, berfoto di istana sembari mengenakan hanbok merupakan atraksi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

All The Cuteness

Banyak orang yang setuju jika Korea Selatan disebut sebagai republic of cuteness. Segala hal di Korea Selatan bisa dibuat se-cute mungkin. Entah kosmetik, stationary, hingga alat makan pun tampilannya lucu. Itu juga salah satu sebab banyak orang memimpikan travelling di Korea Selatan.

Apapun alasannya, Korea Selatan memang salah satu negara yang menawarkan wisata paket lengkap. Meskipun berbeda dalam banyak hal dengan Indonesia, kita dapat mengadaptasi cara Korea Selatan memajukan sektor wisata negaranya. Karena Indonesia pun memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik.

Related Articles