Freckles di Wajah, Buruk Atau Malah Terlihat Menarik?

Jun 05, 2018 by Karina Mustika

Sekumpulan bintik-bintik yang ada di sekitaran hidung dan pipi sering kali dianggap sebagai hal yang buruk. Ada orang yang cuek dengan freckles di wajah, namun ada pula yang berusaha mati-matian untuk menutupinya. Kamu sendiri pernah gak sih melihat orang-orang dengan jenis kulit seperti ini? Atau justru kamu merupakan salah satunya? Apakah masalah sebenarnya dari memiliki freckles di wajah?

Meskipun orang Indonesia jarang yang memiliki kondisi kulit seperti ini, namun masih terdapat sebagian kecil yang memiliki kasus tersebut. Supaya kamu gak penasaran, ada baiknya kamu tahu tentang hal-hal yang berkaitan dengan freckles. Baca informasi berikut ini ya girls!

Fakta-fakta yang berkaitan dengan freckles di wajah

freckles di wajah
Image: shutterstock.com

Freckles berbeda dari flek karena matahari atau usia

Saat membahas tentang bintik-bintik yang ada di wajah, pasti banyak orang beranggapan bahwa semua sama antara freckles, flek karena usia atau matahari. Namun kenyataannya adalah jauh berbeda. Perbedaannya adalah, freckles merupakan bintik-bintik yang muncul di kulit sejak kamu masih kanak-kanak, ini disebabkan oleh peningkatan kadar melanin dalam melanosit. Sedangkan flek karena matahari atau usia, atau yang disebut juga dengan lentigos, adalah bintik-bintik berwarna gelap yang biasanya muncul di usia lanjut karena peningkatan melanosit di kulit akibat kerusakan yang disebabkan UVA/ B.

freckles di wajah
Image: shutterstock.com

Freckles merupakan keturunan dan lebih sering muncul pada kulit berwarna terang

Bintik-bintik ini kemungkinan muncul lebih besar pada orang-orang dengan warna kulit dan rambut yang terang. Namun tetap ada kemungkinan bagi orang yang berkulit lebih gelap mengalami kondisi ini meskipun sangat jarang. Munculnya bintik-bintik ini juga tidak acak, melainkan karena kecenderungan genetik atau yang dikenal dengan faktor keturunan.

freckles di wajah wanita img
Image: shutterstock.com

Freckles dapat disamarkan dan juga dihilangkan

Bintik-bintik ini dapat disamarkan dengan menggunakan perawatan laser. Selain lebih samar, freckles juga dapat dihilangkan sama sekali dengan jika memang masuk dalam kategori ringan dengan menggunakan peeling atau obat pencerah. Sedangkan bagi kamu yang tidak ingin bintik-bintik di wajahmu berkembang makin banyak, kamu dapat melakukan pencegahan dengan menggunakan sunscreen setiap hari.

freckles di wajah dapat dihilangkan img
Image: shutterstock.com

Keberadaan freckles dapat menjadi sisi menarik, sampai-sampai menjadi tren makeup

Sebenarnya memiliki freckles tidak membuat seseorang jadi terlihat buruk. Semua bergantung pada cara pandangmu saja. Jika mau melihat dari sisi positif, bintik-bintik tersebut malah terlihat unik dan menarik. Disaat semua orang memiliki kulit yang mulus, mereka dengan freckles malah tampil berbeda. Jadi Miignon tidak merekomendasikan jika kamu mencoba menutupi freckles dengan banyak foundation.

Meskipun penggunaan foundation tebal tidak disarankan, namun hal itu tidak berarti bahwa kamu tidak bisa berkresi dengan berbagai jenis makeup lainnya. Tidak ada aturan mengenai warna-warna yang sesuai dengan kulit dengan kondisi ini. Kamu bebas kok menggunakan eye shadow, lipstick, atau blush apapun. Bahkan bintik-bintik di wajah sempat menjadi tren dalam dunia kecantikan. Banyak cewek yang menambahkan freckles buatan pada riasan mereka.

freckles di wajah selebriti img
Image: shutterstock.com

Selebriti dengan freckles di wajah mereka

Bukti bahwa freckles bukan menjadi masalah adalah banyaknya selebriti yang lahir dalam kondisi ini. Mereka bahkan tidak mencoba menutupi atau menghilangkannya. Lindsay Lohan merupakan salah satu selebriti yang teteap terlihat percaya diri dengan kondisi asli kulit wajahnya. Selain itu ada juga idola remaja yaitu Kylie Jenner. Meskipun hampir selalu terlihat dengan makeup sempurna di setiap acara, namun Kylie juga sering tampil tanpa makeup saat selfie dan Snapchat.

 

Baca juga: 

5 Fakta Tentang Kylie Jenner di Balik Ketenarannya

Tren Kecantikan Aneh Yang Justru Dianggap Menarik di Amerika

Related Articles