Karena Pemilik Rambut Keriting Itu Cantik, Yuk Rawat Keunikannya

Feb 28, 2017 by carmelw

Manusia diciptakan dengan keistimewaannya dan karakternya masing-masing. Mulai dari warna kulit, mata, hingga jenis rambut. Menyoal jenis rambut, ada orang yang dilahirkan dengan rambut lurus, berombak dan keriting.

Tahun 2000-an, saat demam film seri Asia mulai merambah Indonesia, banyak cewek yang ingin memiliki rambut lurus dan halus seperti gadis-gadis Korea, Jepang dan Taiwan dalam film. Akhirnya tren rebonding dan smoothing pun merebak luas. Mereka yang punya rambut keriting, jadi merasa tidak percaya diri karena terlihat ‘berbeda’. Padahal, rambut keriting juga gak kalah kerennya dengan rambut lurus lho.

Rambut keriting, jika dirawat dengan baik, bisa membuat penampilan pemiliknya jadi lebih eksotis dan berkarakter kuat. Bahkan Halle Berry pun memilih menata rambutnya dengan gaya keriting afro yang di-highlight pada gelaran Academy Award ke-89. Nah, buat pemilik rambut keriting, yuk rawat rambut unikmu dengan 7 langkah mudah ini.

Tips Merawat Rambut Keriting Dari Miignon

  1. Gunakan sedikit shampoo

… atau tidak sama sekali. Kandungan sulfat di dalam shampoo buatan pabrik, termasuk juga garam dan detergen, memang efektif membersihkan minyak dan residu pada kulit kepala. Tetapi bahan-bahan ini cukup keras menyiksa rambut keritingmu. Tanpa kondisioner yang cukup melembabkan, shampoo akan mengangkat kutikula rambut yang membuat rambut keriting jadi kering kerontang.

2. Jangan melewatkan kondisioner

Semakin keriting rambut, semakin ‘lama’ minyak alami dari kulit kepala berpindah hingga ke ujung rambut, sehingga membuat setengah bagian rambutmu terlihat kering dan kasar. Jangan melewatkan kondisioner untuk melapisi batang rambut, dari tengah hingga ke ujungnya.

3. Tata rambut saat masih basah

Kepal rambutmu selama 1 menit saja. Cara ini bisa mencegah rambut kusut dan kaku. Gunakan jari untuk meraup produk tata rambut seperti styling gel, tata dari bagian akar hingga ke ujung lalu remas ke atas menuju ke kulit kepala. Dengan cara ini, rambutmu tidak akan terasa lengket akibat produk yang terperangkap di sela-sela rambut keritingmu.

4. Hindari kandungan alkohol pada produk penataan rambut

Produk-produk penataan rambut biasanya mengandung alkohol dalam jumlah banyak. Tentunya sifat alkohol yang membuat kering ini akan menjadikan rambutmu kering. Kurangi pemakaian hair spray yang paling banyak mengandung alkohol, kemudian gel dan moussse. Pilih produk penataan rambut dengan kandung water-soluble gel.

5. Hindari mengeringkan rambut dengan menggosoknya

Semakin sering gesekan terjadi pada rambutmu akan membuatnya menjadi kering. Ini dikarenakan kutikula rambut yang rusak, menghasilkan rambut yang bercabang dan kasar. Kuncinya adalah dengan mengurangi friksi. Jangan menggosok rambut yang masih basah dengan handuk. Gunakan microfiber cloth. Hindari pula gesekan dengan scarf, sweater atau sarung bantal. Pilih bahan-bahan satin agar rambutmu tidak tersiksa.

6. Gunakan diffuser saat mem-blow dry rambut

Corong hair dryer biasa bisa mengganggu pola keriting dan cenderung memfokuskan panas pada satu titik saja dalam waktu lama. Diffuser mampu mengeringkan rambut ikal secara merata. Setelah mengaplikasikan produk pelindung panas, tundukkan kepala dan mulailah mengeringkan rambut dari akar hingga tengah rambut. Sebaiknya keringkan rambut sebentar saja jika menggunakan hair dryer dan biarkan rambut kering alami supaya tidak merusak keindahan alami rambutmu.

7. Potong rambut saat kering

Rambut keriting dalam kondisi kering dan rambut keriting dalam kondisi basah adalah dua hal yang sangat jauh berbeda jika bicara soal memotongnya. Rambut keriting kering akan menunjukkan pola-pola terbaiknya sehingga penata rambutmu tidak akan kesulitan melihat bagian mana yang seharusnya dipangkas. Sebaliknya, rambut keriting basah terlihat “menipu”, karena saat basah rambutmu akan terlihat menggantung lebih lurus sedikit ketimbang saat kering.

Related Articles