Kate Spade, Designer Berbakat Dengan Karya Super Catchy

Jun 08, 2018 by Karina Mustika

Semua orang terkejut karena kabar meninggalnya seorang Kate Spade, designer yang terkenal dengan rancangan tasnya. Karena karya-karya dari Kate sudah tercipta sejak tahun 2007. Maka dalam kurun waktu tersebut hampir semua ide jeniusnya di hargai dengan sangat baik oleh banyak orang terutama pecinta fashion. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa gerai resminya di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Banyak kisah hidup dari Kate Spade yang tidak banyak diketahui orang. Terutama tentang perjalanan karirnya hingga berada di puncak seperti sekarang. Terutama buat kamu penggemar rancangannya, wajib tahu seperti apa sih orang di balik ide-ide menarik ini semua.

Fakta-fakta tentang seorang Kate Spade selama hidupnya

kate spade fashion img
Image: time.com

Tidak pernah melupakan masa lalu dan kampung halamannya

Lahir dengan nama asli Katherine Noel Broshanan, Kate sebenarnya tidak pernah bermimpi untuk menjadi perancang kelas dunia. Menjadi seorang dibalik kesuksesan handbag-nya tidak membuat Kate melupakan masa lalunya sebagai gadis dari Kansas, Missouri. Bahkan Kate juga mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui tentang brand fashion sama sekali ketika dia kecil.

Saat berada dipuncak karirnya di usia 30an, Kate masih tidak kehilangan kontak dengan kampung halamannya. Dilaporkan dirinya masih sering terlihat dalam perjalanan ke kota tersebut. Dan dikenal sangat baik meskipun pada orang-orang yang tidak mengenalnya sebagai seorang designer.

Memulai karir sebagai seorang asisten

Setelah lulus kuliah Kate bergabung dengan Conde Nast, salah satu media massa terbesar di dunia. Conde Nast merupakan penerbit  Vogue, Vanity Fair, Allure  dan masih banyak lainnya. Meskipun pada awalnya mereka tidak berniat mempekerjakannya karena Kate tidak bisa mengetik. Beruntung saat itu pegawai yang di butuhkan Conde Nast adalah sebuah asisten, sehingga tidak dibutuhkan keahlian mengetik. Dan bisa dibilang itu bukan pekerjaan yang mudah, dari mulai mengikatkan tali sepatu para model hingga membelikan snack untuk para stylist.

kate spade style img
Image: studybreaks.com

Dunia fashion-lah yang telah menyatukan Spade dan suaminya

Meskipun Kate tidak pernah menyangka dirinya akan menjadi seorang fashionista seperti saat ini, namun disinilah dia dipertemukan dengan suami sekaligus mitra bisnis pertamanya. Berawal dari bekerja di tempat yang sama  saat masih kuliah, yaitu di sebuah departement store, Kate di bagian pakaian wanita dan Andy di bagian pakaian pria.

Ide yang berawal dari sebuah restoran Meksiko

Saat telah menjadi senior fashion editor pada majalah Mademoiselle, hari-hari Kate benar-benar membosankan. Dia menginginkan sesuatu yang berbeda namun belum menemukan ide sama sekali. Hingga pada saat dia dan Andy makan disebuah restoran Meksiko, Andy memberi ide untuk membuat handbag. Meskipun pada awalnya Kate ragu dengan ide tersebut, ternyata benar dari sebuah handbag dia dapat meraih kesuksesan yang luar biasa.

kate spade designer img
Image: shutterstock.com

Karir yang diraih dengan perjuangan keras

Apa yang terlihat saat ini pada gerai-gerai besar dari Kate Spade tentu gak diraih hanya dalam waktu semalam girls. Setelah membutuhkan waktu setahun hanya untuk membuat sketsa desain handbag, lalu mencari sumber bahan-bahan dilakukan Kate dan Andy dengan mencari di Yellow Pages. Langkah berikutnya adalah membawa kreasi mereka ke pameran.

Harus bersaing dengan merek yang lebih terkenal membuat mereka mendapat tempat yang paling buruk di pameran tersebut. Meskipun awalnya Kate sudah ingin menyerah, terutama karena sudah cukup banyak uang yang dikeluarkan untuk usaha ini. Tapi untungnya Andy terus memberikan dorongan hingga akhirnya mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibanding merek yang lebih terkenal disana.

Kepergiannya yang terlalu cepat dan tidak terduga

Tanggal 5 Juni 2018 semua orang dikejutkan dengan berita meninggalnya Kate Spade. Usia yang masih 55 tahun dan dikenal tidak menderita penyakit apapun semakin membuat pertanyaan banyak orang. Namun tidak lama setelah itu pihak kepolisian New York memberi pernyataan bahwa Kate bunuh diri di apartemennya dan meninggal di tempat. Tidak ditemukan informasi apapun kecuali sebuah pesan yang ditujukan untuk anak dan Andy, suaminya sejak 20 tahun terakhir.

Sang suami serta adik kandung dari Kate memberitahukan kepada publik bahwa selama lima tahun belakangan Kate telah berjuang untuk sembuh dari penyakit mentalnya. Kate telah menjalani terapi rutin untuk masalahnya tersebut. Dan banyak orang menduga bahwa dirinya mengalami gangguan mental bipolar serta depresi.

 

Baca juga: 

Converse dan Miley Cyrus Suguhkan Kolaborasi Trendi Bertabur Glitter!

Brand Super Mahal Yang Gak Sebanding Dengan Kualitasnya

Related Articles