Hindari Ucapkan Kata-kata Ini Saat Bekerja Atau Kamu Akan Terlihat Lemah!

Apr 23, 2018 by Larissa

Terkadang, kemampuanmu dalam menjalani pekerjaanmu dinilai dari beberapa kata saja, loh. Ya, beberapa kata atau kalimat bisa membuatmu terlihat lemah atau tidak kompeten, apa pun itu pekerjaanmu. Kamu tidak mau kan, kinerjamu dinilai hanya dari kata-kata? Tentunya kamu ingin dinilai melalui aksimu yang sebenarnya. Karena itu, jangan sampai atasan atau rekan kerjamu salah menilaimu hanya karena kamu mengatakan kata-kata ini.

Berikut kata-kata yang harus dihindari saat bekerja agar tidak terlihat lemah

1. “Saya akan coba.”

terlihat lemah tidak percaya diri img
Shutterstock

Mengatakan sesuatu yang mirip dengan “saya akan coba” akan langsung membuatmu terdengar tidak percaya diri dan terlihat lemah. Jika kamu diberikan tugas sepenting dan seberat apa pun oleh atasanmu, kamu harus menjawabnya dengan penuh percaya diri, meskipun kamu sebenarnya kurang percaya diri. Kata-kata itu akan membuat atasanmu merasa kamu tidak mampu untuk melakukannya dan akan memiliki ekspektasi yang rendah terhadapmu. Secara general, tidak akan ada orang yang percaya padamu jika kamu mengatakan “saya akan coba”. Jika kamu adalah seorang atasan, sebaiknya hindari mengatakan kata-kata ini sama sekali.

 

2. “Saya tidak yakin.”

terlihat lemah saat bekerja dengan team img
Shutterstock

Kata-kata ini memiliki dampak yang lebih buruk daripada kata-kata “saya akan coba”. Kalimat itu menandakan kalau bahkan dirimu sendiri saja mengakui kalau kamu tidak yakin dan terlihat lemah. Biasanya kita menjawab pertanyaan seseorang dengan kalimat “Saya tidak yakin” karena kita tidak ingin menyinggung perasaan orang lain. Namun, dalam lingkungan pekerjaan, hindari untuk memakai kata-kata ini. Jika kamu memang tidak yakin, cobalah jawab dengan kata lain yang lebih meyakinkan.

 

3. “Kayaknya/sepertinya”

terlihat lemah saat bekerja img
Shutterstock

Kedua kata ini sering kali terucapkan tanpa kita sadari karena kita terbiasa mengucapkannya di kehidupan sehari-hari. Namun, mengutarakannya di lingkungan kerja hanya akan membuatmu terlihat tidak yakin dan terlihat lemah akan apa yang kamu sampaikan atau lakukan. Kamu sebenarnya bisa menyampaikan hal yang sama dengan menghilangkan dua kata tersebut. Sebisa mungkin, hindari mengatakan kata ini saat mengutarakan suatu fakta karena atasanmu tidak ingin mendengar perkiraan.

 

4. “Nanti”

Shutterstock

Tentu saja apa yang diminta oleh atasanmu akan kamu kerjakan “nanti”, baik itu nanti setelah kamu keluar dari ruangannya atau mungkin nanti setelah makan siang. Namun, menggunakan kata ini mengindikasikan kalau kamu akan mengenyampingkan tugas dari atasanmu dan hal itu terlihat lemah. Saat kamu ingin mengutarakan waktu kapan kamu akan mengerjakan tugasmu, sebaiknya gunakan penjelasan yang jelas, bukan sekadar mengatakan kata “nanti”.

Related Articles