Cloudless Skin, Beauty Goals Cewek Korea Miliki Kulit Sehat Luar Dalam

Jun 10, 2018 by carmelw

Industri kecantikan Korea seakan tidak pernah kehilangan ide untuk menemukan ide-ide baru di dunia kecantikan. Setelah viral dengan glass skin dan honey skin beberapa waktu lalu, kini di tahun 2018 muncul tren baru yaitu cloudless skin yang segera saja bikin penasaran para pecinta kecantikan di seluruh negeri. Lantas apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan cloudless skin ala Korea tersebut?

Cloudless skin awalnya merupakan istilah yang banyak digunakan dalam banyak iklan produk kecantikan di Korea Selatan selama beberapa dekade belakangan ini. Namun, secara umum, cloudless skin  sebenarnya hampir sama dengan tren yang berkembang sebelumnya, yaitu glass skin. Bedanya, jika glass skin didapatkan dengan cara melakukan perawatan untuk mendapatkan kulit terlihat flawless dan dewy dari luar, cloudless skin justru mengendepankan kondisi kulit yang sehat dan bersinar secara keseluruhan, bahkan dari dalam.

Liah Yoo, seorang YouTuber yang sekaligus founder dari KraveBeauty yang turut mempopulerkan tren ini mengungkapkan, bahwa sebenarnya cloudless skin bukanlah tren kecantikan. Namun, merupakan skin goals yang diharapkan dapat menjadikan kulit terlihat bersih dan sehat secara keseluruhan dari dalam, sama seperti kulit anak-anak. Sebab, seiring dengan bertambahnya usia, paparan sinar matahari, polusi, dan juga efek dari berbagai produk kosmetik seringkali menyebabkan kulit menjadi kelabu seperti awan. Jadi, pada intinya cloudless skin merupakan cara memotivasi para perempuan Korea untuk melakukan perawatan kulit menggunakan skincare secara tepat dan benar dengan goal yang ingin dicapai adalah healthy aura.

Karenanya, proses dan hasil yang dilakukan untuk mencapai cloudless skin tidak bisa didapatkan secara instan dalam semalam. Dibutuhkan ketelatenan dan konsistensi tinggi untuk mencapainya, terutama dalam melakukan perawatan wajah seperti membersihkan, exfoliating, menggunakan pelembab dan tabir surya untuk melawan empat masalah kulit, yaitu kulit kusam, iritasi, pori-pori tersumbat, dan polusi lingkungan.

cloudless skin img
Sumber: pexels.com

Selain itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebisa mungkin terapkan 10 langkah skin care routine ala Korea berikut ini secara konsisten.

  1. Bersihkan wajah dengan pembersih minyak atau krim untuk mengangkat debu, polusi dan sisa make up di wajah.
  2. Lakukan pembersihan wajah dengan menggunakan pembersih berbahan dasar air untuk mengangkat sisa kotoran seperti keringat.
  3. Aplikasikan exfloliating toner untuk mengangkat kotoran pada wajah sekaligus mengikis sel kulit mati yang menghambat proses regenerasi kulit.
  4. Gunakan hydrating toner untuk melembabkan kulit wajah setelah dibersihkan berulangkali.
  5. Aplikasikan serum, booster, atau ampoule treatment jika ada masalah khusus pada kulit wajah seperti bintik hitam, munculnya tanda penuaan, jerawat, kusam, dan lainnya.
  6. Gunakan masker wajah setidaknya sekali seminggu untuk mengatasi berbagai masalah kulit sekaligus menenangkan kulit.
  7. Oleskan eye cream pada area sekitar mata untuk mengatasi kantung mata dan mata panda.
  8. Aplikasikan emulsion yang konsistensinya lebih ringan dari pelembab lainnya  untuk membantu kulit menyerap berbagai macam produk kecantikan, terutama yang berjenis krim.
  9. Gunakan krim malam untuk membuat kulit wajah lembab dan kenyal di pagi hari.
  10. Aplikasikan sunscreen secara rutin untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk mendapatkan skin goal dengan healthy aura ala cloudless skin dibutuhkan perawatan dari dalam juga. Terapkan pola hidup sehat seperti banyak mengkonsumsi sayuran hijau gelap, hindari makanan dengan kadar gula tinggi, minum air putih sesuai takaran yang disarankan, perbanyak istirahat, setidaknya 7 hingga 9 jam sehari agar memberi waktu pada kulit untuk melakukan perbaikan sel secara maksimal.

Jika semua sudah dilakukan secara konsisten, bisa dipastikan kecantikan kulit ala wanita Korea ini bisa kamu dapatkan. Selamat mencoba.

 

Related Articles