Jangan Langsung Kerja Begitu Sampai Kantor! Ini yang Sebaiknya Kamu Lakukan di Jam Pertama Kamu Tiba di Kantor

Feb 26, 2018 by Larissa

Seperti halnya morning routine, rutinitasmu saat tiba di kantor juga penting banget, loh. Menurut para wanita karir sukses, setelah mereka tiba di kantor, mereka enggak pernah langsung mengerjakan pekerjaan mereka. Bagaimana kamu menghabiskan satu jam pertamamu di kantor akan sangat berpengaruh terhadap performa kerjamu selama seharian. Meski pekerjaanmu menumpuk di kantor, perlu diingat kalau kamu sebaiknya melakukan 5 hal ini di jam pertamamu saat tiba di kantor.

4 Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Di Jam Pertama Kamu Tiba di Kantor

 

1. Menyapa rekan kerja

rekan kerja photo
Shutterstock

Siapa bilang mengobrol dengan rekan kerja itu tindakan buruk saat di kantor? Performamu saat bekerja memang penting, tapi hubungan antara rekan kerjamu juga dilihat oleh atasanmu, loh. Bisa tidaknya kamu bergaul dan berkomunikasi dengan rekan kerja sangat penting untuk kelancaranmu dalam bekerja. Karena itu, setelah kamu tiba di kantor dan menaruh tasmu di kubikelmu, cobalah ajak ngobrol rekan sekubikelmu atau berjalan ke ujung ruangan di mana salah satu rekan kerjamu bekerja. Kamu bisa menanyakan apakah kencannya akhir pekan lalu berjalan lancar, atau kamu bisa menanyakan tentang anaknya.

 

2. Cek to-do list hari itu

prioritas ketika tiba di kantor img
Shutterstock

Dengan banyaknya yang harus kamu lakukan hari itu, sebaiknya kamu mengecek kembali to-do list kamu untuk hari itu. Tuliskan apa yang harus kamu lakukan, urutkan dari yang paling urgent sampai yang tidak terlalu penting, lalu cek kembali detailnya. Banyaknya pekerjaanmu terkadang bisa menjadi overwhelming, tapi dengan membuat to-do list setiap pagi sebelum kamu bekerja, kamu akan bisa melewati harimu dengan lebih mudah.

 

3. Bereskan area kerja

meja kerja photo
Shutterstock

Saking sibuknya kamu terkadang kamu enggak sadar kalau meja atau kubikel kerjamu sudah menjadi kapal pecah. Kertas-kertas laporan yang berserakan, bungkus kopi sachet yang belum sempat dibuang, buku notes penting, sampai bekas post-it menutupi permukaan mejamu. Area kerjamu yang berantakan dan kantor hanya akan membuat pikiranmu tambah rumit dan bisa memperlambat kinerjamu. Begitu sampai di kantor, sebaiknya luangkan satu jam pertamamu untuk merapikan meja. Buang barang-barang yang tidak lagi diperlukan, pisahkan berkas pekerjaan yang penting, dan simpan barang-barang yang kamu perlukan. Pikiranmu boleh mumet, tapi mejamu tidak perlu.

 

4. Membaca email

jam pertama tiba di kantor pic
Shutterstock

Tidak ada salahnya bagimu untuk mengecek internet pada jam pertama kamu tiba di kantor. Habiskanlah waktu tersebut untuk membuka dan membaca emailmu sambil meminum kopi pagimu. Cek apakah kamu menerima email penting dan urgent yang harus segera kamu balas atau selesaikan. Dengan begitu, kamu jadi bisa mengetahui pekerjaan apa yang harus kamu lakukan terlebih dulu di hari itu. Selain itu, jika kamu membalas semua email saat pikiranmu masih segar di pagi hari, kemungkinan kamu membalas email dengan baik lebih besar, bukan?

 

 

Related Articles