Jangan Disepelekan, Perubahan Warna Kuku Mengindikasikan Penyakit di Tubuh

Mar 25, 2017 by carmelw

Penampilan kuku yang seringkali menjadi perhatian utama bagi kaum wanita, ternyata juga bisa menjadi sumber informasi yang menunjukkan adanya infeksi bakteri atau cedera, tidak hanya itu saja,  sejumlah tanda lainnya ternyata juga bisa merujuk kepada penyakit tertentu yang lebih serius. Pertumbuhan kukupun bisa memberikan petunjuk tentang kondisi kesehatanmu yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Kuku jemari yang sehat tumbuh kira-kira 3,5 mm per bulannya, dan dipengaruhi oleh asupan nutrisi, obat-obatan, trauma, penyakit, dan proses penuaan tubuh.

Jika kamu lebih cermat mengamati pertumbuhan kukumu, maka ketika kamu menyadari adanya perbedaan yang berarti pada kukumu, termasuk pembengkakan, perubahan warna, atau perubahan bentuk dan ketebalan kuku, konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin. Gejala tersebut mungkin tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, tapi mungkin juga menunjukkan suatu kondisi kesehatan tertentu (misalnya, masalah pada kuku umum dialami oleh penderita diabetes).

Ada beberapa petunjuk kesehatan yang dapat diketahui hanya dengan melihat warna kuku saja. Nah, kalau begitu coba hapus cat kukumu, dan amati bagaimana warnanya.

Warna Kuku Mengindikasikan Penyakit

Kuku pucat

Warna kuku yang tidak merona dan cenderung berwarna kebiruan bisa jadi disebabkan oleh anemia. Tubuh kekurangan zat besi dan sedang membutuhkan oksigen yang lebih. Nah, untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh yang perlu kamu lakukan adalah perbanyak asupan sayuran hijau, kacang-kacangan serta daging merah. Selain itu, apabila warna pucatnya bertahan lebih lama, maka bisa jadi ini merupakan pertanda kamu menderita diabetes atau penyakit liver. Untuk memastikan cek kesehatan ke dokter saja, terutama jika ada gejala-gejala lain yang muncul juga.

Kuku kekuningan

how-to-get-rid-of-yellow-nails
Sumber: howrid.com

Kuku yang berwarna kekuningan bisa jadi disebabkan adanya infeksi pada kuku. Yang perlu juga kamu waspadai adanya gangguan hati yang disebut jaundice atau sakit kuning apabila kukumu tiba-tiba berwarna kekuningan. Saat seseorang menderita jaundice, tingkat billirubin di dalam tubuh meningkat. Hal ini yang menyebabkan kulit, mata dan kuku berwarna kekuningan.

Kuku mudah patah

kuku patah img
Sumber: youtube.com

Kuku lembek, rapuh dan mudah patah adalah efek dari samping kuku yang kering akibat berenang, penggunaan aseton yang rutin, atau berada di lingkungan rumah yang kering. Kuku rapuh dan mudah patah juga mungkin diakibatkan oleh kekurangan asupan vitamin A, B, dan C. Jangan sepelekan kuku yang terlalu tipis dan mudah patah apalagi  disertai dengan rambut yang rontok, bisa jadi ini tanda jika ada masalah dengan kelenjar tiroid. Perbanyak konsumsi garam yang mengandung yodium untuk meningkatkan produksi hormon thyroid.

Kuku menghitam

warna kuku menghitam pic
Sumber: healthtap.com

Jatuh atau terhantam benda tumpul dengan keras bisa menyebabkan adanya gumpalan darah dibawah permukaan kuku sehingga kuku tampak menghitam. Selain itu jamur pada kuku juga dapat menyebabkan kuku tampak menghitam. Namun jika warna hitam tersebut bukan berasal dari kulit di bawah kuku, melainkan langsung di permukaan kuku itu sendiri, dan diikuti oleh pertumbuhan kuku yang menyakitkan, ini yang perlu kamu waspadai karena  bisa jadi merupakan tanda dari melanoma, kanker kulit yang paling mematikan.

Kuku putih

kuku putih img

Kalau tampilan permukaan kukumu berwarna putih dan bukan diakibatkan oleh kuku yang terlepas dari alasnya, kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh infeksi jamur . Dapat juga menjadi tanda dari kurangnya asupan darah ke ujung-ujung jari, alias Terry’s nails. Terry’s nails adalah kondisi kuku yang berwarna putih susu dengan ujung berwarna kemerahan atau gelap. Akibat kondisi  tubuh sedang kekurangan protein, ada problem pada liver, kurang nutrisi atau bahkan menunjukkan ada gangguan pada ginjal.

Perubahan warna kuku memang terkesan sepele, tetapi jangan disepelekan ya. Hal ini bisa jadi indikator yang paling mudah terlihat dari kesehatan tubuhmu. Semoga informasi ini bermanfaat!

Related Articles