Jangan Hanya Dipendam, Inilah Cara Jitu untuk Move On Setelah Putus Cinta

by :

Saat baru saja putus cinta, hidup kita memang seperti terombang-ambing. Rasanya bukan hanya hubungan kita saja yang sudah berakhir, tetapi juga dunia. Di saat kita sedang merasa terpuruk, tentu saja kita nggak bisa mengembalikan energi positif yang ada pada tubuh kita secara instan. Sebaliknya, kita justru perlu membiarkan diri kita bereaksi setelah putus cinta dengan melampiaskan kesedihan yang kita rasakan. Tetapi, jangan sampai kita melakukan cara-cara yang salah dalam melampiaskannya, misalnya seperti galau dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Girls, tentu saja kita harus move on meskipun rasanya berat untuk memulainya. Nggak perlu untuk selalu berusaha terlihat tegar dan nggak mau bergantung pada yang lain. Justru sebaiknya kamu nggak boleh memendam rasa sakitmu itu, coba deh lakukan beberapa hal berikut ini agar kamu bisa move on dengan cara yang benar.

Tips Move On Setelah Putus Cinta

1. Ngobrol dengan orang-orang terdekatmu

ngobrol dengan orang terdekat setelah putus cinta pic
Sumber: partygirlxxoo

Banyak cewek yang memilih untuk menyendiri di saat mereka sedang patah hati karena baru saja putus. Mungkin mereka melakukan ini sebagai dalih untuk melakukan kontemplasi atau mencari jati diri. Well, gimana caranya kamu bisa menemukan dirimu kalau kamu hanya menangis seharian di kamar sambil stalking media sosial mantan? Justru ini saatnya kamu membutuhkan orang-orang terdekatmu seperti keluarga dan sahabat. Jangan terlalu sering membiarkan dirimu seorang diri bila kamu sudah tahu bahwa kamu nggak bisa meng-handle kesendirianmu. Nggak ada salahnya untuk bergantung pada orang-orang yang menyayangimu, karena curhat pada mereka justru akan membuat mereka merasa penting dalam hidupmu. Kamu juga bisa mendapat berbagai saran yang positif dari mereka.

2. Hapus segala hal yang mengingatkanmu pada mantan

Sumber: adoreme.com

Hari-hari setelah putus cinta memang terasa berat untuk dijalani. Kamu yang biasanya selalu mendengar kabar darinya, kini sudah nggak tahu lagi tentang aktivitas yang dilakukannya. Rasanya gatal untuk menanyakan kabarnya, Tetapi, ladies, kalahkan semua godaan itu. Cara pertama yang harus kamu lakukan jika kamu mau move on lebih cepat adalah dengan menghapus seluruh kontaknya. Hapus juga semua history pesan antara kamu dan dia, karena membacanya bakal bikin kamu makin sakit hati dan sulit melupakannya. Jika kamu punya barang-barang dari mantan, kamu bisa mendonasikannya ketimbang membuangnya. Kalau perlu, kamu juga bisa memblokir semua kontaknya. Nggak perlu merasa jadi orang jahat, karena ini demi kebahagiaanmu sendiri (belum tentu juga dia bakal mencari-carimu lagi).

3. Kamu boleh menangis, tetapi jangan biakan itu berlarut-larut

Sumber: giphy.com

OK, kamu boleh kok menangis.Tetapi, kamu harus janji pada dirimu sendiri bahwa kamu hanya akan sedih untuk sementara. Tumpahkan semua kekesalan dan kesedihanmu untuk saat ini. Nggak usah takut bila kesedihanmu itu nggak akan berakhir, karena nggak ada yang abadi di dunia ini, begitu pun rasa sedihmu itu.

4. Tuangkan perasaanmu dengan menulis

putus cinta bisa move on dengan menulis pic
Sumber: tumblr.com

Bila ingin melontarkan kata-kata kasar dan mencurahkan segala emosimu, tuangkanlah semua itu dalam bentuk tulisan. Tetapi, tulisan yang dimaksud di sini bukan tulisan yang berisi rengekan dan makian di media sosial tentunya (tolong jangan pernah melakukan ini karena ini nggak keren sama sekali). Kamu bisa menuliskan semua perasaanmu di buku catatan harianmu. Bila itu nggak cukup, kamu bisa menuliskannya dalam blog pribadimu. Tetapi, kamu nggak perlu membagikannya ke media sosialmu atau menunjukkannya kepada banyak orang terutama mantan. Bayangkan saja ia yang tengah berbahagia tanpa dirimu di sana, apakah kamu mau terlihat menyedihkan tanpa kehadirannya?

5. Lakukan hal-hal yang kamu nggak bisa lakukan ketika kamu masih berpacaran

lakukan hal yang dulu tidak bisa pic
Sumber: realstylenetwork.com

Coba deh kamu ingat lagi, apa saja sih hal-hal yang nggak pernah kamu lakukan sebelum kamu putus darinya? Mungkin saja kamu menyukai traveling, tetapi karena mantan nggak mau jauh darimu, jadi kamu rela untuk nggak pergi meninggalkannya. Atau mungkin saja selama ini kamu ingin mencat rambutmu menjadi ombre, tetapi mantan nggak suka bila rambutmu diwarnai. Girls, it is time for you to shine! Inilah saatnya bagi kamu untuk menjadi diri sendiri dan melakukan hal-hal yang kamu sukai. Hidupmu baru saja dimulai!

6. Lakukan pola hidup yang sehat agar tubuh dan pikiranmu tetap positif

pola hidup sehat img
Sumber: teen.com

Jangan melampiaskan kesedihanmu pada makanan-makanan yang nggak sehat. Well, nggak apa-apa sih bila kamu ingin terlihat chubby. Tetapi, kamu juga perlu pada kesehatan pikiran dan tubuhmu. Coba deh fokus untuk merubah pola hidupmu menjadi lebih sehat. Ganti camilanmu dengan yang lebih bergizi dan bernutrisi. Kamu juga bisa mendistraksi kesedihanmu dengan melakukan olahraga seperti lari, ke gym, tinju, menari, dan lain-lain. Manfaatnya, yakni selain stres-mu akan berkurang, tubuhmu juga akan menjadi lebih fit. Percaya deh, kamu akan merasa lebih bahagia.
Move on memang perlu proses, tetapi jika kamu menyayangi diri sendiri dan berfokus pada kebahagiaanmu, maka cepat atau lambat kamu akan pulih dari rasa sakitmu. Ingat bahwa kamu baik-baik saja sebelum kamu mengizinkannya untuk  masuk ke dalam hidupmu.