Hati-Hati! Ternyata Kulit Kepala Bisa Mengalami Sunburn

Jun 28, 2018 by Dira L

Kamu pasti sudah sebisa mungkin melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun seteliti apapun kamu menggunakan sunblock atau sunscreen kamu pasti tetap mengalami sunburn. Belum lagi kamu kerap tidak sadar kalau ternyata ada bagian-bagian tertentu pada tubuh yang harusnya juga kamu lindungi dari sinar matahari. Contohnya saja seperti kulit kepala yang ternyata sangat rentan terbakar matahari.

Kulit Kepala Wajib Kamu Lindungi dari Sinar Matahari

kulit kepala
Photo by Anggoro Sakti from Pexels

Kulit di bagian kepala sebenarnya merupakan bagian tubuh yang paling sensitif terhadap sinar matahari. Kulit kepala cenderung lebih renta karena lebih pucat karena kandungan melanin yang rendah. Tidak heran jika kulit di bagian kepala bisa terbakar. Sebab kulit yang tidak menghasilkan melanin secara ekstra tidak dapat melindungi dirinya sendiri.

Mungkin kamu menganggap perlindungan kulit kepala dari sinar matahari sudah didapat dari rambut. Namun rambut saja tidak cukup untuk melindungi. Apalagi untuk kamu yang punya rambut pirang, abu-abu, dan putih lebih rentan mengalami kerusakan karena UV yang meresap pada warna rambut tersebut akan menjalar ke kulit kepala.

Kulit bagian kepala yang terbakar menyebabkan infeksi, kerontokan, dan pengaruh jangka panjangnya adalah kanker kulit dan penuaan dini. Bahkan pertumbuhan rambutmu juga bisa jadi buruk, lho!

Cara Mengatasi Kulit Kepala yang Mengalami Sunburn

kulit kepala
Photo by Element5 Digital from Pexels

Ada beberapa cara untuk meredakan kulit bagian kepala yang terbakar:

  • Melembapkan kulit kepala dengan minyak kelapa. Pelembap alami ini aman dan dapat membantu meredakan nyeri pada luka bakar
  • Gunakan air teh hijau hangat setelah keramas kemudian pijat perlahan. Jangan dibilas, ya, Teh hijau akan membantu meredakan rasa sakit untuk 24 jam pertama setelah terbakar matahari.
  • Lidah buaya memang dikenal baik untuk kesehatan rambut dan kulit bagian kepala. Usapkan getah dari lidah buaya asli pada kulit untuk mendinginkan. Lidah uaya ini selain untuk mendinginkan, juga bermanfaat untuk mencegah munculnya kerak akibat terbakar matahari. Gunakan setelah kamu keramas, ya. Pijat lembut dan diamkan 30 – 60 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Bukan hanya melindungi kulit kepala, kamu juga harus rajin merawat rambutmu agar tetap indah. Begini caranya:

 

6 Cara Terefektif Mengetahui Tipe Rambut Dengan Benar

Pengen Rambutmu Sehat? Inilah 10 Treatment Terlarang Untuk Rambut Harus Kamu Hentikan

5 Bahan Alami Ampuh Mengusir Ketombe dan Gatal Pada Kulit Kepala

Related Articles