Kamu Bukan Morning Person? Begini Caranya Supaya Semangat di Pagi Hari!

Apr 10, 2017 by Kanya Anindita

Semua orang pasti berharap agar mereka bisa seperti karakter-karakter di dalam film musikal yang selalu semangat ketika bangun di pagi hari. Menyambut pagi dengan senyuman disertai nyanyian dan tarian yang pastinya langsung bisa bikin mood jadi positif. Tapi, masalahnya semua itu nggak asli dan kenyataannya justru berbanding terbalik. Nggak semua orang termasuk morning person. Tetapi, menjadi morning person ternyata bukan hal yang mustahil.

bukan morning person img
Sumber: Tenor

Kuncinya adalah tekad yang kuat untuk berubah. Mood yang jelek di pagi hari hanya bakal bikin kamu jadi nggak semangat dalam menjalani hari. Percaya deh, kamu bakal rugi bila kamu merasa nggak semangat setiap hari. Oleh karena itu, kamu perlu niat yang kuat untuk mengubahnya. Menjadi morning person ternyata nggak sulit kok, kamu hanya perlu niat dan melakukan beberapa hal berikut ini secara terus menerus.

Tips Semangat di Pagi Hari

1. Tidur yang nyenyak di malam hari

Duh? Tentu saja waktu tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik bakal mempengaruhi mood kamu di pagi hari. Coba deh usahakan untuk tidur nyanyak setiap malam supaya kamu nggak males bangun keesokan harinya. Biasanya sih, kita malas bangun karena merasa bahwa tidur kita masih kurang. Atur waktu tidurmu pada jam yang sama setiap malam. Jauhkan gadget dan televisi atau apa pun yang mendistraksi kamu. Buat ruanganmu senyaman mungkin dengan suhu kamar yang sejuk. Biarkan pikiran dan tubuhmu rileks agar kamu lebih mudah tertidur pulas.

2. Bangun pada waktu yang sama setiap pagi

Pasang alarm di waktu yang sama setiap pagi agar tubuhmu terbiasa untuk bangun sesuai jadwal. Jika kamu sudah bangun beberapa menit sebelum alarmmu menyala, sebaiknya jangan menunda lagi untuk bangun, karena itu merupakan internal clock yang artinya tubuhmu sudah secara biologis ingin segera bangun.

3. Kompromi dengan diri sendiri untuk nggak menunda bangun tidur

Jika kamu masih merasa lemas dan malas untuk bangun, coba ajak ngobrol diri kamu sendiri. Tanyakan pada diri sendiri mengapa kamu harus segera bangun di hari itu. Bila kamu sudah tahu alasan-alasannya, kamu akan lebih mudah untuk berpikir rasional dan termotivasi untuk bangun.

4. Isi sarapan dengan makanan yang mengandung protein

Jangan hanya mengandalkan kopi saja demi bisa semangat di pagi hari. Itu saja nggak cukup. Kamu perlu makanan yang sehat dan bergizi di pagi hari. Ingat, bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam satu hari. Isi sarapanmu dengan makanan-makanan yang kaya akan protein seperti telur, susu, bubur gandum, granola, biji chia, dan lain-lain.

5. Beri waktu untuk sedikit berolahraga di pagi hari

Mau nggak mau, kamu harus memaksa tubuhmu untuk bergerak di pagi hari. Biar makin semangat, coba sempatkan untuk berolahraga selama beberapa menit setiap pagi. Jika kamu nggak punya waktu untuk berolahraga, sempatkan diri untuk pergi keluar sebentar atau membuka jendela. Hirup udara di pagi hari sambil melakukan gerakan-gerakan peregangan yang bisa bikin tubuh jadi lebih semangat, tetapi tetap rileks.

6. Buatlah diri kamu terlihat menarik

Jangan langsung bete saat melihat dirimu di kaca saat baru bangun tidur. Wajar saja kalau kamu terlihat berantakan (semua orang juga begitu kok). Nah, yang harus kamu lakukan adalah mengubah penampilanmu. Mandi dengan air dingin agar tubuh kamu benar-benar bangun dan suasana hatimu jadi meningkat. Setelah itu, rias wajahmu dan pilih pakaian yang kamu sukai hingga percaya dirimu makin terkumpul. Jangan lupa untuk senyum pada diri sendiri ya!

7. Ingat hal-hal baik yang akan kamu lakukan pada hari itu

Mungkin kamu merasa stres dengan pekerjaanmu atau aktivitas lain yang membuatmu kelelahan di hari itu sehingga kamu jadi nggak semangat untuk menjalaninya. Akan tetapi, bukan berarti nggak akan ada hal-hal bagus lainnya yang bisa kamu temui di hari itu, bukan? Coba ingat lagi hal-hal baik yang bisa kamu lihat atau kamu lakukan di hari itu. Misalnya, kamu akan pergi menonton film bersama teman setelah pulang kuliah atau kamu bakal bertemu gebetan di tempat kerja. Dijamin kamu bakal sedikit termotivasi deh!

Related Articles