Jeruk Nipis, Si Kecil Yang Penuh Manfaat

Aug 06, 2018 by Karina Mustika

Saat disuruh memilih antara jeruk nipis dan jeruk manis, kamu pasti akan lebih memilih jeruk manis. Warna oranye yang menarik ditambah dengan rasanya yang lebih manis dan segar memang membuat jeruk manis lebih terlihat lebih enak. Namun sepertinya kamu akan berubah pikiran setalah mengetahui begitu banyak keunggulan dari jeruk nipis. Karena meskipun kecil dan berwarna hijau, jeruk ini kaya akan manfaat dan harganya lebih murah ketimbang jeruk manis.

Kerennya lagi, buah berukuran kecil ini baik bagi kesehatan dalam dan luar tubuhmu girls. Mulai dari mengurangi resiko sakit jantung hingga sebagai perawatan kulit agar kamu dapat tampil lebih cantik. Nah jika biasanya kamu sering menghindari buah ini karena rasa asamnya, sekarang mulai biasakan mengonsumsinya ya girls!

jeruk nipis
Image: shutterstock.com

Nutrisi dalam jeruk nipis

Rasa yang asam dan aroma yang unik dari jeruk nipis membuat buah ini banyak digunakan dalam masakan. Beberapa negara yang menggunakannya sebagai bahan masakan penting adalah Thailand, Vietnam, dan Meksiko. Jeruk ini juga telah dikenal berabad-abad yang lalu sebagai obat berbagai macam penyakit. Dan minyak esensial yang dihasilkan pun juga dimanfaatkan sebagai aromaterapi dan parfum.

Kandungan dari jeruk nipis yang hampir semua orang ketahui adalah vitamin C. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan air serta mineral yang tinggi. Diantaranya adalah kalsium, zat besi, tembaga, natrium, magnesium, fosfor, dan kalium serta vitamin seperti folat, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Baiknya lagi, jeruk nipis memiliki lemak, kolesterol, serta kalori yang sangat sedikit.

10 manfaat penting dalam jeruk nipis

jeruk nipis
Image: shutterstock.com

Perawatan kulit

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kecantikan. Air dari jeruk ini mengandung asam yang sehat, sehingga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati saat dioleskan. Buah ini juga membantu pembentukan kolagen, meremajakan kulit, dan memperbaiki tekstur sehingga kulit lebih kencang. Kulit akan terlindungi  dari infeksi, luka, noda dan dampak lain dari polusi, debu dan matahari. Jadi kamu harus coba untuk rutin menggunakan masker dari air perasan nipis.

Menurunkan berat badan

Benar sekali bahwa yang sering kamu dengar ini bukanlah sekedar mitos. Karena essential oil yang ada memang dapat berpengaruh pada pengurangan berat badan dan konsumsi makanan. Minum dua gelas air hangat dengan campuran perasan nipis setiap hari dan lihatlah perbedaannya dalam waktu seminggu.

Meningkatkan imun tubuh

Nipis dapat memperkuat pertahanan tubuh dan membantu menghalau infeksi serta penyakit seperti malaria, diare, hingga radang paru-paru. Sehingga meskipun kamu tidak sakit sekalipun, lebih baik kamu konsumsi nipis untuk menghindari kemungkinan penyakit yang timbul.

Mengatur diabetes

Tingginya serat yang ada di nipis dapat membantu mengatur menyerapan gula ke lairan darah. Sehingga dapat membantu pasien diabetes mengalami lonjakan gula darah yang dapat berakibat fatal. Inilah mengapa nipis menjadi salah satu makanan yang sangat dianjurkan bagi penderita diabetes oleh para dokter.

Membantu sistem pencernaan

Meminum segelas air hangat yang ditambah dengan dua sendok teh air jeruk nipis sekitar 30 menit sebelum makan, dapat membantu mencegah gejala sakit maag. Ini disebabkan karena nipis membuat mulut memproduksi air liur yang akan membantu pencernaan utama. Jadi jika kamu masih takut dengan jeruk karena rasa asamnya membuat sakit maag kambuh, itu sudah jelas salah girls.

Baca juga: 

Awet Muda dan Panjang Umur Bonus Langsing Berkat Diet Flexitarian

Disebut Sebagai Super Food, Sehebat Apa Madu Manuka Untuk Kesehatan?

 

 

Related Articles