Ini Beda Sunscreen Dan Sunblock

Mar 11, 2017 by Alifah Puarada

Ngomongin skincare routine, pasti tidak ketinggalan langkah protecting. Idealnya step ini diletakkan paling akhir setelah moisturizer sebelum produk base make up. Yang dipakai tentu saja sunscreen, atau sebagaian orang lain menyebutnya sunblock.

Baik sunscreen dan sunblock sama-sama diterjemahkan sebagai tabir surya. Sama-sama memberikan perlindungan pada kulit dari efek buruk sinar matahari. Tapi sebenarnya kedua istilah ini sama atau beda ? Atau sebenarnya sama, hanya sebutannya berbeda ? Atau malah fungsinya beda ?

Yuk cari tahu dulu !

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

tentang sunscreen dan sunblock pic

Bahan

Sunscreen : terbuat dari bahan kimia bernama benzofenone untuk perlindungan terhadap UV A, serta cinnamate dan salycilate untuk perlindungan terhadap UV B. Sebagian sunscreen juga mengandung komposisi octinoxate, oxybenzone, octisalate, benzophenone atau metil anthranilate.

Sunblock : komposisinya terdiri dari bahan yang mengandung logam seperti zinc oxide, titanium dioxide, dan iron oxide.

Perlindungan

Sunscreen : Karena memakai bahan kimia yang cara kerjanya menyerap dan mengurangi radiasi, masih ada sisa sinar UV yang mencapai kulit. Jenis sunscreen yang ideal menawarkan perlindungan terhadap UVA dan UVB, namun sebagian besar sunscreen hanya memberikan proteksi terhadap sinar UVB.

Sunscreen tidak berwarna sehingga waktu digunakan tidak akan mengganggu penampilan. Namun sunscreen cenderung lebih sulit dibersihkan. Juga, sebagian sunscreen tidak bisa bekerja optimal jika tidak langsung menyentuh permukaan kulit.

Sunblock : Komposisinya berupa logam, sehingga sunblock memiliki sistem perlindungan seperti lapisan di atas kulit yang bekerja memantulkan kembali sinar UV. Bagusnya, sunblock memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB sekaligus. Namun jeleknya, sunblock cenderung terasa tebal ketika dipakai. Logam komposisi sunblock juga terlihat seperti white cast yang jelek sekali kalau tertimpa cahaya (flash foto, misalnya). Sunblock juga tidak menawarkan tingkatan SPF seperti halnya sunscreen.

UV A dan UV B

Pada dasarnya, sinar matahari memiliki 3 jenis radiasi, yaitu UVA, UVB, dan UVC. Sinar UVA memiliki gelombang panjang, sinar UVB memiliki gelombang pendek, sedangkan sinar UVC memiliki gelombang sangat pendek. Semakin pendek gelombang semakin besar juga tingkat radiasinya. Namun yang masuk ke atmosfer bumi hanya UVA dan UVB.

Kulit perlu dilindungi dari UVA dan UVB. Kedua spektrum sinar matahari ini berbeda tapi sama-sama memiliki efek buruk jika menyerang kulit.

Radiasi ultraviolet tipe A, atau biasa disebut UVA dapat menyebabkan penuaan dini, kerusakan kulit permanen, merusak DNA, dan menyebabkan kanker kulit. Sinar UVA dapat menyerang hingga ke lapisan paling dalam epidermis kulit.

Sementara radiasi sinar UVB menyebabkan kulit gosong, menjadi gelap atau kemerahan (istilah kerennya sunburn), dan rasa perih seperti terbakar.

Manfaat Sinar Matahari

Meski sinar UVA dan UVB berpotensi merusak kulit, tidak selamanya sinar matahari harus dihindari. Vitamin D yang bermanfaat bagi tulang didapatkan dari sinar matahari pagi. Untuk itu usahakan terpapar sinar matahari setiap pagi sebelum pukul sembilan. Kalau setelah pukul 9, radiasi sinar UVA sudah lebih banyak.

Apa Itu PA dan SPF

Melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB diperlukan produk yang tepat. Perlu diingat, sinar UVA dan UVB dapat menembus dinding kaca dan tidak terpengaruh cuaca. Jadi, meskipun kamu berada di dalam ruangan ber-AC atau cuaca mendung, kulitmu tetap bisa terpapar radiasi sinar UV.

Oleh karena itu, pastikan tabir surya pilihanmu memiliki label SPF dan PA. SPF (Sun Protection Factor) melindungi dari sinar UV, sementara PA (Protection Grade of UVA) melindungi dari sinar UVA. Semakin tinggi angka di belakang label SPF, semakin lama pula proteksinya. PA juga begitu, semakin banyak tanda di belakangnya, semakin tinggi pula perlindungannya.

Pilih Mana ?

Pada dasarnya, sunscreen dan sunblock sama-sama produk tabir surya. Bedanya, sunscreen menyaring sinar radiasi, sementara sunblock menangkal radiasi. Perbedaan lain, sunscreen biasanya lebih nyaman digunakan karena tidak lengket. Sementara sunblock terasa tebal dan lengket, juga terlihat putih ketika diaplikasikan.

Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan kamu.

Related Articles