Kembali Beraktivitas Setelah Liburan? Lakukan Ini Biar Semangat Lagi!

by :

Setelah pergi liburan atau libur panjang biasanya bikin kita malas untuk kembali beraktivitas. Enggak jarang, kita merasa lupa kebiasaan apa yang harus dilakukan begitu masuk lagi ke kantor. Meskipun seharusnya kita merasa berenergi karena baru saja pulang dari libur panjang, sering kali nafsu dan semangat kita malah tertinggal di rumah atau di tempat kita liburan, bukan? Meski begitu, transisi dari liburan dan kembali beraktivitas tidak harus sulit. Ini hal-hal yang sebaiknya kamu lakukan agar kamu bisa kembali beraktivitas seperti biasa tanpa hambatan!

 

1. Jangan kerja berlebihan

Saat kamu kembali ke kantor, mungkin pekerjaanmu sudah menumpuk dan daftar to-do-list kamu sudah sangat panjang. Perlu kamu ingat, jangan kerja berlebihan di hari pertama kamu kembali. Seperti anak sekolah yang baru saja kembali dari libur panjang, mereka tidak langsung diberi ujian atau tes, bukan? Begitu juga dengan kamu. Biarkan tubuh dan otakmu kembali terbiasa dengan aktivitas. Kamu tidak perlu mengerjakan semua hal dalam satu hari dan menyusun jadwal meeting berturut-turut. Biarkan dirimu kembali terbiasa secara natural.

 

2. Catch up

Shutterstock

Setelah tidak masuk kantor selama beberapa hari, tentunya ada beberapa hal yang terlewatkan olehmu, baik itu kabar tentang project baru, atau hal lainnya. Jadi, sebelum kamu kembali bekerja, alangkah baiknya kamu mencoba untuk catch up dengan rekan kerja atau atasanmu. Dengan begini, otakmu jadi kembali fresh dan dirimu menjadi up to date dengan keadaan kantor yang sekarang. Jangan lupa untuk memeriksa inbox email-mu untuk memastikan kamu tidak membiarkan email penting tidak terbalas.

 

3. Kembali bersosialisasi

Tidak ada salahnya untuk kangen-kangenan dengan teman dan atasanmu begitu kamu bertemu mereka kembali. Kalian bisa saling menceritakan tentang pengalaman libur panjang kalian masing-masing. Tidak hanya dengan teman-teman sekantor, kamu juga sebaiknya memberi kabar pada klien-klien kamu bahwa kamu sudah kembali dan siap untuk beraktivitas seperti semula.

 

4. Jaga kesehatan

kembali beraktivitas tetap semangat img
Shutterstock

Kesibukan yang menyambutmu saat kembali beraktivitas akan sangat mudah membuat tubuhmu kaget. Setelah “istirahat” selama liburan, tidak jarang tubuh menjadi dalam mode yang lebih lamban. Karena itu, jagalah pace saat kembali bekerja dan jangan lupa untuk menjaga kesehatanmu. Jangan sampai karena kamu terlalu sibuk mengejar deadline, kamu jadi lupa makan siang dan bekerja nonstop. Ingat, kamu tidak perlu menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu hari. (Baca juga: Orang Sibuk Vs. Orang Produktif, Yang Manakah Dirimu?)

 

5. Terus fokus

Pastinya banyak hal-hal yang akan membuatmu terdistraksi begitu kembali ke kantor. Baik itu rekan-rekan yang saling ingin bertukar cerita tentang liburan, atau bertukar oleh-oleh. Namun, jangan sia-siakan waktumu untuk mengobrol dengan teman. Cobalah fokus dengan pekerjaanmu. Dengan begitu, mood bekerjamu juga akan segera kembali.

 

6. Rencanakan liburan selanjutnya

kembali beraktivitas setelah liburan img
Shutterstock

Daripada merasa down karena kamu harus kembali bekerja, pikirkanlah tentang liburanmu selanjutnya. Rencanakan liburan dan bucket list selanjutnya. Gunakan rencana itu sebagai motivasimu untuk semangat bekerja. Jika kamu semangat bekerja, kamu bisa segera liburan kembali, bukan?