Diet Pescatarian, Turun Berat Badan Dengan Rajin Makan Ikan

Apr 26, 2018 by carmelw

Ada banyak cara yang akan dilakukan orang demi mendapatkan tubuh yang sehat. Misalnya melalui metode diet atau pembatasan terhadap makanan yang dikonsumsi. Jika selama ini kita mengenal orang-orang vegetarian hanya mengkonsumsi makanan dari jenis tumbuh-tumbuhan, kali ini kita akan berkenalan dengan diet pescatarian, jenis pola makan baru yang mulai banyak pengikutnya. 

Apa itu diet pescatarian?

diet pescatarian ikan img
Sumber: shutterstock.com

Istilah pescatarian muncul pada awal 1990-an dan merupakan kombinasi dari bahasa Italia, yaitu kata “pesce” yang artinya ikan, dan kata “vegetarian”. Jadi, bisa diartikan pescatarian adalah seseorang yang berhenti memakan daging dan unggas, tetapi tetap mengonsumsi ikan dan aneka produk lauk di antara menu sayuran yang dikonsumsinya. Selain itu, meski tidak semua melakukannya, beberapa orang pescatarian juga masih menyertakan telur dan susu dalam menu harian mereka.

Alasan menjalani diet pescatarian

diet pescatarian enak img
Sumber: shutterstock.com

Ada alasan tertentu orang-orang memilih untuk menjalani diet pescatarian dibandingkan menjadi vegetarian murni. Berikut ini tiga alasan di antaranya.

Tubuh menjadi lebih sehat

Mereka yang menjalani diet pescatarian percaya ada banyak manfaat yang didapatkan saat menjalani pola makan yang mereka anggap sehat itu. Salah satunya adalah tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari obesitas serta segala resiko penyakit kronis seperti serangan jantung dan diabetes tipe 2.

Mendapatkan gizi yang lebih seimbang

Dengan menambahkan ikan dan aneka produk laut selain sayuran dalam menu yang dikonsumsi, akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti asam lemak omega-3, vitamin B12, kalsium, dan protein yang seringkali sulit didapatkan oleh orang-orang yang menjalani hidup sebagai vegetarian.

Diet pescatarian lebih mudah dijalani daripada vegetarian

Menjadi vegetarian memang baik. Namun, banyak orang yang seringkali merasa kesulitan untuk menjalaninya. Itulah sebabnya banyak yang lebih memilih diet pescatarian yang dianggap lebih mudah. Mereka hanya harus lebih kreatif untuk memadukan antara sayuran dan protein untuk menu sehari-hari.

Jenis-jenis makanan yang dapat dikonsumsi pescatarian adalah aneka sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian, ikan dan aneka produk laut seperti udang, cumi, kepiting, lobster, dan lain sebagainya, serta telur dan produk susu bagi sebagian orang yang mau mengkonsumsinya.

Kontra dalam diet pescatarian

diet pescatarian sehat img
Sumber: shutterstock.com

Terkadang,  segala sesuatu yang belebihan memang tidak baik. Demikian juga dengan diet pescatarian. Jika tadi sudah dibahas beberapa alasan mengapa orang menjalani pola makan tersebut, berikut ini beberapa hal yang dianggap menjadi kekurangan diet pescatarian.

Paparan polutan

Beberapa jenis ikan seperti salmon, makarel, serta beberapa jenis ikan lainnya dianggap mengandung kadar polutan tertentu, yang meskipun rendah tetapi jika dikonsumsi secara terus-menerus dalam waktu yang lama dapat menyebabkan penumpukan di tubuh, sehingga meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan penyakit tiroid.

Wanita hamil yang menjalani diet pescatarian dan mengkonsumsi ikan-ikan tersebut secara terus-menerus, berisiko memiliki bayi dengan berat lahir yang rendah serta mengalami keterlambatan tumbuh kembang pada anak-anak mereka lahirkan. Karenanya, disarankan untuk mengkonsumsi maksimal dua porsi seminggu saja, yang satu porsinya setara dengan 5 ons ikan.

Terlalu banyak kandungan merkuri

Selain mengandung polutan, ikan-ikan yang hidup di laut juga mengandung merkuri, yang merupakan unsur alami yang diproses ikan menjadi zat beracun yang disebut methylmercury. Terlalu banyak merkuri akan dapat mempengaruhi sistem saraf bagi orang dewasa dan menyebabkan keterlambatan perkembangan yang parah bagi bayi yang terpapar merkuri saat masih berada di dalam rahim. Karena jumlah merkuri pada setiap jenis ikan bervariasi, sebaiknya cari tahu tentang berapa banyak kandungannya pada masing-masing jenisnya.

Itulah sekilas informasi mengenai diet pescatarian, tertarik untuk mencobanya?

 

Related Articles