Hemat Sih Wajib, Tapi Cowok Pelit Seperti Ini Bikin Rumit

Apr 16, 2018 by carmelw

Punya cowok pelit memang menjengkelkan. Dengan dalih harus berhemat demi masa depan, tak jarang dia sengaja meminta kamu untuk membayar semua pengeluaran baik saat kencan atau keluar makan bersama.

Memang sih, sebagai cewek bukan berarti kamu harus selalu tergantung sama cowok, tapi kalo terus-terusan dibebankan pada satu orang dan dilakukan terus-menerus apalagi selama masa pacaran, siapa juga yang akan tahan?

Demi masa depan yang lebih baik, coba kenali tanda-tanda cowok pelit di bawah ini dan juga bagaimana cara menghadapinya.

Bagi cowok pelit tidak ada yang namanya moment istimewa

Bersama cowok pelit, mungkin kamu akan jarang merayakan moment-moment istimewa dalam kebersamaan kalian berdua.  Baginya semua hari sama saja, jadi kalau bisa lebih baik tidak perlu dirayakan demi penghematan biaya. Kalaupun mau merayakannya, mendingan di rumah saja masak sendiri, hemat dan nggak bakal mengeluarkan banyak uang untuk sekedar makan. Sedih banget ya.

Cowok pelit prinsipnya “bayar sendiri-sendiri”

Dengan alasan lagi nggak punya duit atau sedang berhemat, dia akan memintamu untuk membayar -sendiri pengeluaran setiap kali kencan. Bahkan, sebisa mungkin dia akan memilih untuk membebankan urusan pembayaran kepadamu sehingga dia sendiri tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali. Jelas sekali yang seperti ini terlihat sedang memanfaatkan situasi ya?

Cowok pelit cenderung egois

Memang sih, setiap orang punya tanggung jawab sendiri terhadap kehidupan pribadinya, tetapi sebagai makhluk sosial nggak bisa dong kita menutup mata terhadap kesulitan orang lain. Lain halnya dengan cowok pelit, dia bisa dengan santai melenggang menjalani hidup dengan keegoisannya, meskipun orang terdekatnya sekalipun sedang mengalami kesusahan.

Dia mungkin akan membantumu, tetapi tidak jika berhubungan dengan masalah keuangan. Padahal, kadang cowok pelit itu seringkali tidak punya rencana akan digunakan untuk apa uang yang dia miliki, yang penting uang yang dimilikinya tidak akan berkurang sedikitpun.

Cowok pelit lebih memilih meminjam daripada membelinya

Cewek mana sih yang nggak suka dibelikan barang sama cowoknya? Nggak perlu barang mewah, sekedar pernak-pernik lucu saja sudah bisa bikin cewek merasa berbunga-bunga. Tapi, sebaiknya buang harapanmu jauh-jauh, kalau pacarmu termasuk kategori cowok pelit. Boro-boro membelikanmu barang lucu, untuk keperluannya sendiri saja, misalnya kemeja saat interview, dia rela meminjam dari kawannya ketimbang membeli sendiri.

Baca Juga: Enam Tanda Kamu Berpacaran Dengan Seorang Control Freak

cowok pelit perhitungan img
Sumber: shutterstock.com

Cara menghadapi cowok pelit

Nah, lho ternyata menjalin hubungan dengan cowok pelit nggak mudah juga ya. Butuh kesabaran dan kebesaran hati, apalagi jika memang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Karenanya, sedari dini kamu harus tahu bagaimana cara untuk menghadapinya, misalnya:

Cari tahu apa penyebab sifat pelitnya

Ada orang yang memang dilahirkan dengan karakter pelit dan kikir, tetapi ada juga yang terjadi karena keadaan di masa lalunya. Cari tahu apa penyebab sifat pelitnya, lalu bantu dia untuk menyadari kekurangannya sehingga mau mengubah diri meskipun mungkin tidak banyak. Sesekali ingatkan dia bagaimana mempraktekkan “take and give” sebagai makhluk sosial.

Utarakan tentang masalah ini kepadanya

Memendam suatu masalah tentu saja tidak baik, apalagi dalam satu hubungan percintaan. Sebaiknya utarakan tentang perbedaan pandangan tentang keuangan di antara kalian berdua sebelum melanjutkan ke hubungan lebih lanjut. Masalah yang lama dipendam dan tidak diutarakan akan menyebabkan timbulnya rasa sakit hati, amarah, bahkan dendam yang akan mengancam relasi kalian berdua.

Buat kesepakatan pembayaran

Saat pergi kencan, buat kesepakatan sebelum berangkat, giliran siapa yang akan membayar makan hari ini, dan siapa yang harus membayar di kencan berikutnya. Sama-sama enak, tidak membebani salah satu pihak,  dan juga cukup adil kan?

Karena sifat pelit ini adalah karakter, jadi mungkin nggak mudah untuk meminta dia berubah. Kalau ternyata dia tidak menujukkan tanda berubah ke arah yang lebih baik, sebaiknya tunjukkan batas toleransimu dan pikiran kembali apakah hubungan ini pantas untuk dilanjutkan atau tidak. Semuanya terserah padamu, Girls.

Baca Juga: Don’t Waste Your Time, Cowok Yang Nggak “Husband Material” Nggak Layak Diperjuangkan

Related Articles