Kamu Suka Makan Mie Instant? Hati-Hati Dengan Efek Buruknya

Oct 06, 2017 by Alifah Puarada

Siapa sih yang nggak suka makan mie instant? Murah, bisa ditemukan dimana saja, cepat saji, dan enak banget. Ya, kita ngerti banget apalagi buat kamu yang masih punya panggilan “anak kos” tentunya mie instant ini penyelamat banget.

Meskipun kita tau kalau mie instant tidak baik untuk kesehatan kita, tapi apakah kamu tau seberapa bahayanya terhadap kesehatan kita?

Bahaya Mie Instant

Penelitian telah memastikan betapa berbahayanya makanan yang benar-benar dikemas ini. Sebuah studi di Journal of Nutrition menghubungkan konsumsi mie instan dengan risiko jantung, terutama pada wanita. Para peneliti melakukan penelitian di Korea Selatan, dimana konsumsi mie instan paling tinggi di dunia, dengan lebih dari 10.700 peserta berusia antara 19 sampai 64 tahun. Hasilnya? “Wanita yang mengonsumsi mie instan sering ditemukan memiliki sindrom metabolik – kelompok faktor risiko, termasuk obesitas dan tekanan darah tinggi, kolesterol, dan gula darah, yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.”

Efek berbahaya sebagian besar ditemukan pada wanita dan bukan pria. Sebagian dari penelitian tersebut berbunyi, “Wanita – meskipun bukan pria – yang makan mie instan setidaknya dua kali seminggu menunjukkan risiko sindrom metabolik 68 persen lebih tinggi,” yang merupakan sindrom yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Mie Instant Memiliki Kandungan Sodium Tinggi

Kandungan sodium tinggi dalam produk mie instan sudah jelas, namun penyebab utamanya adalah mie itu sendiri. Dalam studi lain oleh Dr. Braden Kuo, direktur laboratorium motilitas gastrointestinal di Massachusetts General Hospital di Harvard University, dokter tersebut menemukan hasil yang tidak memuaskan setelah menguji pencernaan mie. Dia menggunakan kamera kecil untuk mempelajari rincian mie ramen instan di perut. Dia menemukan betapa sulitnya tubuh kita mencerna mie yang mengandung pengawet.

Pengawet yang disebut TBHQ ini banyak ditemukan pada makanan olahan termasuk Snacks dan Chicken Nuggets, memperpanjang masa simpan makanan berlemak dan membuatnya lebih sulit dicerna.

kandugan sodium mie instant tinggi imgLalu Bagaimana Cara Untuk Mengkonsumsi Secara Tepat Khusus Buat Kalian Penggemar Mie Instant?

Jika kamu benar-benar menyukai mie instan dan ini sangat membuat hidupmu lebih simple, jangan khawatir. Dr. Frank B. Hu, seorang profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard, mengatakan kepada The New York Times, “Sekali atau dua kali sebulan tidak menjadi masalah, tapi beberapa kali dalam seminggu sangat berbahaya.”

Intinya, kamu bisa mengkonsumsi mie instant, tapi ingat jangan terlalu sering. Masih banyak kok makanan sehat yang siap saji dan menopang kesehatan tubuh kita.

Related Articles