Kelezatan Kuliner Indonesia yang Memanjakan Lidah

Aug 16, 2017 by Karina Mustika

Dalam pelajaran sejarah yang pernah kamu temui semasa Sekolah Dasar, pasti teringat jelas alasan bangsa asing menjajah Negara Indonesia. Tepat sekali, alasannya adalah karena kekayaan rempah-rempah Indonesia yang sangat tersohor sampai ke tanah Eropa. Keanekaragaman rempah-rempah itulah yang membuat Indonesia juga menjadi surga kuliner.

Kamu pasti juga sudah mendengar bahwa kuliner Indonesia berhasil masuk ke dalam daftar makanan terlezat di dunia. Miignon yakin kamu pasti setuju dengan hal tersebut. Beruntung sekali kita menjadi orang Indonesia yang memiliki banyak keragaman hingga kulinernya. Makanan apa saja sih girls yang jadi favorit kamu? Cek daftar beberapa makanan populer berikut dan pastikan kamu telah mencoba semuanya ya!

Kelezatan Kuliner Indonesia

Rendang

Kuliner Indonesia - rendang img
Sumber: indonesia-recipe.com

 Daging yang berwarna coklat tua ini pasti hampir selalu ada di setiap warung yang menjual masakan Padang. Rendang sendiri berasal dari Minangkabau dan memiliki rasa yang sangat khas. Proses pembuatan Rendang memakan waktu yang lumayan lama, yaitu sekitar 4 jam karena harus direbus dengan santan secara berulang-ulang. Rempah-rempah yang ada untuk pembuatan Rendang meliputi serai, lengkuas, jahe, cabai, dan banyak lainnnya.

Satai

Kuliner
Sumber: indonesianstreetfood.files.wordpress.com

Satai atau yang lebih akrab disebut dengan Sate juga merupakan kuliner asal pulau Jawa yang masuk ke dalam daftar makanan terlezat di dunia. Ada banyak jenis sate yang ada di Indonesia, namun yang paling populer adalah Sate dengan bahan daging ayam dan kambing. Daging yang telah di potong kecil-kecil kemudian di tusuk di batang lidi kemudian dibakar diatas bara arang. Setelah proses membakar kemudian diberi bumbu campuran kacang dan kecap dengan potongan bawang merah. Sate biasa disajikan dengan menggunakan lontong.

Coto Makassar 

coto makassar img
Sumber: diahdidi.com

Dari namanya pasti kamu sudah tahu kalo kuliner Indonesia satu ini memang berasal dari Makassar. Coto Makassar termasuk ke dalam golongan makanan berkuah kaldu. Kelezatan makanan satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi tentunya. Dengan bumbu rempah meliputi lengkuas, kemiri, ketumbar, jahe, dan lainnya membuat Coto digemari oleh banyak orang. Coto disajikan dengan pendamping berupa ketupat ataupun burasa.

 Ketoprak

Kuliner
Sumber: orenjieculinary.com

Ketoprak merupakan makanan yang sering dijual oleh pedagang dengan gerobak di kaki lima maupun pedagang keliling. Asal dari makanan ini masih menjadi perdebatan, sebagian mengatakan Ketoprak adalah makanan asli betawi namun sebagian berpendapat bahwa Ketoprak berasal dari Cirebon. Bahan utama makanan ini adalah tahu, bihun, ketupat, dan tentu saja taoge. Sebagai pelengkap untuk taburan adalah kerupuk serta bawang goreng.

Rawon

rawon - kuliner khas indonesia pic
kulinersehat.com

Ini dia makanan unik lainnya yang berasal dari Indonesia. Rawon merupakan makanan dengan daging sapi dan kuah berwarna hitam yang berasal dari kluwek. Makanan ini berasal dari Jawa Timur dan salah satu Rawon yang paling terkenal ada di Kota Surabaya. Selain kluwek rempah-rempah lain yang ada di dalam pembuatan Rawon adalah lengkuas, serai, kunir, dan cabai. Tidak heran cita rasa Rawon begitu khas dan terkenal di penjuru dunia dengan sebutan Black Soup.

Rujak Cingur

Kuliner
Sumber: junantoherdiawan.com

Rujak Cingur juga merupakan makanan yang berasal dari Jawa Timur. Cingur sendiri adalah bahasa jawa untuk mulut atau moncong sapi yang telah direbus lalu dipotong-potong dan dicampurkan dengan bahan isian yang lain. Bumbu untuk Rujak Cingur adalah petis udang, kacang tanah, bawang goreng, pisang hijau muda, serta gula dan garam. Isi dari Rujak Cingur adalah sayuran seperti kangkung, taoge, kacang panjang, buah segar seperti, mangga muda, bengkuang, dan nanas. Selain itu terdapat juga tahu serta tempe goreng dan lontong.

Bubur Manado

Kuliner
Sumber: en.wikipedia.org

Bagi sebagian besar orang bubur ayam adalah bubur yang paling sering ditemui. Namun bubur yang satu ini juga patut dicoba lho girls. Bubur khas dari Sulawesi Utara ini dicampur dengan berbagai macam sayuran seperti kangkung, bayam, daun gedi, labu kuning, jagung, dan kemangi. Di tempat asalnya Bubur Manado disebut dengan Tinutuan. Sebagai pelengkap bubur ini disajikan dengan potongan ikan asin.

 

Related Articles