Ingin Coba Pola Makan Sehat Tapi Susah? Ternyata Ini Alasannya!

May 23, 2018 by Larissa

Kamu pasti sering banget kepikiran ingin mulai gaya hidup sehat dengan cara mengatur pola makanmu dengan lebih baik. Tapi ujung-ujungnya, hal itu hanyalah wacana dan tidak terwujud. Memiliki pola makan sehat sudah menjadi mimpi semua orang, bahkan menjadi salah satu resolusi setiap orang setiap tahun baru. Tapi kenapa sih, susah banget untuk menerapkannya? Semuanya sebenarnya balik ke diri kamu sendiri, girls. Ini nih alasan kenapa kita susah banget untuk makan makanan sehat!

 

1. Takut sebelum mencoba

Shutterstock

Iming-iming “pola makan sehat” pada dasarnya mungkin sedikit menakutkan untuk beberapa orang. Kamu berpikir kalau gaya hidup ini terlalu strict untukmu dan kamu mengira-ngira apakah dirimu bisa melakukannya. Skenario-skenario itulah yang sebenarnya membuatmu tidak bisa memulai, karena belum apa-apa, kamu sudah jiper duluan. Ingat, kamu enggak bakal tahu sebelum mencoba, bukan?

 

2. Berpikir makan sehat lebih boros

Banyak orang berpikir pola makan sehat sama dengan dompet tipis. Padahal memakan makanan sehat bukan berarti kamu harus mengeluarkan uang banyak. Pola makan yang sehat bisa dilakukan justru bisa membuat kamu bisa menabung, loh. Bagaimana caranya? Yaitu dengan cara kamu berhenti mengkonsumsi jajanan, fast food, dan makanan tidak sehat lainnya yang jelas bisa kamu hindari. Dari uang yang kamu simpan dari berhenti mengonsumsi makanan tidak sehat, kamu bisa mulai membeli makanan sehat.

 

3. Berpikir makanan sehat tidak mengenyangkan

pola makan sehat buah-buahan img
Shutterstock

Kamu adalah orang yang senang makan, jadi kamu berpikir memakan makanan sehat tidak akan bisa memuaskan perutmu. Padahal perkiraan itu sangat salah, girls. Makanan sehat tentu bisa membuatmu kenyang. Kamu selalu merasa lapar saat memakan makanan tidak sehat dikarenakan jenis makanan seperti itu memiliki kandungan yang membuat kamu tidak kunjung kenyang. Sedangkan dengan makanan sehat, kamu akan langsung kenyang dengan porsi normal. (Baca juga: Menu Makan Siang yang Perlu Dihindari Untuk Menjaga Kesehatanmu)

 

4. Takut dibilang aneh

Hal ini berhubungan dengan masalah gengsi. Mungkin kamu ingin mulai mencoba pola makan sehat tapi kamu takut diledek atau diremehkan oleh teman, keluarga, atau pacar. Misalnya, kamu sedang hang out bareng dengan temanmu, tapi kamu memesan makanan yang berbeda dengan temanmu. Menjaga pola makan adalah tanggung jawab setiap individu, jadi kamu tidak perlu malu atau gengsi untuk menunjukkan pada orang lain kamu ingin berubah. Ceritakanlah pada mereka apa tujuanmu, sehingga mereka bisa mendukungmu dan kamu bisa lebih semangat untuk menjalani gaya hidup baru ini.

 

5. Berpikir kalau kamu harus melakukannya setiap hari selamanya

pola makan sehat sayuran img
Shutterstock

Mungkin ini adalah salah satu alasan yang membuatmu paling ragu untuk menjalani pola makan sehat ini. Kamu berpikir begitu kamu mulai, kamu tidak boleh berhenti dan harus melakukannya selamanya. Padahal rencana ini sepenuhnya ada di tanganmu. Kamulah yang tahu kapan kamu ingin berhenti sejenak atau benar-benar berhenti. Kamu diperbolehkan untuk memiliki “cheat day”, kok.

Related Articles