Kalau Sudah Menikah, Begini Merencanakan Kehamilan yang Tepat!

Mar 13, 2018 by Silvia Ayu

Pasangan yang sudah menikah biasanya punya visi dan misi yang lebih jelas. Jika sebelumnya obrokanmu dan dia hanya sebatas “kita mau makan di mana” kini sudah banyak berubah. Tentu saja, perubahan ini terjadi atas keputusan kalian berdua, supaya nggak menyakitkan ujung-ujungnya.

Termasuk ketika kamu dan dia merencanakan kehamilan setelah menikah, ini merupakan hal lumrah. Karena faktanya, hampir semua pasangan menginginkan kehadiran buah hati di tahun-tahun pertama pernikahannya. Tapi sayang, nyatanya banyak yang belum tahu lho bagaimana merencanakan kehamilan atau yang biasa disebut dengan promil (progran kehamilan) dengan tepat. Untuk itu, Miignon akan membahasnya secara sederhana dan mudah dipraktikkan khusus untukmu!

Hal-hal yang harus di perhatikan dalam merencanakan kehamilan

Konsultasikan ke dokter tentang kesiapanmu dan pasangan sebelum benar-benar terjadi kehamilan

https://www.pexels.com/photo/person-love-woman-cute-41167/

Berbeda dengan masa pacaran yang apa-apa kurang butuh pertimbangan, merecanakan kehamilan memerlukan perhatianmu lebih banyak lagi. Langkah pertama yang bisa dilakukab adalah dengan berkonsultasi dengan dokter atau bidan mengenai kesiapanmu dan pasangan.

Kesiapan di sini meliputi:
1. Kesiapan mental (siap atau tidaknya dalam hal pengelolaan emosimu dan pasangan, jangan sampai kehamilan jadi korban)
2. Kesiapan jasmani (meliputi cek kesehatan reproduksimu dan pasangan. Tanyakan pada ahlinya mengenai kemungkinan-kemungkinan penyakit dan pencegahannya)
3. Kesiapan ekonomi (kalau ini, cukup kamu, pasangan dan keluarga saja yang berdiskusi. Coba rencanakan biaya periksa hingga persalinan dan kemungkinan adanya biaya mendadak supaya kehamilanmu tenang tanpa stres berlebihan. Oh ya, usahakan lebih giat menabung selama hamil dan sesudahnya, ya!)

Makan-makanan dengan gizi seimbang (jumlahnya harus lebih banyak dari sebelum melakukan program hamil)

merencanakan kehamilan gizi seimbang foto
https://www.pexels.com/photo/vegetables-greens-frying-pan-asian-8718/

Sudah menjadi rahasia umum kalau mengonsumsi buah, sayur, susu serta makanan atau minuman bergizi seimbang bisa membuat program hamilmu berjalan sesuai rencana. Selain diimbangi fisik yang sehat, makan makanan bergizi ini berfungsi untuk mempersiapkan organ dalammu supaya lebih berfungsi normal.

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika program hamil adalah: Sayur bayam, kecambah, brokoli dan buah-buahan segar bervitamin.

Kurangi atau bahkan hindari rokok, alkohol serta kebiasaan mengonsumsi fast food!

merencanakan kehamilan hindari rokok gbr
https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-cigarette-247040/

Fast food terkenal dengan kandungan nutrisinya yang sedikit, namun tinggi kolesterol berbahaya. Kamu yang sedang promil sangat nggak dianjurkan untuk sering-sering mengonsumsi soda, ayam goreng, burger dan kentang goreng cepat saji. Ada baiknya waspada sejak dini bukan?

Lakukan hubungan seksual selama dua atau tiga hari sekali, bukan setiap hari!

merencanakan kehamilan hubungan seksual gambar
https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-white-tank-top-sleeping-on-gray-and-white-bedspread-920380/

Melakukan hubungan seksual setiap hari diklaim bisa “mematikan sperma” yang seharusnya menjadi janin. Ada baiknya, kamu atur jadwal hubungan seksual ini selama 2 atau 3 hari sekali supaya kemungkinan masuknya sel sperma yang masuk ke sel telur lebih besar lagi.

Kalau kamu masih ragu, silahkan konsultasikan poin-poin tadi ke dokter atau bidan kepercayaanmu, ya!

Related Articles