Jangan Sembarangan, Sudah Tau Aturan dan Cara Minum Obat Yang Benar?

Oct 10, 2017 by carmelw

Banyak sekali pendapat yang berbeda tentang cara minum obat. Apakah obat paling tepat dikonsumsi sebelum, selama, atau setelah makan?

Banyak orang yang tidak yakin dengan waktu terbaik untuk meminum obat terutama dalam kaitannya dengan waktu makan.  Namun, sebagai aturan umum, beberapa jenis obat harus diminum saat perut kosong, atau setidaknya satu jam sebelum makan atau dua jam setelahnya. Hal ini berhubungan dengan cara kerja usus dalam menyerap obat. Meminum obat bersamaan dengan waktu makan akan dapat dapat menunda atau mengurangi penyerapan obat sehingga membuat cara kerjanya kurang maksimal. 

Waktu minum obat yang tepat sesuai jenisnya

waktu minum obat pic
Sumber: pexels.com

Ada beberapa aturan penting yang harus ditaati mengenai kapan waktu yang tepat untuk meminum obat, terutama jika mengalami beberapa penyakit seperti di bawah ini :

Osteoporosis

Obat yang paling sering diresepkan untuk osteoporosis adalah bifosfonat, yang berfungsi untuk mencegah hilangnya massa tulang. Obat jenis ini tidak mudah diserap oleh tubuh, dan tidak dapat larut terutama pada minyak dan lemak. Jadi, penting untuk meminumnya di saat perut kosong di pagi hari dengan menggunakan air putih, kemudian memberi jedah waktu setidaknya satu jam untuk makan.

Hipertensi

Meminum obat hipertensi sebaiknya dilakukan pada malam hari untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Hal ini berkenaan dengan tekanan darah yang seringkali meningkat pada malam hari dan harus diturunkan saat tubuh sedang tertidur.

Kolestrol tinggi 

Sama seperti saat mengkonsumsi obat untuk hipertensi, mengkonsumsi obat penurun kolestrol sebaiknya juga dilakukan pada malam hari untuk pencegahan serangan jantung, penyumbatan arteri, serta meningkatkan fungsi pembuluh darah yang lebih baik. Hal ini terkait dengan adanya penelitian yang menyebutkan bahwa kebanyakan kolestrol diproduksi di malam hari saat kita sedang makan.

Cara minum obat yang benar

cara minum obat dengan benar img
Sumber: pexels.com

Berikut ini ada beberapa peraturan sederhana yang dapat digunakan sebagai panduan bagaimana cara yang benar untuk mengkonsumsi obat-obatan: 

  1. Bacalah label pada kemasan atau ikuti petunjuk dokter mengenai waktu dan periode minum obat. Jika memang ada hal yang masih perlu ditanyakan atau memerlukan lebih banyak informasi, tanyakan kepada dokter atau apoteker.
  2. Setiap obat memiliki cara kerja dan efek samping yang berbeda-beda pada tubuh setiap orang, meskipun mengidap penyakit yang sama. Apabila obat harus diminum 3 kali sehari, maka jarak terbaik untuk meminumnya adalah setiap delapan jam sekali. Dan jika tertulis dua kali sehari, maka jarak minumnya adalah dua belas jam. Sedangkan jika tertulis satu kali sehari, maka obat harus diminum sekali sehari pada jam yang sama setiap harinya. 
  3. Pastikan dokter mengetahui semua obat lain yang sedang dikonsumsi. Termasuk juga perlunya memberitahu dokter jika memiliki kondisi khusus seperti alergi, sedang hamil atau menyusui dan riwayat penyakit sebelumnya. Informasi seperti ini akan sangat berguna bagi dokter untuk menentukan jenis obat yang sesuai dan aman untuk dikonsumsi.
  4. Minumlah obat dengan segelas air bukan dengan minuman beralkohol, kopi, teh, ataupun softdrink. Perhatikan juga jumlah air yang harus diminum dalam setiap harinya, untuk mencegah efek dehidrasi yang mungkin disebabkan oleh obat jenis tertentu. Sebaiknya jangan mencampur obat dengan minuman panas, karena panas dari minuman bisa merusak keefektifan obat.
  5. Jangan minum vitamin bersamaan dengan waktu minum obat, karena vitamin dan mineral bisa berinteraksi dengan beberapa obat.
  6. Jangan mengaduk obat ke dalam makanan, mengunyah atau menghancurkan tablet, atau membuka kapsul, kecuali jika ada instruksi dari dokter, karena ini bisa mengubah cara kerja obat.
  7. Antibiotik tidak boleh dikonsumsi tanpa resep dan pengawasan dokter, serta jangan menyisakan  antibiotik.

Nah, setelah membaca artikel ini, semoga paham cara minum obat yang benar ya, Girls. Kalau kamu merasa informasi ini bermanfaat, bagikan pada teman-teman yang lain supaya mereka juga mendapatkan wawasan baru tentang bagaimana waktu dan cara minum obat yang benar.

 

Related Articles