Jangan Takut Sama Stretch Mark, Ini Tips Mencegah dan Menghilangkannya

by :

Memiliki kulit mulus memang merupakan impian setiap perempuan, meskipun kadangkala tidak mudah untuk mewujudkannya. Salah satu masalah yang sering muncul dan mengakibatkan kulit kita tidak mulus adalah stretch mark. Stretch mark biasanya muncul pada ibu di masa kehamilannya, atau juga seringkali terjadi pada seseorang yang memiliki berat badan yang berlebih atau justru pada orang yang tiba-tiba kehilangan berat badan dalam waktu yang cepat.

Apa itu stretch mark?

Stretch mark merupakan guratan berbentuk bilur menonjol yang muncul di permukaan kulit. Guratan ini biasanya muncul di area -area permukaan perut, pinggang, dada dan lengan, paha, pantat, pinggang,  betis.

Seringkali orang-orang menyamakan antara stretch mark dan selulit, padahal secara medis keduanya adalah hal yang berbeda. Jika stretch mark adalah terjadinya perenggangan kulit yang melewati batas elastisitas, berbeda pula dengan selulit yang  adalah bagian kulit yang mengalami lemak berlebihan.

Guratan ini dapat terjadi akibat adanya peregangan pada jaringan ikat atau konektif yang melebihi kemampuan regang atau fleksibilitasnya. Biasanya terbentuk pada bagian dermis atau lapisan tengah kulit. Ketika kulit meregang, produksi kolagen akan terhambat sehingga muncullah bekas luka pada bagian bawah permukaan kulit. Pada awalnya stretch mark akan nampak seperti garis berwarna pink atau merah dan lama-kelamaan garis halus muncul pada permukaan kulit dan terlihat seperti garis berwarna perak.

Stretch-marks-butt
Sumber: skinhealresources.com

Stretch mark bisa juga disebabkan oleh pengkonsumsian obat-obatan yang mengandung steroid tinggi. Obat dengan kandungan senyawa tersebut dapat berpotensi merusak kolagen kulit, sehingga menyebabkan munculnya stretch mark. Di samping itu terlalu banyak konsumsi makanan-makanan berkalori dan berlemak tinggi juga dapat merangsang munculnya stretch mark ini. Beruntunglah jika kamu termasuk orang yang tidak memiliki kecenderungan mengalami stretch mark. Sebab, hal ini hanya akan kamu alami jika kulitmu mengandung sedikit kolagen atau protein yang membuat kulit lentur.

Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark dapat dihilangkan meskipun tidak secara langsung. Olahraga dapat membantu untuk menghilangkan stretch mark pada kulitmu. Dengan berolahraga, kulit otomatis akan mengencang secara alami, dan membuat guratan-guratan tersebut hilang dengan mudah. Tidak perlu olahraga yang mahal, lakukan saja jogging  setidaknya di akhir pekan, ini dapat membantu menghilangkan stretch mark di kulitmu. Atau jika kamu hobi berenang atau bersepedea, ternyata kedua olahraga ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan guratan disamping manfaatnya sendiri untuk membakar lemak yang membandel.

Selain berolahraga, cara lain untuk menghilangkan guratan-guratan ini adalah dengan menggunakan krim dan salep yang dapat ditemukan di apotek. Meskipun tidak bisa menghilangkan secara tuntas, krim atau salep ini setidaknya dapat menyamarkan guratan yang muncul karena sistem kerjanya adalah membantu tubuh mengembalikan kandungan kolagen dalam kulit.

Stretch mark dapat dicegah dengan beberapa cara yaitu antara lain dengan menjaga berat badanmu dalam  dalam kondisi stabil. Jika kamu ingin melakukan penurunan berat badan, lakukan secara bertahap, setidaknya tidak lebih dari satu kilogram dalam seminggu. Di samping itu konsumsilah makanan yang sehat dan segar yang mengandung mineral dan vitamin terutama vitamin E dan vitamin C yang dapat mencegah munculnya tanda ini.Yang tidak kalah pentingnya adalah perbanyak minum air. Kelembaban kulit yang terjaga karena asupan air yang cukup  ke dalam tubuh,  merupakan salah satu cara alami untuk mencegah. Minumlah setidaknya 8-10 gelas per hari untuk menjaga kelembaban kulitmu.

Semoga sukses mengenyahkan stretch mark di tubuhmu ya!