Ini Tandanya Tubuhmu Butuh Lebih Banyak Olahraga

Feb 13, 2018 by Alifah Puarada

Selain karena ingin diet, hal-hal ini menunjukkan kamu harus lebih banyak olahraga

Bikin resolusi tahun baru pengen sehat? Pastinya ini berlaku bagi semua orang. Nggak usah nunggu tahun baru deh. Setiap hari kita harus berfikir dan berusaha untuk menjadi lebih sehat.

Sehat dimulai dari kebiasaan kita sehari-hari dan juga makanan yang kita konsumsi, dan juga olahraga.

Ada banyak banget alasan bagus kenapa kamu harus olahraga. Manfaat seperti peningkatan metabolisme, perbaikan mood, peningkatan tingkat enerrgi, dan bahkan menyembuhkan penyakit tertentu.

Bahkan kalo kamu hanya berolahraga di rumah sebentar, ini bisa banyak membuat perbedaan. Kalau kamu ingin merasakan manfaat olahraga (apalagi jika kamu punya target tertentu) kamu harus memastikan kalau kamu berolahraga dengan cukup

Ada beberapa tanda yang jelas cukup jelas ditunjukkan oleh tubuh kita ketika tidak tidak cukup mencurahkan waktu untuk olahraga.

Bagaimana Kamu Tahu Jika Tubuh kamu Butuh Lebih Banyak Olahraga?

1.   Kamu Butuh Lebih Banyak Olahraga Kalau Kamu Lebih Sering Sakit

Jika kamu lebih sering sakit dari biasanya, kamu mungkin perlu meningkatkan aktivitas fisikmu untuk merangsang jaringan otot yang mengatur sistem kekebalah tubuh. Faktanya, penelitian telah menunjukkan hubungan antara olahraga dengan intensitas sedang dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

2. Kamu Butuh Lebih Banyak Olahraga Kalau Kamu Punya Masalah BAB

Kalo kamu merasa tidak teratur ke belakang, kamu mungkin perlu melakukan beberaa aktivitas fisik yang merangsang perut dan memompa sistem pencernaanmu.

Olahraga dapat merangsang aktivitas usus yang menyebabkan buang air besar melalui saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Semakin banyak kamu berolahraga, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk makanan kita melewati usus besar.

3. Kamu Butuh Lebih Banyak Olahraga Kalau Kamu Gampang Ngos-ngosan

Ini mungkin adalah tanda yang paling umum kita alami ketika tubuh kita butuh lebih banyak aktivitas fisik. Kehabisan nafas atau ngos-ngosan pada saat melakukan aktivitas fisik adalah tanda bahwa metabolisme dan sistem kardiovaskular kita sedang nggak fit. Ini semua dapat diperbaiki dengan olahraga.

lebih banyak olahraga supaya sehat photo
Source : pixabay.com

4. Kamu Butuh Lebih Banyak Olahraga Kalau Kamu Sering Banget Bete

Olahraga meningkatkan dopamin, beta-endorfin, Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF), meningkatkan mood, memori dan produktivitasmu.

Jadi kalo kamu merasa sering banget bete dan cenderung lebih frustasi, marah, sedih atau tertekan, ini mungkin mengindikasikan keadaan dopamin rendah dan fungsi neurotransmitter yang ditekan secara keseluruhan.

Olahraga dapat membantu meningkatkan mood dan memperbaiki gejala yang berhubungan dengan depresi dan kecemasan.

5. Kamu Butuh Lebih Banyak Olahraga Kalau Kamu Sering Mengalami Susah Tidur

Olahraga dan aktivitas fisik mempercepat kinerja tubuh kita secara keseluruhan termasuk jam alami tubuh yang mengatur dan mengendalikan siklus tidur.

Jika kamu kena masalah dengan tidurmu aka insomnia yang nggak biasa, olahraha dapat membantu mengatur kembali ritme sirkadianmu dan mengembalikannya ke urutan yang benar sehingga kamu bisa kembali ke ritme tidur yang benar.

 

 

Related Articles