Female Issues : Aturan-Aturan Dasar Saat Belanja Untuk Ketenangan Finansialmu Menjelang Lebaran

Jun 05, 2018 by Silvia Ayu

Menahan keinginan belanja bukanlah perkara mudah. Apalagi kalau kamu hidup di lingkungan konsumtif, nggak heran kalau usaha menabungmu hanya sia-sia saja, apalagi menjelang lebaran sebentar lagi.  Kalau kamu bekerja dan mendapatkan gaji tiap bulan serta ditambah THR pun rasanya akan percuma, tanpa adanya niatan untuk berhemat demi masa depan yang lebih baik. Nah, kali ini,  Miignon  mau memberitahu kamu yang suka belanja, tentang female issues : aturan-aturan dasar saat belanja.  Dengan begini, kamu yang hobi belanja tetap bisa lho menikmati hidup tanpa boros!

Female Issues  : Aturan-Aturan Dasar Saat Belanja

Bukan ikut-ikutan, belilah barang sesuai kebutuhan!

https://unsplash.com/photos/Fzde_6ITjkw

Hal paling sulit adalah menahan nafsu untuk ikut-ikutan temanmu belanja. Ya, terlebih menjelang Idul Fitri seperti sekarang ini di mana diskonan makin banyak dan kamu pasti rentan tergoda. Alhasil, komitmen berhematmu pun jadi angin lalu karena kamu ikut-ikutan teman, padahal kamu belum membutuhkan barang itu.

Ingat, kondisi keuanganmu dan temanmu itu beda, jangan pernah menyamai atau bahkan menganggapnya sah-sah saja ketika isi dompetmu makin menipis!

Mudah tergoda diskon, tanpa tahu perhitungan sebenarnya

https://unsplash.com/photos/-kr8XPYuSI8

Hampir semua barang yang di diskon sudah melewati proses perhitungan penjualnya terlebih dahulu. Jangan hanya tergoda angka 70 atau 80% tanpa tahu dulu seperti apa realita yang ada. Misalnya, kamu membeli barang dengan embel-embel diskon 80%, tapi harga sebenarnya nggak jauh beda dari harga diskon. Otomatis, hal inilah yang bikin kondisi keuanganmu makin memburuk!

Kamu harus punya jadwal atau patokan kapan dan di mana harus belanja

https://unsplash.com/photos/sD1VpeflHBY

Memiliki catatan kecil yang berisi jadwal belanja itu terkadang perlu, lho. Kamu yang hidup di zaman modern ini pun perlu melakukan hal-hal kuno ini demi mengerem keinginan belanja yang nggak ada habisnya. Misalnya, taruhlah budget belanja bulanan sampai pengeluaran mendadak seperti kondangan atau mengunjungi teman yang sakit dan lahiran. Dengan begini, keuanganmu pun bisa terkontrol dengan baik.

Saat ada flash sale di e-commerce, belilah barang yang perlu saja, bukannya klik semuanya!

aturan-aturan dasar saat belanja flash sale img
pinterest.com

Siapa sih yang nggak tergoda flash sale? Sistem banting harga yang dilakukan para online shop ini seringkali membuatmu tergoda hingga akhirnya menyesal karena telah membeli barang-barang nggak terpakai. Ini memang kesalahanmu, karena nggak teliti dulu sebelum membeli. Belilah yang perlu, adalah sikap bijak yang harusnya kamu punyai setiap kali menghadapi flash sale!

Kalau memang nggak ada barang yang kamu butuhkan, ya relakan saja flash sale-nya! Toh, nantinya juga kamu bingung kan mau diapakan barang itu? Karena yang harus kamu pahami, flash sale tetap butuh pembayaran, bukan GRATISAN!

Bukan barang-barang branded, yang penting pantas dan kamu nyaman saat memakainya

aturan-aturan dasar saat belanja lebaran img
https://unsplash.com/photos/KPyXMkJ0UQU

Jangan tinggikan gengsimu di zaman yang serba susah seperti sekarang ini. Daripada hanya bersenang-senang sementara menggunakan tas branded seharga jutaan tapi menyesal kemudian, lebih baik beli yang setengah harga tapi kamu dan dompetmu nyaman dibuatnya. Hayooo, siapa yang nggak setuju sama logika ini? Toh, kamu bukan selebriti sekelas Syahrini, kan?

Related Articles