Ini Loh, Nutrisi Makanan Berdasarkan Warnanya

Mar 10, 2017 by Alifah Puarada

Siapa bilang makan sehat itu ribet dan mahal ? Intinya makanan sehat adalah nutrisi makanan yang seimbang dan jumlah cukup. Makan berlebihan dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan sehingga datanglah berbagai penyakit. Makan terlalu sedikit juga sama bahayanya karena tubuh tidak memperoleh energi yang cukup untuk beraktivitas.

Selain jumlah, nutrisi makanan haruslah bervariasi. Kebutuhan tubuh akan zat-zat penting seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, air, harus dipenuhi supaya kesehatan terjaga.

Sumber makanan pun harus yang baik dan beragam. Ada sayur, ada buah, ada daging, dan sebagainya. Buah dan sayur pun perlu diperhatikan keanekaragamannya.

Tahu nggak kalau sayur dan buah yang berbeda warna berarti berbeda pula kandungan nutrisinya ? Buah-buahan warna merah mengandung senyawa berbeda dengan buah-buahan berwarna kuning, berbeda juga dengan kandungan pada buah berwarna hijau. Oleh karena itu, jangan jadi picky eater yang hanya memakan buah tertentu.

Yuk, makan makananan berwarna-warni !

Nutrisi Makanan Berdasarkan Warnanya

Merah

warna merah pada buah img
Sumber gambar : Pixabay

 

Contoh makanan : apel merah, paprika merah, ceri, rasberi, stroberi, tomat, semangka, buah naga, jambu merah, kol merah, bayam merah.

Kandungan : pigmen warna merah atau likopen, antosianin, dan flavonoid.

Manfaat : Likopen sangat baik untuk kesehatan hati dan menghambat kemunduran mental, juga meningkatkan memori otak. Antosianin berfungsi mencegah infeksi dan kanker kandung kemih. Flavonoid berfungsi sebagai anti kanker.

Kuning

Contoh makanan : pisang, bunga kol, lemon, jagung, nanas, pir kuning, belimbing, paprika kuning, jagung muda.

Kandungan : Vitamin C dan kalium.

Manfaat : Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah stroke, dan katarak.

Hijau

warna hijau nutrisi makanan vitamin B pic

 

Contoh makanan : paprika hijau, brokoli, bayam, kacang-kacangan, timun, pir hijau, apel hijau, alpukat, melon.

Kandungan : asam alegat, magnesium, zat besi, vitamin B kompleks.

Manfaat : Asam alegat membantu menormalkan tekanan darah, melindungi tulang, gigi, ketajaman penglihatan, serta melancarkan pencernaan. Vitamin B kompleks berperan dalam pertumbuhan sel, dan keseimbangan tubuh. Zat besi dapat memaksimalkan fungsi imunitas dan mengatasi gejala umum anemia.

Jingga

warna makanan jingga pic

Contoh makanan : kentang, labu, wortel, aprikot, jeruk, mangga, pepaya

Kandungan : beta karoten dan vitamin A

Manfaat : Betakaroten dapat membantu meremajakan sel-sel tubuh sehingga mencegah penuaan dini. Setelah masuk ke dalam tubuh dan berubah menjadi vitamin A bagus untuk kesehatan mata dan jantung

Ungu

Contoh makanan : beet, terong, ubi ungu, anggur, blackberry, blueberry, plum.

Kandungan : polytontrients dan flavonoid

Manfaat : Senyawa flavonoid memiliki manfaat meningkatkan daya ingat, mencegah terbentuknya gumpalan darah, dan mengurangi resiko stroke. Sementara polytontrients bertugas meningkatkan keterampilan motorik atau koordinasi gerakan otot, kesehatan mata, dan sistem imunitas tubuh.

Putih

 

Contoh makanan : sirsak, duku, leci, kelengkeng, taoge, bawang putih, kol, sawi putih, jamur, rebung, lobak, kedelai.

Kandungan : zat allicin dan indoles.

Manfaat : Kandungan dalam buah dan sayur berwarna putih dapat menurunkan resiko hipertensi dan kolesterol. Buah dan sayur berwarna putih juga mengandung serat cukup tinggi yang membantu kelancaran sistem pencernaan. Beberapa mengandung isoflavon yang dapat menjaga kesehatan tulang, serta mencegah kanker dan penyakit jantung.

Buah-buahan dan sayuran berwarna pelangi tadi bisa kamu konsumsi dengan cara dibuat jus, salad, atau infused water supaya nggak membosankan. Misalnya, memadukan buah stroberi dan daun mint, atau mentimun dan jaeruk nipis untuk infused water. Sementara buah apel, nanas, kiwi, dan melon dicampur untuk salad. Kemudian alpukat, pisang, mangga, dan buah naga diblender menjadi jus.

Related Articles