Kamu Berjerawat Tapi Pengen Pakai Make-Up? Nggak Apa-Apa, Asal…

Apr 09, 2018 by Silvia Ayu

Kata siapa sih wajah yang berjerawat harus absen make-up sama sekali? Karena faktanya, kamu yang punya kulit sensitif nan rentan berjerawat masih bisa kok tampil lebih cantik dengan polesan make-up, meski ada beberapa syarat.

Jangan khawatir pula, karena di sini Miignon akan membahas soal syarat-syarat apa saja yang bisa kamu penuhi demi make-up sempurna meski wajahmu berjerawat. Mau tahu apa saja? Simak sampai habis, ya!

Sebelum pakai make-up, pastikan wajahmu bersih dan mengaplikasikan obat jerawat (bagi yang berjerawat parah dan nggak sedang hamil)

http://www.thehealthsite.com/beauty/can-i-treat-my-acne-with-over-the-counter-medication-beauty-query-of-the-day/

Terlebih dahulu memastikan wajahmu bersih sebelum berdandan akan melindungi kulitmu yang sensitif dari kerusakan tambahan. Plus, jika kamu mengaplikasikan obat jerawat sebelum ditempa make-up, jerawatmu akan tetap seperti semula tanpa bertambah besar atau radang setelahnya.

Pilih make-up yang komposisinya “ramah” dan cocok untuk kulitmu

berjerawat meradang img
https://oneessentialcommunity.com/diy-face-serum-with-essential-oil-skin-type/

Make-up dengan terlalu banyak bahan kimia seperti Paraben dan Alkohol sangat nggak dianjurkan untuk digunakan pada kulit wajah, terlebih buatmu yang rentan berjerawat. Kedua bahan ini hanya akan memperparah jerawatmu dalam jangka waktu yang nggak sebentar.

Untuk itu, kamu perlu memilih produk make-up yang sedikit mengandung bahan kimia seperti yang disebutkan di atas. Bila perlu, gunakanlah rangkaian acne series dari brand tertentu yang memang dikhususkan bagi yang memiliki jerawat. Yes, kandungan salicylic acid akan berperan baik pada kulit berjerawatmu! (Namun bahan-bahan pada acne series ini nggak dianjurkan but ibu hamil kecuali sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu)

Perhatikan kebersihan alat make-up-mu!

berjerawat sensitif makeup img
http://thechrisellefactor.com/2016/08/how-to-clean-your-makeup-brushes-properly/

Kurang higienisnya peralatan make-up akan mendatangkan banyak masalah, salah satunya memperparah jerawat. Timbunan bahan kimia kosmetik pada kuas, beauty blender sampai spons bedak pun bisa memicu peradangan dan iritasi pada wajahmu.

Solusinya, bersihkanlah peralatan make-up seminggu sekali jika kamu rutin mengenakan make-up. Sebaliknya, cukup bersihkan dua minggu sekali kalau kamu jarang pakai make-up untuk sehari-hari.

Daripada foundation, pilihlah BB Cream dan bedak tabur di banding bedak padat!

berjerawat sensitif img
https://www.youtube.com/watch?v=M7TKPnTlGLU

Foundation jelas memiliki formula yang jauh lebih pekat dan kental di banding BB Cream. Revolusi make-up ini memang memiliki fungsi yang hampir sama, namun diperuntukan bagi jenis kulit yang berbeda. Jika kulitmu normal dan nggak sensitif, memakai foundation tetap diperbolehkan karena jarang menyebabkan penyumbatan pori.

Namun, ada hal khusus buatmu yang punya kulit berjerawat, BB Cream lebih dianjurkan karena formulanya ringan serta nggak sepadat foundation. Begitu pula dengan bedak tabur yang notabene jauh lebih cocok digunakan untuk kulit rentan berjerawat.

Related Articles