Jangan Sampai Nyesel, Ini 5 Kerugian Kalau Sering Pegang Gadget Saat Liburan

Mar 30, 2018 by haify

Momen liburan mungkin menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu hampir semua kita. Apalagi yang bekerja lima bahkan enam hari dalam seminggu. Tentu peluang untuk bisa liburan, pergi jalan-jalan, mengunjungi destinasi wisata baru atau favorit pasti bakal dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Namun hal itu bakal sedikit berbeda ketika kita hidup di zaman yang penuh kemajuan teknologi seperti saat ini. Memang, berkat kemajuan teknologi pula lah kita dimudahkan dalam berbagai hal. Kamu pasti sadar bahwa nggak ada kebaikan dalam sesuatu yang berlebihan.

Keterbiasaan kita menggunakan teknologi seperti smartphone kadang membuat kita menjadi ketergantungan. Rasanya kalau nggak memegang gadget, kita merasa ada yang kurang. Oleh karena itulah sebisa mungkin kita bakal menghindari kehabisan baterai atau kehabisan paket internet. Di satu sisi, gadget emang memudahkan kita dalam liburan, karena bisa membantu mempersiapkan perjalanan dan akomodasi lebih mudah. Tapi jangan salah, keseringan pegang gadget juga bakal merugikan kamu lho, apalagi kalau sedang liburan. Seperti beberapa hal berikut ini:

5 Kerugian Kalau Sering Pegang Gadget Saat Liburan

1. Kamu bakal banyak melewatkan momen berharga yang harusnya kamu nikmati saat liburan

https://www.pexels.com/photo/woman-looking-at-camera-325531/

Saat pergi liburan ke suatu tempat, apalagi yang belum pernah kita datangi, tentu bakal banyak kesempatan untuk mendapatkan momen berharga dan nggak terlupakan. Entah itu karena budaya sekitar, pengalaman pribadi, atau bahkan penampakan destinasi yang dilihat dengan mata kepala sendiri. Harusnya, itu semua bisa kamu jadikan oleh-oleh dalam bentuk cerita untuk teman atau keluargamu nanti.

Namun karena kamu terlalu sering menghabiskan waktu dengan pegang gadget maka hal-hal itu bakal dengan mudah kamu lewati bahkan nggak kamu sadari. Momen yang mungkin nggak bakal terjadi untuk kedua kalinya. Dan itu sangat berharga. Yups, setiap pengalaman liburan pasti berharga, bukan? Jadi jangan sampai momenmu tersebut hilang hanya karena keseringan pegang gadget.

2. Kesempatanmu untuk mengenal orang baru (apalagi berpotensi jadi gebetanmu) juga semakin sedikit karena sibuk menunduk pegang gadget

pegang gadget gerbong kereta foto
https://www.pexels.com/photo/adult-city-commuter-group-234507/

Perbedaan paling mencolok antara liburan atau berwisata ke sebuah destinasi dulu dengan sekarang adalah bagaimana interaksimu dengan orang sekitar. Dulu, ketika arah hanya terbatas pada petunjuk di peta, maka kita nggak sungkan untuk memulai pembicaraan dengan orang-orang baru sekadar untuk bertanya. Bila beruntung, orang baru tersebut bisa saja menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Saling berbagi pengalaman dan menghilangkan kebosanan saat perjalanan adalah salah satunya.

Namun ketika interaksi tersebut digantikan oleh peta di smartphone yang lebih canggih, kesempatan untuk mengenal orang baru pasti bakal jauh berkurang. Dari pada memulai obrolan baru, kita lebih memilih untuk mencari sendiri dengan teknologi yang ada. Duh, sayang banget nggak sih? Mana tahu ada terselip jodoh di antara orang-orang yang seperjalanan denganmu.

3. Karena sering fokus pegang gadget, kamu jadi lengah sama keselamatan barang-barang bawaanmu

pegang gadget kereta api image
https://www.pexels.com/photo/man-in-brown-hoodie-standing-in-front-of-train-railway-211052/

Satu lagi hal yang bisa merugikanmu adalah ketika kamu terlalu fokus pada ponsel pintarmu, kamu bisa abai terhadap barang bawaanmu sendiri. Kita nggak tahu kapan dan di mana kejahatan terjadi. Apalagi saat bepergian seorang diri. Oleh karena itulah dibutuhkan kewaspadaan yang lebih tinggi. Salah satunya dengan lebih peka terhadap lingkungan dan barang bawaanmu. Kalau kamu hanya fokus pada ponsel pintarmu, peluang untukmu kehilangan barang-barangmu juga semakin besar, lho. Hati-hati deh!

4. Bukannya ditinggal, beban kerjaan atau pikiran yang ingin kamu lepaskan malah ikut kebawa gara-gara sering pegang gadget

pegang gadget santai gbr
https://www.pexels.com/photo/adventure-casual-field-grass-551650/

Tujuan kita berlibur tentu saja ingin menjernihkan kembali pikiran. Sejenak menghilangkan beban pikiran yang selama ini menggelayutimu. Termasuk segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan. Nah, kalau kamu tetap sering mengecek ponselmu, maka mustahil untuk bisa menghilangkan pikiranmu tentang pekerjaan. Yang ada kamu malah kepikiran pekerjaan. Atau ada rekan kantor dan atasan yang menghubungimu terkait pekerjaan. Daripada gagal refreshing, mending matiin ponselmu deh. Tapi sebelumnya udah ngasih kabar ya ke orang-orang terdekatmu.

5. Pada akhirnya kamu liburan bukan karena refreshing tapi karena ingin update di media sosial

https://www.pexels.com/photo/active-activity-adult-adventure-386140/

Dan satu hal yang paling disayangkan ketika kamu tetap rajin menggunakan ponsel pintarmu adalah berubahnya tujuan awal liburan. Jika awalnya kamu hanya ingin menikmati destinasi dengan santai dan nyaman, kamu jadi kepikiran untuk membagikan apa yang kamu lihat itu di media sosial. Mana tahu nanti ada teman-teman yang memuji foto atau destinasi yang kamu kunjungi. Syukur-syukur dapat like yang banyak.

Nah inilah yang merugikan. Kamu hanya sibuk mengambil foto dari berbagai angle hanya untuk diunggah ke media sosial. Kamu lupa merasakan bagaimana keadaan sebenarnya yang nggak mungkin diabadikan di dalam foto. Dan akhirnya? Bukannya refreshing kamu malah ke sana demi update media sosial. Duh!

So guys, kurang-kurangi untuk mengecek ponsel pintarmu saat liburan ya. Kalau liburan mah liburan aja, nggak usah pamer atau sibuk dengan media sosial. Hal itu bisa kamu lakukan nanti setelah kembali dari perjalananmu. Lah, kalau momen berharga saat liburan? Nggak bakal keulang dua kali!

Related Articles