Efek Meluruskan Rambut (Smoothing) Terhadap Kesehatan

May 25, 2018 by carmelw

Para wanita seringkali tak ragu untuk melakukan berbagai macam perawatan untuk membuat dirinya tampak mempesona. Tak hanya soal kulit saja, rambut pun tak lepas dari berbagai sentuhan perawatan dan penataan yang diharapkan akan membuat penampilan lebih cantik dari sebelumnya.

Salah satu bentuk penataan rambut yang kerapkali digunakan untuk membuat rambut tampak lurus, indah dan berkilau adalah dengan cara melakukan pelurusan rambut yang dikenal dengan nama smoothing. Smoothing adalah teknik pelurusan rambut menggunakan keratin, yaitu obat khusus rambut yang mengandung protein dan diaplikasikan pada rambut sebelum menggunakan flat iron. Prosedur penataan rambut yang membutuhkan waktu pengerjaan selama 3 jam ini akan membuat rambut tampak lurus dan halus secara alami, tetapi tidak akan mengubah struktur asli rambut.  

Meski demikian, perlu disadari bahwa teknik penataan rambut yang hasilnya dapat mempercantik penampilan ini memiliki efek samping yang dapat merusak rambut, bahkan kesehatan dalam jangka waktu yang panjang. Karenanya, penting untuk mengetahui efek samping sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Berikut ini 6 efek meluruskan rambut buat kesehatan jangka panjang yang wajib untuk diketahui para pecinta penaataan rambut. 

meluruskan rambut
Sumber: shutterstock.com

Menyebabkan munculnya rasa pusing, mual, dan gangguan pada mata serta laring

Dalam proses meluruskan rambut yang menggunakan bahan kimia seperti keratin mungkin saja dapat menyebabkan munculnya rasa pusing, mual, dan gangguan pada mata sensasi panas serta gatal pada laring.

Bahan kimia akan meresap ke kulit kepala dan mempengaruhi sel-sel rambut

Prosedur meluruskan rambut yang menggunakan obat dan bahan kimia akan mengubah tekstur dan struktur rambut serta mempengaruhi kerusakan permanen pada pertumbuhan sel-sel rambut. Selain itu, meresapnya bahan kimia ke dalam tubuh melalui kulit kepala akan sangat berbahaya bagi kesehatan jangka panjang.

Reaksi alergi pada kulit kepala

Serum rambut digunakan untuk melindungi dan mencegah kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari dan juga alat pengering dan pemanas rambut. Sayangnya, terlalu banyak mengaplikasikan serum justru akan menyebabkan munculnya alergi dan reaksi pada gatal, kemerahan, dan ruam pada kulit kepala. Jika efek samping ini terjadi lebih dari sehari, sebaiknya segera ambil tindakan untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum gejala bertambah parah.

Baca Juga: Pengen Rambutmu Sehat? Inilah 10 Treatment Terlarang Untuk Rambut Harus Kamu Hentikan

Menyebabkan rambut rontok dan menghambat pertumbuhan rambut

Penggunaan bahan kimia dalam proses pelurusan rambut dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah serta dapat menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu prosedur pemanasan rambut juga cenderung menyebabkan masalah serius pada rambut seperti menipisnya rambut dan melemahkan akar rambut.

Gangguan kesehatan kulit dan paru-paru

Penggunaan bahan kimia secara terus-menerus dalam proses pelurusan rambut akan menyebabkan timbulnya berbagai gangguan kesehatan terutama pada kulit dan paru-paru. Selain itu bahan kimia yang mengandung senyawa aldehid berbahaya ini mungkin akan menimbulkan iritasi dan ketidaknyamanan pada mata dan kulit di masa depan, serta akan mempengaruhi sistem pernafasan penggunanya.

Menyebabkan timbulnya ketombe

Proses meluruskan rambut tidak lepas dari pemanasan dan penggunaan bahan kimia beracun secara berlebihan akan menyebabkan kulit kepala menjadi sangat kering dan rentan terhadap kerusakan, serta membuat kulit kepala menjadi sangat gatal dan mengarahkan pada timbulnya ketombe karena hilangnya kelembaban alami pada rambut.

Melemahkan otot jari

Seluruh proses meluruskan rambut selain menghabiskan waktu dan melibatkan penggunaan jari tangan secara ekstensif juga dapat melemahkan otot-otot jari karena kerasnya bahan kimia yang digunakan.

Baca Juga: Berbagai Tipe Catokan Rambut Sesuai Fungsinya, Kenali Sebelum Beli

Selain semua efek samping yang telah dibahas di atas, perlu disadari bahwa untuk mempertahankan rambut lurus dan halus setelah proses pelurusan memang akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, di luar berbagai macam bentuk perawatan yang harus dilakukan.

So, jika aktivitasmu cukup padat dan tidak punya waktu untuk merawat rambut, sebaiknya pertimbangkan baik-baik keinginan untuk meluruskan rambut ketimbang rambutmu mengalami kerusakan yang lebih parah. Setuju?

 

Related Articles