Jangan Anggap Remeh, Pahami Faktor Penyebab Keterlambatan Menstruasi!

May 11, 2018 by Gabriella Sakareza

Setiap wanita pasti mengalami masa menstruasi dalam satu bulan sekali. Memang sih ada beberapa kasus dimana sebulan bisa dua kali menstruasi, atau bahkan dua bulan atau tiga bulan lebih hanya menstruasi satu kali. Meski kasus ini sering terjadi, tapi kamu harus hati-hati nih. Keterlambatan menstruasi itu bukan hal yang remeh!

Kecuali kalau kamu memang sedang hamil ya. Kalau kamu sering mengalami keterlambatan menstruasi, bahkan sampai berbulan-bulan lamanya, you should be aware! Apa saja sih biasanya penyebab keterlambatan menstruasimu? Simak sampai akhir ya!

Jangan Anggap Remeh, Pahami Faktor Penyebab Keterlambatan Menstruasi!

1. Berat Badan Rendah

source: pixabay.com

Hah, berat badan pengaruh ke menstruasi? Jika berat badan kamu 10% di bawah angka yang sewajarnya, fungsi tubuh kamu dapat berubah dan ovulasi bisa terhenti. Apalagi kalau kamu mengidap penyakit anoreksia dan bulimia, kamu harus lebih dulu mengatasi penyakit itu agar memperbaiki masalah menstruasimu.

2. Stres

source: pixabay.com

Stres dapat membuat hormon tidak stabil, karena saat kamu dilanda stres, bagian otak yang mengatur siklus datang bulan dapat terpengaruhi. Lama-lama, stres dapat membuat kamu jatuh sakit atau mengubah berat badan secara drastis – dua hal yang sama-sama menyebabkan menstruasi yang terlambat juga.

3. Olahraga terlalu keras

source: pixabay.com

Untuk wanita yang terlalu sering berolahraga keras atau berlebihan, biasanya akan cenderung memiliki kadar lemak yang rendah. Padahal, sudah sewajarnya tubuh perlu lemak. Kalau kadar lemaknya kelewat rendah, tubuhmu akan kelaparan dan langsung mengambil tindakan untuk menyimpan sisa energinya… dan salah satu caranya adalah dengan menghentikan keaktifan sistem reproduksi.

4. Obesitas

faktor keterlambatan menstruasi img
source: pixabay.com

Seperti berat badan rendah, berat badan yang terlalu tinggi juga dapat mengubah keseimbangan hormon. Jadi, terlalu rendah tidak baik, terlalu tinggi pun tidak baik. You should keep your balance!

5. Pil kB

keterlambatan menstruasi img
source: pixabay.com

Kamu dapat mengalami perubahan siklus menstruasi saat kamu memulai atau menghentikan pemakaian pil kB, karena obat tersebut mengandung hormon estrogen dan progestin yang menghentikan produksi telur. Kamu bisa menghentikan penggunaan pil dan menunggu sampai 6 bulan untuk mengembalikan siklus datang bulan yang teratur.

6. Masalah Tiroid

keterlambatan menstruasi berbahaya img
source: pixabay.com

Tiroid alias kelenjar gondok yang terlalu aktif (atau tidak aktif) dapat menjadi penyebab menstruasi terlambat. Tiroid mengatur metabolisme tubuh, maka level hormon pun bisa terganggu. Kunjungi dokter yang terpercaya untuk mendapatkan perawatan agar datang bulan kembali normal.

Baca juga

Kenapa Kamu Cenderung Lebih Banyak Makan atau Compulsive Eating Saat Sedang Menstruasi?

Saat Menstruasi, Kenapa Perut Begah dan Selalu Ingin BAB Ya?

Related Articles