Grunge! Style untuk Kamu yang Enggak Suka Style Feminin dan Warna Cerah

May 16, 2018 by Larissa

Bold dan berani! Itulah dua kata yang bisa mendeskripsikan grunge style yang sudah menghiasi dunia fashion sejak tahun 90-an. Style ini memang sudah digilai oleh para cewek yang enggak suka dengan style feminin dan manis. Grunge fashion diperuntukan pada cewek-cewek yang ingin tampil bold, glamor, dan seksi di saat yang bersamaan. Nah, untuk kamu yang anti banget sama style feminin atau ingin memperluas style kamu, yuk simak gimana sih cara menjadi grunge fashionista!

 

Sejarah grunge fashion

Tren grunge fashion sendiri muncul pada tahun 1992, di saat orang-orang menggilai style band rock Nirvana. Bisa dibilang, band tersebutlah yang memelopori style keren yang satu ini. Enggak hanya musik mereka yang digilai, para fans Nirvana juga mengikuti tren fashion yang dikenakan oleh para personil Nirvana. Style ini identik dengan aura ‘carelessness’, nyaman, dan layer bertumpuk-tumpuk.

 

Ciri-ciri grunge style

Fashionisers

Grunge style bisa dibedakan dengan style yang lain lewat fashion itemnya. Style ini memiliki detail penampilan yang sloppy atau urakan. Artinya, fashion item yang biasa digunakan para penggila grunge style antara lain jeans robek, baju second-hand, sweater dan kaus belel, blus dan celana oversized, kaus graphic, sepatu sneakers atau boots, cropped tops, warna-warna gelap, dan style rambut kasual.

Seiring berjalannya waktu, tentu saja fashion item yang identik dengan grunge style terus bertambah. Sekarang ini, grunge style tidak hanya identik dengan style urakan. Grunge style ternyata juga bisa glamor, feminin, mewah, dan aesthetic. (Baca juga: Ini Dia 5 Tipe Fashion dan Style Aesthetic, Yang Mana Tipemu?)

 

How to dress grunge

grunge style seksi img
Shutterstock

Bagaimana? Cukup tertarik untuk mencoba style keren yang satu ini? Jangan khawatir, Miignon sudah rangkum step by step bagaimana kamu bisa menerapkan style grunge.

  • Fokus pada warna gelap. Grunge pada dasarnya sangat identik dengan warna hitam. Zaman sekarang, grunge style bisa dikombinasikan dengan warna abu-abu atau warna netral lainnya. Bahkan tidak jarang ada orang yang mencoba mengkombinasikan style ini dengan warna terang. Yang penting, warna gelap harus menjadi yang paling dominan.
  • Perbanyak koleksi serba denim. Tidak hanya celana jeans, ada baiknya kamu mulai mengoleksi jaket denim, vest denim, atau denim shorts. Lebih bagus lagi kalau koleksi denimmu termasuk denim yang robek-robek, terlihat pudar, dan lusuh. Jika kamu bosan dengan tampilan denim, kamu bisa sesekali beralih pada legging atau stocking.
  • Untuk atasan, banyak sekali pilihan yang bisa menjadi identitasmu sebagai pecinta grunge. Sesuai asal muasalnya, susah rasanya membayangkan grunge style tanpa kaus band. Cobalah miliki kaus dengan graphic lambang band atau yang berbau band rock lainnya. Selain kaus graphic, grunge style juga membutuhkan flannel untuk kamu yang ingin terlihat lebih chic. Untuk kamu yang ingin tampil lebih feminin mungkin bisa mencoba menggunakan cropped top.
grunge style bold img
Amazon
  • Lupakan heels-mu dan beralih pada sepatu sneakers atau boots. Grunge style sangat identik dengan kenyamanan. Jadi, jangan sampai kamu memakai sepatu yang ribet!
  • Grunge style juga sangat mementingkan detail, loh. Karena itulah, aksesoris adalah hal penting yang wajib dimiliki kalau kamu ingin tampil grungy. Detail atau aksesoris yang identik dengan grunge adalah rantai, spikes, risleting, studs, dan detail metallic lainnya. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan, ya.
  • Layering adalah faktor yang sangat penting untuk tampilan grunge. Usahakan kamu bisa memainkan layer bajumu, mulai dari kaus, flannel, sampai jaket. Kamu juga bisa memainkan layer pada bawahanmu, misalnya menggunakan stocking beserta denim shorts.

 

Selamat mencoba!

Related Articles