Female Issues : Adik Menikah Duluan? Jangan Keburu Down, Ini Cara Menghadapinya

May 30, 2018 by Karina Mustika

Kali ini Miignon akan  membicarakan mengenai female issues : adik menikah duluan. Nah,  buat kita-kita perempuan,  selalu menjadi ekspektasi semua orang bahwa pernikahan akan dilakukan terlebih dahulu oleh saudara yang lebih tua. Jadi kamu seharusnya menikah duluan dibanding dengan adikmu. Namun bagaimana jika hal yang terjadi sebaliknya? Adik menikah duluan sebelum kamu. Ini bukan gak mungkin terjadi lho girls, dan jika kamu sedang mengalaminya akankah kamu harus down menghadapi kenyataan tersebut?

Di Indonesia sendiri memang erat dengan peraturan sosial seperti ini. Idealisme yang terbentuk di masyarakat yang sangat sulit untuk dihilangkan. Sehingga jika adik menikah duluan dianggap “menyalip” kamu dan itu bukanlah hal yang baik. Entah dipandang kamu “tidak laku” atau anggapan negatif lainnya. Padahal kenyatannya tidak seperti itu. So jangan keburu down dulu, Miignon akan coba berikan beberapa masukan buat kamu saat mengalami female issues seperti ini.

Female Issues : adik menikah duluan sebelum kamu, terus bagaimana kamu harus menanggapinya?

adik menikah duluan daripada kakak img
Image: shutterstock.com

Menikah adalah takdir dari Tuhan

Hal paling utama yang harus selalu kamu ingat adalah, jodoh seseorang ada di tangan Tuhan. Maka tidak seharusnya kamu sakit hati atau malah down saat mengetahui adikmu akan menikah terlebih dahulu. Berpasralah dengan Tuhan, dan biarkan Tuhan yang menentukan takdirmu akan menikah kapan ataupun dengan siapa.

Hidup terkadang memang terasa misterius. Tidak semua yang kamu inginkan dapat terwujud. Dan jika ternyata kamu harus membiarkan adikmu melangkah lebih dulu ke pelaminan, berarti itu memang rencana Tuhan.

Berlapang dada dan kamu bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi

Meskipun mungkin tidak mudah, terutama bagi kamu yang juga sudah memimpikan pernikahan. Namun dengan kamu dapat berlapang dada, maka semua akan terasa lebih mudah kok. Jangan pedulikan anggapan orang diluar sana, karena mereka tidak tahu apa-apa tentang hidupmu. Bisa jadi karena alasan-alasan yang sulit maka kamu memang harus merelakan adikmu menikah dulu.

Beberapa budaya di Indonesia mengharuskan adik yang akan “menyalip” kakaknya menikah harus memberikan hadiah yang diminta oleh sang kakak. Jika kamu benar-benar berlapang dada, maka kamu tidak akan menganggap serius ini dan malah meminta sesuatu yang akan merepotkan adikmu. Ingatlah bahwa persiapan pernikahan itu tidak mudah, sehingga harusnya kamu membantu bukan malah memberi beban lebih pada saudaramu sendiri.

Dengan adik menikah duluan kamu bisa belajar lebih banyak tentang mengurus pernikahan

Hal positif terakhir yang dapat kamu ambil dari kejadian ini adalah, pengalamanmu yang akan bertambah. Kamu yang tadinya belum tahu banyak tentang mengurus pernikahan, otomatis dapat pengetahuan yang sangat banyak dengan mengikuti langsung proses persiapan adikmu. Mulai dari soal pengurusan ijin, menghitung budget, hingga tahu vendor-vendor mana saja yang profesional untuk menggelar resepsi pernikahan.

Dengan semua pengalaman tersebut, kamu tidak perlu bingung lagi nantinya saat akan menikah. Kamu sudah mampu mengira-ngira dan merencanakan dengan lebih matang pernikahanmu kelak. Kamu dapat mengambil pengalaman dari  seluruh kesuksesan acara adikmu, dan mengoreksi apa saja yang harusnya mampu kamu buat lebih baik lagi.

 

Baca juga:

Godaan yang akan Kamu Hadapi Menjelang Hari Pernikahan

Ketakutan Seorang Cewek Tentang Kehidupan Setelah Menikah

Kamu Sudah Nyaman dengan Dia, Ini 12 Tandanya!

 

Related Articles