Jangan Ditahan, Begini Lho Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

May 22, 2017 by Alifah Puarada

Bagi sebagian orang, menangis saat sedih dan terharu adalah hal yang alami. Terjadi begitu saja sama seperti mengaduh ketika jatuh. Mau di depan banyak orang atau di tengah kerumunan kalau ingin menangis ya menangis saja. Namun bagi sebagian orang yang lain, menangis itu sulit. Alasannya bisa macam-macam : tidak ingin terlihat lemah apalagi kalau menangis di depan orang, merasa malu jika menangis, atau memang sulit menangis. Sebagian orang memang menganggap menangis itu memalukan sehingga lebih baik ditahan.

Padahal menangis itu bukan sekedar mengeluarkan air mata lho. Menangis memiliki banyak manfaat baik dari segi kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Mau tahu apa saja manfaat menangis untuk kesehatan ? Yuk, simak !

Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Mengurangi Stres

Di dalam hidup kita sering mengalami up and down. Tidak jarang juga perjalanan kita menemui titik statis alias stuck di situ-situ saja. Kondisi down ataupun stuck kerap membuat kita stres, frustasi, yang dapat berlanjut menjadi depresi juga. Dada terasa sesak karena dipenuhi beban. Ketika mengalami hal tersebut, menangislah. Lalu rasakan ketika mengeluarkan air mata dibarengi juga dengan berkurangnya rasa sesak di dada. Kalau kita sempat memperhatikan, mata kita terasa pedih ketika menangis saat sedih. Kemudian setelah selesai menangis, rasa sesak di dada pun hilang, pikiran lebih jernih, dan stress tersalurkan.

Coba bayangkan kalau ingin menangis tapi ditahan. Bukannya lupa kalau sedang stres, malah level stres jadi meningkat.

Menjaga Kesembangan Emosi

Sama halnya dengan melepaskan stres, menangis dapat membantu menjaga kestabilan emosi kita. Perasaan meledak-ledak, mood swing, atau perasaan sesak dapat diatasi dengan menangis. Membiarkan tangisan keluar ketika bersedih meskipun sedang bersama orang lain membantu kita mau menerima bantuan orang.

Kronologinya begini ya, kita menangis saat sedang bersama teman misalnya. Nah, si teman ini pasti akan bersimpati pada kita, kitapun jadi terbuka pada orang lain. Perasaan mempercayai teman ini dapat membantu emosi kita lebih stabil.

Berbeda ketika kita ingin menangis tapi menahannya karena ada orang lain. Hal ini berarti kita tidak mempercayai orang lain, merasa tidak perlu bantuan, atau malah merasa pesimis ada yang mau membantu.

Menjaga Kesehatan Mata

Air mata, selain menghidrasi bola mata dan seluruh bagian-bagiannya  juga mengandung anti bakteri. Menambiarkan air mata mengalir dapat menyapu kuman-kuman yang ada di permukaan bola mata. Bahkan ketika kita kelilipan lalu kita menangis, benda asing yang tersangkut di mata juga ikut keluar kan ?

Membersihkan Hidung

Ketika kita menangis memang secara otomatis cairan hidung ikut mengalir. Kelihatan seperti sedang sakit flu. Padahal itu berarti rongga hidung sedang dibersihkan. Di dalam rongga hidung kan pasti ada debu atau kuman yang masuk lewat udara saat kita bernapas. Keluarnya ya bersama dengan cairan hidung yang ikut mengalir bersama air mata.

Mendetoks Tubuh

Di dalam tubuh selalu terdapat akumulasi toksin. Entah dari lingkungan atau makanan. Toksin tersebut akan dikeluarkan oleh sistem sekresi dalam tubuh kita, melalui buang air, keringat, juga air mata. Benar sekali, air mata juga membawa keluar toksin-toksin yang terkumpul di dalam tubuh. Selain toksin fisik, juga toksin pikiran seperti yang sudah disebutkan di atas tadi.

Menyeimbangkan Tekanan Darah

Manfaat menangis, masih ada kaitannya dengan menyeimbangkan emosi dan mengurangi stres. Jika emosi stabil, kerja jantung kita lebih ringan, aliran darah lancar, sehingga kemudian tekanan darah seimbang. Sering kan dengar ungkapan “jangan suka marah, nanti darah tinggi” ? Bukan sekedar ungkapan lho itu. Jadi, kalau ingin menangis, menangis saja ya !

Related Articles