Hot Dog Water, Minuman Infused Water Diklaim Baik Untuk Tubuh, Benarkah?

Jul 12, 2018 by carmelw

Jika selama ini kita mengenal infused water yang menggunakan buah atau minuman segar, baru-baru ini pengunjung sebuah festival di Vancouver dihebohkan dengan hadirnya minuman unik yang terbuat dari air dan sosis.

Dalam sebuah acara Car Free Day yang merupakan festival para penjaja makanan dan hiburan musik di Vancouver, Kanada, ada salah satu gerai yang menawarkan minuman unik yang menarik perhatian pengunjung.

Minuman yang diberi nama Hot Dog Water ini sekilas mirip dengan infused water yang diletakkan dalam sebuah botol kaca. Hanya saja bedanya, jika infused water umumnya menggunakan buah ataupun sayuran, Hot Dog Water terbuat dari campuran air dan sosis yang juga disajikan dalam keadaan dingin.

Minuman yang diklaim menjadi sumber elektrolit yang baik, kaya sodium dan protein, serta bebas gluten ini dipercaya dapat membantu tubuh menyerap kandungan air dan sodium yang diperlukan tubuh terutama setelah melakukan aktivitas berat ini. Selain itu, Douglas Bevans selaku CEO dari Hot Dog Water juga menegaskan bahwa minuman unik yang dibandrol dengan harga $28 ini termasuk kategori keto compatible yang dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi otak, bahkan meningkatkan vitalitas sehingga tubuh terlihat lebih berenergi dan awet muda.

Karena itu, untuk mengobati rasa penasarannya, banyak orang yang kemudian berbondong-bondong membeli produk minuman unik ini, terlebih setelah membaca berbagai manfaat yang tertera dalam label kemasannya.

Apakah benar Hot Dog Water benar-benar memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan manusia?

hot dog water
Sumber: shutterstock.com

Sayangnya, tidak. Walau telah terjual sebanyak 60 liter Hot Dog Water dalam satu jam, tetapi minuman ini sebenarnya bukanlah merupakan produk nyata yang benar-benar memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan. Jika diamati dengan lebih teliti, terdapat sebuah tulisan tipis di bagian bawah penjualan yang menyatakan bahwa Hot Dog Water dalam hal ini bukanlah sebuah tren minuman sehat, melainkan dalam kemustahilannya mendorong pemikiran para pembelinya agar lebih kritis dalam menyikapi berbagai hal terutama yang terkait dengan pemasaran produk dan peran signifikan yang dapat dimainkan dalam pilihan pembelian produk.

Baca Juga: Ingin Kulit Cerah Bersinar? Minum 8 Minuman Segar Ini!

Ide unik untuk menjual Hot Dog Water ini sebenarnya terinspirasi dari banyaknya masyarakat yang seringkali tergoda untuk membeli produk-produk tertentu yang sebenarnya tidak memiliki manfaat substansial dalam bidang kesehatan, tetapi hanya dikemas dalam sebuah bahasa pemasaran yang sangat mengesankan.

Selama ini beberapa ten kesehatan dan kecantikan memang seringkali terbukti menggunakan bahan-bahan yang tidak masuk akal sepanjang sejarah. Sebut saja perawatan kecantikan yang  menggunakan kotoran buaya sebagai krim anti aging atau salah satu metode kecantikan yang mengharuskan mandi dalam darah manusia untuk tetap awet muda, serta yang belakangan banyak terjadi adalah banyak orang yang memanfaatkan pil plasenta dan menempelkan lintah hidup pada kulit mereka agar terlihat lebih awet muda. Fenomena-fenomena unik yang mempengaruhi ranah afektif seseorang ini kemudian  disinggung lebih dalam di dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research.

Jadi, hal inilah yang mendorong Bevans yang ternyata adalah seorang seniman untuk kemudian menjual produk minuman tanpa manfaat kesehatan apapun dengan kemasan unik dan bahasa marketing yang menakjubkan untuk mencuri perhatian dan menarik minat beli masyarakat segera jadi primadona dalam Car Free Day di Vancouver beberapa saat yang lalu. Dan untungnya, selama ini tidak ada efek samping yang dilaporkan dari hasil penjualan produk minuman aneh tersebut.

Baca Juga: Restoran di Jakarta Yang Punya Minuman Butterbeer, Minuman Favorit Harry Potter!

Related Articles