Hair Scrub: Pentingnya Mengangkat Sel Kulit Mati Mengendap di Kulit Kepala

Jan 10, 2018 by carmelw

Seperti yang kita tahu selama ini, exfoliation atau pengelupasan kulit hanya berlaku pada kulit badan dan wajah saja. Namun, belakangan ini ternyata muncul produk-produk kecantikan rambut yang mendukung untuk pengelupasan kulit kepala atau dikenal dengan hair scrub.

Sama-sama digunakan di kepala, hair scrub tentu saja memiliki perbedaan dengan shampo pada umumnya. Jika shampo hanya berfungsi untuk membersihkan debu dan minyak pada rambut, hair scrub lebih berperan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. 

Hair scrub menghilangkan kotoran yang mengendap pada kulit kepala akibat berbagai penumpukan berbagai produk kecantikan. Di samping itu, hair scrub juga bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi udara pada kulit kepala sehingga dapat membuat rambut kembali sehat dan bercahaya.

Baca Juga: Detoks Rambut: Mengembalikan Kesucian Rambut dan Kulit Kepalamu

Secara khusus, sebenarnya hair scrub sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki masalah pada kulit kepala seperti gangguan ketombe yang membandel. Namun, sebaiknya tetap mengikuti aturan pemakaian, yaitu maksimal dua kali seminggu. Sebab, semakin sering hair scrubbing dilakukan dapat berisiko membuat kulit kepala menjadi kering.

Hair scrub pada umumnya berbentuk seperti krim atau pasta dan diaplikasikan pada kepala saat sebelum keramas dan dalam keadaan rambut basah. Sebab, menerapkan hair scrub pada rambut kering dan tebal akan membuatnya sulit untuk meresap secara merata.

Cara pemakaian hair scrub sebenarnya sama seperti saat menggunakan shampo. Tuangkan hair scrub pada telapak tangan, lalu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat dengan gerakan melingkar. Selanjutnya diamkan beberapa saat agar hair scrub bekerja dengan maksimal untuk mengangkat sel kulit mati. Selanjutnya bilas hingga bersih, lalu keramaslah seperti biasanya.

DIY Hair Scrub Alami Mengangkat Sel Kulit Mati

Hair scrub memang bermanfaat untuk mengangkat kotoran pada kulit kepala, tetapi jika ingin menghindari pemakaian produk rambut berbahan kimia, kita bisa membuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Di samping aman dan tanpa efek samping, dijamin lebih hemat di kantong, deh. Bagaimana caranya? Buat bareng Miignon, yuk.

DIY hair scrub alami #1: Brown sugar dan oatmeal

Hair scrub ini memadukan antara brown sugar dan oatmeal untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit kepala dengan lembut, sekaligus untuk memberikan kelembaban dan meningkatkan sirkulasi pada folikel rambut.

Bahan yang dibutuhkan : 2 sdm gula merah, 2 sdm oatmeal, dan  2 sendok makan kondisioner, lalu campurkan semua bahan dalam mangkuk. Aplikasikan adonan secara merata pada kulit kepala dengan cara dipijat dengan lembut dengan gerakan melingkar, lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air dingin.

DIY hair scrub alami #2 : Shampo dan baking soda

Tambahkan baking soda ke dalam produk shampo yang biasa kamu gunakan untuk membuat hair scrub yang mudah dan hemat. Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sdm baking soda dan 1 sdm shampoo, serta beberapa tetes tea tree oil, lalu aduk hingga rata.

Aplikasikan hair scrub ini sebulan sekali pada kulit kepala untuk menyerap minyak berlebih serta menghilangkan penumpukan sel kulit mati. Sebagai catatan, hair scrub ini tidak dianjurkan digunakan oleh mereka yang menggunakan cat rambut.

DIY hair scrub alami #3: Sea salt dan minyak zaitun

Selama ini sea salt memang dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk exfoliating. Memadukannya dengan minyak zaitun dapat bermanfaat untuk mengangkat ketombe dan sel kulit mati secara lembut tanpa membuat kulit kepala menjadi kering. Minyak zaitun berperan memberikan kelembaban ekstra pada kulit, sedangkan jus lemon melarutkan residu produk sehingga mudah dihilangkan.

Bahan yang dibutuhkan: 2 sdm sea salt, 1-2 sdm jus lemon, 1-2 sdm minyak zaitun. Campur ketiga bahan tersebut hingga rata lalu aplikasikan pada rambut dengan cara dipijat ke kulit kepala lalu diamkan selama beberapa menit. Bilas hingga bersih dengan air hangat.

Hair scrub biasanya dapat membuat kulit kepala menjadi kering. Sebagai proses akhir, jangan lupa untuk menggunakan pelembab alami seperti minyak kelapa, madu, atau cuka sari apel. Hal ini bertujuan untuk mengikat kelembaban rambut dan membuatnya tampak lebih bercahaya. Tertarik untuk mencobanya?

Related Articles