Jangan Mau Terbelit Utang Setelah Liburan, Ini Dia 9 Tips Traveling Hemat

Mar 31, 2018 by carmelw

Travelling memang menyenangkan. Kegiatan yang satu ini selalu menjadi favorit banyak orang, terutama bagi mereka yang seringkali terjebak dalam rutinitas harian.

Meski demikian, membuat perencanaan untuk traveling ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang harus dijadikan pertimbangan,  terutama yang berkaitan dengan pengeluaran.

Banyak di antara kita seringkali melewatkan perencanaan keuangan saat akan melakukan travelling. Akibatnya, pengeluaran jadi membengkak lebih besar dari biaya yang diperkirakan sebelumnya. Jalan satu-satunya yang bisa dilakukan adalah melakukan penghematan.

Menghemat pengeluaran selama travelling bukan berarti pelit. Namun, pengeluaran yang terjadi secara tiba-tiba tentu akan menjadi beban setelah travelling. Apalagi  jika itu menimbulkan hutang dengan kartu kredit. Alih-alih senang, yang ada kepala pusing harus melunasi kewajiban kepada bank. Nggak mau itu terjadi kan?

Berikut ini ada delapan cara menghemat pengeluaran saat travelling,  yang seringkali tanpa kita sadari terlewat untuk dilakukan.

Tips traveling hemat #1: Jadwalkan perjalanan saat low season

Tips hemat yang pertama adalah menjadwalkan perjalanan saat low season. Musim liburan seperti ini lah yang biasanya menjadi kegemaran para budget traveller, sebab banyak promo tiket pesawat atau hotel yang dibandrol dengan harga murah di musim ini.

Tips traveling hemat #2: Pilih jadwal perjalanan selain weekend

Kalau tanggal perjalananmu fleksibel, sebaiknya tempatkan salah satu jadwal keberangkatan atau kepulangan, bahkan kalau bisa ke-duanya di hari-hari biasa selain weekend. Seperti yang kita tahu harga transportasi publik seperti pesawat akan melonjak di hari-hari menjelang akhir pekan, dan akan kembali pada harga yang lebih rendah di hari biasa seperti Selasa atau Rabu.

Tips traveling hemat #3: Cari tempat penginapan yang murah

Saat travelling, kamu pasti lebih banyak menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan ketimbang menetap di penginapan. So, carilah tempat menginap yang murah tetapi nyaman, apalagi yang memberikan fasilitas sarapan gratis di dalamnya demi  mencegah pengeluaran yang membludak.

Jika memungkinkan, menghubungi teman atau saudara yang tinggal di daerah kunjungan untuk mendapatkan tumpangan menginap secara gratis selama travelling juga bisa dilakukan lho.

Tips traveling hemat #4: Jadwalkan perjalanan di malam hari

Selain mencari penginapan murah, hal yang bisa dilakukan untuk melakukan penghematan adalah dengan menjadwalkan perjalanan di di malam hari. Perjalanan malam dengan menggunakan transportasi umum membuat kamu bisa sedikit berhemat karena tidak perlu membayar penginapan dan menggantinya dengan tidur selama perjalanan dengan bis atau kereta.

Baca Juga: Cara Terbaik Menyimpan Uangmu Saat Kamu Traveling Ke Luar Negeri

Tips traveling hemat #5: Bawa makanan yang tahan lama

Kamu bisa mengakali pengeluaran untuk makan dengan membawa beberapa makanan kering yang tahan lama seperti abon, mie instan, sereal, sarden, kornet selama perjalanan. Selain dapat menghemat, apalagi jika penginapan tidak menyediakan fasilitas sarapan, membawa makanan sendiri juga menghindari kekuatiran akan kehalalan makanan yang dijual di tempat wisata, terutama bagi mereka yang muslim.

Karenanya penting juga mencari informasi tentang  penginapan yang menyediakan fasilitas dapur sehingga kita bisa menggunakannya untuk keperluan menyiapkan makanan.

Tips traveling hemat #6: Cari kuliner lokal

Tidak ada salahnya mencoba kuliner lokal yang ditawarkan oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan. Selain lebih murah, kelezatan rasanya juga tidak kalah dengan yang disajikan di restoran mahal. Namun, untuk menghindari permainan harga dari pedagang nakal, sebaiknya tanyakan dahulu harga pastinya sebelum membelinya, dan pastikan kamu mencari warung yang terjaga kebersihannya.

Tips traveling hemat #7: Berlibur bersama kelompok

Solo travelling memang menyenangkan, tetapi pergi berama-ramai secara berkelompok juga tak kalah serunya.  Apalagi jika bisa menekan biaya penginapan dan biaya makan dengan cara patungan dengan teman kelompok lainnya.

Tips traveling hemat #8: Tidak perlu membeli oleh-oleh di tempat wisata

Belajar untuk mengabaikan teman-teman yang meminta oleh-oleh secara gratis saat travelling. Selain membuat pengeluaran membengkak, membawa oleh-oleh juga akan menambah beban bawaan selama perjalanan.

Tips traveling hemat #9: Hindari pengeluaran yang tidak penting

Terakhir, seringkali kita tidak menyadari bahwa pengeluaran yang tidak penting seperti membeli air minum kemasan, terlalu sering membayar parkir, menyewa kendaraan pribadi membuat pengeluaran membengkak. Solusinya, lakukan penghematan yang cerdas misalnya dengan membawa botol minum sendiri dan mengisinya saat di penginapan, atau parkir kendaraan di satu tempat dan mengunjungi tempat wisata dengan berjalan kaki.

Hemat bukan berarti tidak bisa bersenang-senang. Kamu masih bisa berbelanja barang yang kamu inginkan, asalkan diimbangi dengan melakukan ke-delapan tips di atas. Setuju kan?

Baca Juga: Barang-barang Ini Harus Kamu Tinggalkan Saat Traveling Biar Enggak Menuhin Tas

 

Related Articles